Langsung ke konten utama

Metode Penelitian Tindakan Kelas

Menurut Pratiwi (2014) dan Abidin dkk (2012) Metode Penelitian atau Metodologi Penelitian adalah cara yang dipergunakan guna memperoleh dan menganalisis data untuk penyusunan laporan penelitian. Metodologi penelitian merupakan kerangka dari proses penyelesaian kegiatan penelitian baik itu berupa tugas akhir ataupun bentuk karya ilmiah lainnya. Metodologi penelitian mencakup segala hal yang hendak dilakukan guna memecahkan permasalahan penelitian atau melakukan proses analisis terhadap permasalahan yang dibahas pada proses penelitian.

Secara umum metode penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas merupakan isi berupa rencana apaa yang akan dilakukan dalam kegiatan penelitian. Metode Penelitian dalam PTK terdiri dari beberapa bagian berikut:

Setting Penelitian
Setting penelitian merupkan suatu gambaran lokasi dan kelompok subjek penelitian yang akan dikenai suatu Tindakan. Tidak terdapat sampel populasi dalam Penelitian Tindakan Kelas, sehingga subjek penelitian yang terdapat dalam populasi merupakan sampel utuh yang diamati dalam kegiatan penelitian.

Sasaran Penelitian 
Sasaran berisi pemaparan yang dilakukan oleh peneliti terhadap target yang akan diberikan perubahan melalui suatu Tindakan yang dilakukan oleh pengajar atau guru. Target yang dimaksud dalam hal ini bukan hanya berupa hasil dari penelitian, tetapi juga merupakan bagian dari proses pembelajaran itu sendiri.

Rencana Tindakan
Rencana Tindakan berisi gambaran nyata dan detail terhadap rencana Tindakan yang akan dilakukan oleh seorang peneliti. Perlu diingat juga bahwa, apa yang dimaksud dengan rencana tindakan tidak hanya berisi tahapan-tahapan ataupun siklus-siklus yang terdapat dalam PTK, melainkan berisi suatu rencana yang sifatnya nyata terkait hal apa yang akan dilakukan peneliti mulai dari proses awal kegiatan hingga tahap akhir pelaksanaan dari proses penelitian itu sendiri.

Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data merupakan metode yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan perekaman atau dokumentasi data yang dibutuhkan dalam kegiatan PTK. Secara umum, tahapan pengumpulan data menjelaskan tentang informasi terkait indikator apa saja yang terdapat dalam suatu tindakan penelitian. Contoh, proses diskusi yang dilakukan peserta didik, proses jalannya diskusi, penggunaan alat-alat peraga dalam pembelajaran berbasis praktik ataupun teori, penerapan metode pembelajaran kooperatif, penilaian hasil belajar peserta didik, dan lain sebagainya. Semua informasi yang didapat tersebut selanjutnya disajikan dengan sebaik mungkin dalam laporan hasil penelitian. Peneliti juga mengemukakan hasil refleksi yang dilakukan selama hasil kegiatan penelitian berdasarkan hasil pengumpulan data yang telah dilakukan.

Analisis Data
Analisis data merupakan tahap menelaah data yang telah terkumpul guna mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan tindakan dalam kegiatan penelitian (PTK) untuk perbaikan proses belajar peserta didik.



DAFTAR RUJUKAN

Abidin, M. Z., Adji, S. W., dan Arief, I. S. (2012). Analisis Performance Propeller B-Series dengan Pendekatan Structure dan Unstructure Meshing. Jurnal Teknik ITS, VOl. 01, No. 01, ISSN: 2301-9271.

Pratiwi, H. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Berprestasi Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 05, No. 02, hlm. 95-101.

Komentar

  1. Metodologi penelitian merupakan prosedur atau teknik khusus yang digunakan oleh seorang peneliti dalam proses pengidentifikasian, pemilihan, pemrosesan, dan penganalisisan data atau informasi tentang suatu topik. Dalam suatu makalah penelitian, bagian metodologi penelitian memungkinkan para pembaca untuk melakukan evaluasi secara kritis terhadap validitas dan reliabilitas penelitian yang dilakukan secara keseluruhan.

    BalasHapus
  2. Berdasarkan metode risetnya ada berapa jenis klasifikasi metodologi penelitian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dua, berdasarkan metode risetnya yaitu, metodologi untuk penelitian dasar dan metodologi untuk penelitian terapan.

      Penelitian dasar atau basic research: Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data guna menambah pemahaman baru terhadap suatu kaidah ilmu pengetahuan.

      Penelitian terapan atau applied research: Penelitian ini berfokus pada proses analisis dan pemecahan masalah dalam kehidupan nyata. Jenis penelitian ini mengacu pada studi yang membantu memecahkan masalah praktis dengan penggunaan motode ilmiah.

      Hapus
  3. Kenapa metodologi penelitian sangat penting dalam suatu kegiatan penelitian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena metodologi penelitian menjelaskan pertanyaan penelitian dan mengapa kegiatan penelitian tersebut harus dilakukan. Hal ini akan membantu memberikan penjelasan pada tahap awal kegiatan penelitian, beserta arah penelitian, dan konsekuensi apa yang akan terjadi jika kegiatan penelitian tersebut telah selesai dilaksanakan.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D