Artikel Terbaru

7 Tips Jitu Menguasai Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman Java adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan diberbagai platform. Bahasa Java dapat dikembangkan dan dijalankan di berbagai bahasa pemrograman. Bahasa Java adalah bahasa pemrograman yang handal, cepat, dan aman untuk pengembangan berbagai program aplikasi.

Keunggulan Program Java
  • satu, Bahasa pemrograman yang sederhana. Bahasa Java adalah bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari dan sintaknya pun mudah untuk dipahami. Bahasa Java merupakan bahasa yang memiliki kemiripan seperti bahasa pemrograman C++ sehingga mudah untuk dipahami. Bahasa Java menghilangkan banyak kebingungan dan menghilangkan beberapa fitur yang jarang digunakan seperti pointeroperator overloading dan lain sebagainya. Bahasa Java juga memelihara kapasitas memori dan untuk hal itu bahasa Java mengembangkan garbage collector otomatis. Garbage collector pada Java berfungsi untuk mengumpulkan unused objek secara otomatis.
  • dua, Bahasa pemrograman yang independent-platform. Program yang dibuat menggunakan bahasa Java, setelah dikompilasi selanjutnya akan dikonversi ke bahasa level intermediate yang disebut dengan bytecode sehingga bersifat irrespective (terlepas dari gangguan apapun) dari mesin  pada saat program berjalan. Hal ini membuat Java dapat berjalan secara portable pada semua mesin melalui interpreter yang disebut Java Virtual Machine (JVM) dan juga Java menyediakan 'reusability of code'.
  • tiga, Bahasa pemrograman yang berorientasi objek atau OOP (Object Oriented Programming). OOP membuat program yang komplek menjadi lebih sederhana dengan cara membagi beberapa program menjadi bagian dari beberapa objek program. Objek program berfungsi sebagai jembatan penghubung terhadap aliran data antara satu fungsi dengan fungsi yang lainnya. Hal ini membuat proses modifikasi fungsi dan program menjadi lebih mudah sesuai dengan kebutuhan.
  • empat, Bahasa pemrograman yang handal. Bahasa pemrograman Java merupakan bahasa pemrograman yang harus dapat diandalkan karena bahasa Java digunakan diberbagai sistem aplikasi dan berbagai aspek bidang pekerjaan dengan proses bisnis yang berbeda-beda.
  • lima, Java adalah bahasa pemrograman yang bersifat multithreaded. Bahasa Java adalah bahasa yang bisa melakukan beberapa tugas sekaligus. Contoh, ketika program Java sedang  melakukan proses manajemen GUI pada saat yang bersamaan pula Java melakukan proses waiting input dari jaringan koneksi untuk digunakan pada tugas yang lain daripada menggunakan default GUI untuk kedua tugas tersebut. kemampuan bahasa Bava yang bersifat multithreaded ini membuat bahasa Java menjadi lebih responsif.
  • enam, Dapat digunakan untuk menciptakan appletsApplets adalah program Java yang dapat dijalankan pada browser.
  • tujuh, Java tidak membutuhkan persyaratan preprocessor apapun. Bahasa Java adalah bahasa pemrograman yang tidak membutuhkan persyaratan include dari header file untuk menciptakan sebuah aplikasi Java.

Kekurangan bahasa pemrograman Java
  • satu, Performa: Bahasa Java memakan waktu lebih lama untuk dijalankan atau dieksekusi dibandingkan dengan bahasa pemrograman seperti bahasa C atau C++. Hal ini dikarenakan bahasa C adalah bahasa pemrograman yang berbasis script, sementara Java adalah bahasa pemrograman yang memang dikembangkan untuk pemrograman berbabis GUI sehingga lebih membebani memori dalam proses eksekusinya.
  • dua, Memory: Karena Java adalah bahasa pemrograman yang berjalan pada JVM atau Java Virtual Machine, sehingga komputer harus mengalokasikan memori lebih besar untuk menjalankan JVM tersebut, agar JVM dapat menjalankan bahasa pemrograman yang terdapat pada komputer tersebut.
  • tiga, Biaya: Karena alokasi memori yang digunakan untuk menjalankan program Java memakan ruang lebih besar karena adanya JVM, hal ini juga sudah pasti berdampak untuk biaya pengadaan perangkat keras yang lebih handal untuk menjalankan program berbasis Java yang memang memakan alokasi memori yang lebih besar ketika dijalankan pada komputer.
  • empat, Pemrograman tingkat rendah: Tidak ada dukungan apapun terhadap bahasa pemrograman tingkat rendah seperti Java, seperti dihilangkannya pointer pada bahasa program tersebut yang biasanya digunakan sebagai pintasan untuk menuju ke lokasi memori secara spesifik.
  • lima, Garbage collection: Tidak terdapat kontrol terhadap Garbage collection pada bahasa pemrograman Java. Sehingga programmer tidak memiliki kendali apapun terhadap Garbage collection pada bahasa pemrograman Java seperti fungsi delete(), free(), dan lain sebagainya.
  • enam, Tidak ada tipe data unsigned seperti pada bahasa C atau C++. Bahasa pemrograman Java tidak mendukung penggunaan tipe data unsigned integerunsigned char, dan tipe data unsigned lainnya. Namun demikian, API untuk tipe data unsigned long dan tipe data unsigned int tetap diperkenalkan pada bahasa pemrograman Java. 

