Senin, Februari 18, 2019

Pengertian Diseminasi Penelitian Tindakan Kelas

Menurut Rogers (1983), diseminasi adalah sebuah proses yang interaktif terkait proses penyampaian inovasi, dimana akhir dari proses ini adalah perubahan pandangan atau pola pikir serta tindakan dari segala aspek yang terlibat dalam proses. Proses Diseminasi adalah kegiatan yang tidak berjalan satu arah tetapi ini merupakan proses yang melibatkan aksi dan reaksi yang saling memengaruhi pola pikir komunitas sasaran, namun bisa juga berdampak terhadap individu yang membawakan inovasi itu sendiri sebagaimana yang disampaikan oleh Sarnawi (2011). Pada proses diseminasi unsur-unsur penting yang terlibat serta memengaruhi tingkat keberhasilannya diantaranya adalah inovasi yang dipresentasikan, media presentasi yang dipergunakan, waktu presentasi, serta pihak mana saja yang terlibat dalam proses tersebut.

Hakikat dari diseminasi adalah proses penyebarluasan. Pernyebarluasan dalam hal ini adalah proses menyebarkan hasil temuan yang telah dilakukan dalam proses penelitian atau PTK. Diseminasi penelitian bertujuan untuk memberikan sebuah pandangan atau kaidah baru terhadap para pengajar atau guru, yang selanjutnya dipelajari dan diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar dilingkungan sekolah atau kelas. Contoh, seorang guru yang baru melakukan PTK dengan judul “Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Menggunakan Metode Inquiry pada sekolah X”. Dari hasil penelitian tindakan, ditemukan bahwa metode inquiry dapat meningkatkan kemampuan aktivitas belajar peserta didik hingga mencapai 50%. Dari hasil penelitian tersebut, maka hasil penelitianpun dapat diimplementasikan disekolah-sekolah lainnya, sehingga dapat meningkatkan kemampuan belajar seluruh peserta didik dalam lingkup wilayah yang lebih luas. 



DAFTAR RUJUKAN

Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovations. Third Edition, The Free Press, New York.

Sarwani, M., Jama, E., Subagyono, K., Sirnawati, E., dan Hanifah, V. W. (2011). Assessment Institute for Agricultural Technology (AIAT) Dissemination: Innovative Idea on Locally Specific Technology Transfer. Analisis Kebijakan Pertanian. Vol. 09, No. 01. 

5 komentar:

  1. Diseminasi mengacu pada proses berbagi temuan penelitian terhadap berbagai pihak yang terkait ataupun masyarakat luas. Tahap penyebarluasan merupakan hal yang sangat penting untuk penyerapan dan penggunaan hasil temuan yang dilakukan peneliti untuk keberhasilan dan keberlanjutan jangka panjang.

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara membuat rencana diseminasi untuk membagikan informasi hasil penelitian atau PTK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elemen kunci dari rencana diseminasi adalah rencana diseminasi tersebut harus membahas: tujuan rangkuman, audiens yang akan dijangkau, pesan atau informasi apa yang akan disampaikan, metode yang digunakan untuk membagikan pesan atau informasi, waktu pembagian informasi, dan proses evaluasi tingkat keberhasilan dalam upaya diseminasi yang dilakukan.

      Hapus
  3. Bagaimana cara membuat laporan diseminasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Deskripsikan lembaga dan alasan mengapa harus dilakukan diseminasi.

      2. Deskripsikan strategi apa yang digunakan dalam proses diseminasi.

      3. Rencanakan tempat atau lokasi penyebaran diseminasi.

      4. Deskripsikan strategi apa yang akan digunakan atau diadopsi dalam proyek diseminasi yang akan dilakukan.

      Hapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense