Jumat, Februari 15, 2019

Bagian Pembukaan Penelitian Tindakan Kelas

Bagian ini terdiri dari halaman judul, abstrak, dan halaman pengesahan. Halaman judul adalah halaman paling depan yang berisi judul penelitian dan diikuti nama peneliti serta instansi tempat peneliti bertugas. Abstrak merupakan kondensasi atau pemadatan (intisari) dari hasil penelitian. Pada Umumnya, abstrak terdiri dari tiga alinea yang berisi latar belakang masalah dan tujuan penelitian, metode atau prosedur penelitian, dan hasil penelitian.

Abstrak harus ditulis maksimal satu halaman dengan spasi tunggal. Tetapi, aturan ini tidak mutlak dan bisa menyesuaikan dengan ketentuan masing-masing lembaga peneliti. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh abstrak berikut ini.


Selain halaman judul dan abstrak, bagian awal laporan penelitian dokumen, seperti halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran, daftar gambar dan tabel (jika ada), dan lain sebagainya. 

6 komentar:

  1. Mungkinkah menggunakan kalimat tanya sebagai judul dalam penelitian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut aturan bahasa indonesia bisa, tapi tidak disarankan.

      Tidak disarankan untuk menggunakan kalimat tanya sebagai judul karya ilmiah, karena judul merupakan hal pertama yang akan dibaca oleh para pembaca karya kita, dan karena tujuan melakukan penelitian adalah untuk menemukan jawaban, maka kalimat tanya yang terdapat dalam judul dapat membuat karya ilmiah kita menjadi tidak menarik bagi para pembaca.

      Hapus
  2. Apasih karakteristik dari judul karya ilmiah penelitian yang baik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menunjukkan secara akurat subjek dan ruang lingkup riset atau penelitian.

      Hapus
    2. Jarang menggunakan singkatan atau akronim kecuali untuk beberapa singkatan yang sudah dikenal secara umum.

      Hapus
    3. Menggunakan kata-kata yang menimbulkan kesan positif dan merangsang minat para pembaca untuk membaca lebih dalam karya tersebut.

      Hapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D