Beberapa tips untuk bisa memulai belajar bahasa Java

satu, Pahami dasar dari pemrograman

Memahami dasar dari pemrograman adalah hal yang sangat penting. Pahami konsep pemrograman dari aspek logika dan jangan berlaku curang (pada diri sendiri), karena ini adalah hal yang sangat penting. Mulai mempelajari dan akrapkan diri dengan lingkungan pengembangan program dan secara perlahan mulai terbiasa seiring waktu. Dalam proses pembelajaran apapun, mempelajari dasar kode program tentang bahasa pemrograman Java adalah cara terbaik untuk mempelajari bahasa pemrograman Java. Ini adalah langkah awal yang dapat dilakukan untu memulai, seperti belajar secara online merupakan permulaan terbaik untuk dapat menguasai bahasa pemrograman Java. Seperti halnya dalam setiap proses belajar, pada tahapan awal mungkin akan sangat sulit sekali untuk memamahi bahasa pemrograman tersebut. Namun, jika dapat menyelesaikan pembelajaran dasar, maka untuk mempelajari kode program Java pada materi tingkat lanjut akan terasa lebih mudah. Hal yang perlu dipahami didalam mindset kita adalah bahwa setiap pakar atau expert pada suatu bidang akan selalu memulainya dari tingkat pemula terlebih dahulu, dan level kesulitan yang pernah mereka alami pasti juga sama.

dua, Sabar adalah kuncinya
Semakin lama mempelajari bahasa pemrograman Java maka akan semakin banyak materi yang akan diserap. Jangan terburu buru dalam mempelajari bahasa pemrograman Java, pahami pola belajar masing-masing. Mempelajari bahasa Java bukanlah proses belajar satu hari, oleh karena itu perlu diingat bahwa seorang programmer terbaikpun harus memulai kesuksesannya dari titik nol.

tiga, Selalu latihan
Setelah memahami basik dari bahasa pemrograman Java, cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan adalah selalu berlatih dan berlatih membuat program. Pengetahuan yang sesungguhnya akan keluar jika kamu berhasil mempraktikkan apa yang telah kamu pelajari, "Pratice Makes a Man Perfect". Berlatihlah melebihi apa yang telah kamu pelajari. Dengan berlatih akan membantu dalam membangun rasa percaya diri dalam membuat program. Juga Untuk menghilangkan kerancuan atau keragu-raguan dalam membuat kode atau coding Java maka selalu lakukan praktik atau latihan coding program secara rutin. Jika tidak mau melakukan praktik atau mempelajari banyak kode program, maka sudah pasti kita akan gagal dalam proses menjadi ahli dalam menguasai bahasa pemrograman Java. Karena mau bagaimanapun belajar pemrograman adalah belajar memahami permasalahan yang ada didunia nyata supaya bisa disimulasikan menggunakan media komputer dalam hal ini adalah dengan bahasa pemrograman Java.

empat, Belajar bahasa pemrograman Java secara teratur.
Terus belajar dan berlatih tetang bahasa pemrograman Java akan membantumu memahami dan membangun ketertarikan terhadap Java.

lima, Atur kode program yang dibuat sebaik dan serapi mungkin.
Berikut ini adalah cara terbaik bagaimana memposisikan diri kita untuk menjadi yang terbaik dalam mempelajari pemrogramana Java. Untuk dapat mengatur kode program secara baik, maka hal yang diperlukan adalah mempelajari fungsi dari kode-kode dasar yang telah disediakan oleh Java. Ciptakan dan selesaikan permasalahan-permasalahan sederhana yang terdapat pada dunia nyata seperti cara menghitung luas persegi, dengan menciptakan alogoritma program dan mengkodekannya ke dalam bahasa pemrograman Java, maka hal tersebut selanjutnya akan membuka pemikiran kita untuk mencari dan menemukan solusi-solusi dari permasalahan lain dan diselesaikan menggunakan program Java. Algoritma yang telah disusun secara baik akan dapat dijalankan dengan baik pula oleh komputer untuk dapat bekerja otomatis menyelesaikan permasalahan yang telah kita atur solusinya. Lakukan beberapa percobaan terlebih dahulu sebelum menjalankan kode program untuk aplikasi sesungguhnya.

