Minggu, Februari 17, 2019

Kriteria Penilaian Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Penilaian Tindakan kelas (PTK) sebagai karya ilmiah harus memenuhi kriteria KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang baik dan benar. Dalam Panduan Penysunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), sebagaimana yang disebutkan oleh Surhardjono dalam Dierjen Dikti (2005). Dengan mencermati pedoman penulisan karya ilmiah dari instansi masing-masing. Kiranya para guru dapat melakukan evaluasi dan koreksi terhadap laporan hasil penelitian yang dibuat apakah telah sesuai dengan pedoman atau belum.



DAFTAR RUJUKAN

Direktorat Jendral Pendidikan Tingi. 2005. Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan kelas (classroom Action Research) Tahun Anggaran 2006. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

5 komentar:

  1. Secara umum ada berapa tahapan pembuatan penelitian tindakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sekitar 7 tahapan utama, yaitu:

      1. Pemilihan fokus penelitian.
      2. Klarifikasi teori.
      3. Identifikasi pertanyaan riset.
      4. Pengumpulan data.
      5. Analisis data.
      6. Melaporkn hasil penelitian.
      7. Mengambil tindakan.

      Hapus
  2. Apa keuntungan dari penelitian tindakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penelitian tindakan membantu tenaga pengajar untuk berfokus menyelesaikan satu aspek permasalahan dari kegiatan praktis yang ingin ditingkatkan.

      Hapus
    2. Penelitian tindakan membantu para guru untuk beralih dari metode pengajaran konvensional ke metode pengajra yang lebih modern dan efektif sehingga memberikan kepuasan belajar terhadap para peserta didik.

      Hapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D