enam, Lacak kode program yang dibuat melalui catatan
Cara paling mudah untuk mempelajari bahasa pemrograman Java adalah dengan memulainya melalui catatan. Trial and error! Saat melakukan percobaan terkadang ada sedikit faktor keberuntungan dalam percobaan pertama atau percobaan awal, namun setelah dilakukan percobaan lanjutan terkadang sering membuat error pada kode program yang telah dibuat, untuk mengantisifasi error atau permasalahan tak terduga tersebut muncul lagi, maka lakukan pelacakan dan pencatatan pada setiap kali mengalami kegagalan dalam proses pembuatan kode program.

tujuh, Baca buku tentang bahasa pemrograman Java secara rutin
Baca tentang materi pemrograman Java, seperti yang dilakukan saat ini. Hal tersebut akan sangat membantu dalam proses menguasai bahasa pemrograman tersebut. Dan tentu saja hal tersebut tidaklah sulit karena sebagian besar materi pemrograman dapat ditemukan secara online. Selalu lakukan hal tersebut secara berkala. Bahkan jika kamu adalah seorang peserta didik yang telah lama belajar Java, atau seorang otodidak yang handal, belajar secara online merupakan sumber berharga untuk tetap menjaga pengetahuan tetap selalu up to date.

tujuh, Temukan solusi permasalahan secara online
Jika mengalami kesulitan dalam membuat kode program, bisa jadi bukanlah kesalahan kita dalam pembuat program, namun bisa jadi contoh kode program atau materi yang diberikan salah atau sudah tidak up to date. Untuk itu setiap kali belajar Java, upayakan untuk komputer yang digunakan belajar selalu terhubung secara online. Tujuannya, jika menemukan masalah yang sulit untuk diselesaikan, maka sebelum bertanya dengan orang lain atau suatu komunitas belajar, coba lakukan pencarian secara online terlebih dahulu terhadap permasalahan yang dihadapi untuk bisa menemukan solusi yang paling efektif dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. 

tujuh, Belajarlah dalam kelompok atau komunitas
Belajar dalam kelompok adalah cara terbaik dalam mempelajari pemrograman Java (meskipun ini tidak berlaku efektif bagi saya haha). Saat seseorang telah mengetahui hal yang baru mengenai materi pemrograman Java, hal tersebut bisa dibagikan dalam kelompok baik dalam bentuk diskusi dan penyelesaian masalah terhadap suatu titik permasalahan yang masih ragu atau kurang jelas. Belajarlah bersama mengenai bahasa pemrograman Java dengan komunitas yang memiliki ketertarikan yang sama dengan bidang tersebut. Proses belajar pun bisa dilakukan bersama bantuan tutor bila perlu.

Hanya saja jika kita belajar dalam suatu komunitas yang sama-sama belajar tentang pemrograman, harus dipahami bahwa sebenarnya tujuan dari belajar adalah untuk mendapatkan informasi tentang error kecil yang tidak bisa kita hadapi baik itu dengan materi yang kita punya ataupun sumber materi online yang sudah cari. Kebanyakan, orang-orang yang sudah terbiasa berinteraksi dengan dunia pemrograman biasanya memiliki karakter yang efisien dalam bekerja, karena pada dasarnya belajar pemrograman artinya dalah belajar science komputer yang memang akar ilmunya berkembang dari ilmu matematika. Orang-orang tersebut kebanyakan memiliki karakter yang sedikit bicara (banyak menyebalkannya :D ). Oleh karena itu jika ingin bertanya tentang suatu permasalahan usahakan ajukan pertanyaan tersebut secara spesifik dan jawaban yang ingin didapatkan juga sebisa mungkin adalah jawaban yang bersifat eksak dan tidak terlalu menuntut beban waktu berlebih yang menjawab (klo ga mau dikacangin :D). 

Persiapan aplikasi belajar
satu, silahkan download JRE (Java Runtime Environment) dan JDK (Java Development Kit) melalui situs oracle.com secara GRATIS. Berdasarkan sumber dari IBM.com Java Runtime Environment atau JRE adalah lapisan perangkat lunak yang dijalankan pada sebuah sistem operasi komputer dan menyediakan class pustaka dan sumber-sumber lainnya yang dibutuhkan secara spesifik oleh program Java untuk membantu menjalankan program. JRE adalah satu dari tiga komponen yang saling berhubungan yang digunakan untuk pengembangan program Java. Komponen lainnya yang terlibat adalah JDK dan JVM.

Java Development Kit atau JDK adalah perangkat untuk pengembangan aplikasi Java. Pengembang memilih JDK berdasarkan versi dan package atau edisi - Java Enterprise Edition (Java EE), Java Special Edition (Java SE), atau Java Mobile Edition (Java ME). Setiap JDK yang diunduh selalu berserta JRE yang kompatibel dengan JDK tersebut, karena menjalankan program Java adalah bagian dari proses pengembangan sebuah program Java.

Java Virtual Machine atau JVM berfungsi untuk menjalankan aplikasi Java. Setiap JRE yang diunduh sudah disediakan tipe JRE yang kompatibel dengan tipe JRE tersebut, namun pengembang diberikan kebebasan untuk memilih sumber lain yang lebih spesifik untuk project pengembangannya.

dua, download NetBeans terbaru pada situs netbeans.org secara GRATIS. Jika mengalami kebingungan, bisa melalui pencarian google dengan keyword 'download jdk' dan 'download netbeans'. Setelah melakuk pencarian melalui situs mesin pencari maka akan diarahkan ke alamat download dari aplikasi yang dicari tersebut dan ikuti perintah instalasinya. Selah selesai melakukan instalasi program maka ketiklah kode program dibawah ini dan coba jalankan programnya pada compiler.

Setelah mengunduh JDK dan NetBeans, selanjutnya akan dilakukan pembuatan program aplikasi Java dengan tahapan berikut.
  • tahapSatu, Jalankan NetBeans IDE. Pada Windows NetBeans dapat dijalankan dengan cara menekan item NetBeans pada menu start. Pada Linux, dapat dilakukan dengan mengeksekusi IDE launcher script dengan navigasi ke IDE direktori dengan mengetik ./netbeans. Pada Mac OS, dengan cara menekan atau mengklik icon aplikasi NetBeans IDE.
  • tahapDua, pada NetBeans IDE pilih File, selanjutnya pilih New Project. Pada New Project, pilih dan lebarkan pilihan menu Java, selanjutnya pilih atau select Java Aplication. Setelah muncul tampilan New Java Application, pada bagian Name and Location, selanjutnya isi form Project Name dengan nama project Hello World App dan pada Create Main Class ketik helloworldapp.HelloWorldApp. Setelah tahapan tersebut selesai selanjutnya klik finish.
  • tahapTiga, Project yang telah diciptakan selanjutnya akan dibuka pada IDE. Selanjutnya ketik kode program seperti yang dicontohkan berikut. Setelah program dikompilasi, maka tahapan akhir adalah menjalankan program.

// belajar bahasa pemrograman

// Java.

 

// Program java untuk mencetak babang Thampans.

public class percobaan {

 

public static void main(String args[]){

 

System.out.println(

" babang"+

" Thampans"+

" sekali"

);

 

}

Komentar

  1. pada contoh program yang diberikan kenapa menggunakan kata "babang Thampans" jijik liatnya haha

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Apakah penggunaan JRE pada windows juga memengaruhi aplikasi yang kita jalankan pada perangkat tersebut? Soalnya aplikasi Java yang saya kembangkan pada komputer saya tidak bisa dijalankan pada komputer lain dengan tipe JRE yang sudah diupdate?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya juga pernah mengalami kondisi yang sama tersebut, dari berbagai cara, solusi yang efektif yang bisa saya temukan adalah downgrade kembali JRE ke tipe pengembangan awal ketika membuat program :(

      Hapus
  4. untuk mempersiapkan agar program Java dapat diselesaikan dengan baik.

    Jangan ada yang kelewatan, atau sisa pembelajaran menjadi tidak efisien.

    1. Kepercayaan diri dari belajar pemrograman muncul dengan cara mempelajari skill dari logika pemrograman. Dan harus dimiliki oleh setiap programmer.

    2. Setelah itu, pelajari tentang struktur data dan algoritma pemrograman dan akan semakin produktif jika kemampuan dari logika pemrogramanan meningkat sepanjang waktu.

    3. belajar dari sumber terpercaya

    4. Perlajari tentang OOP dan tampilan desain umum program yang biasa digunakan.

    5. Terapkankan pada studi kasus tertentu atau atau learning by doing juga bisa.

    BalasHapus
  5. Sering saya lihat di beberapa blog, saran pertamanya pasti "pelajari basic atau dasar".

    Belajar dasar itu ga membantu banyak. klo saya belajar. Mengatahui mana yang benar dan mana yang salah dalam membuat program itu ga cukup untuk belajar coding.

    Yang penting itu praktek, pertama cari kode program di sumber online atau blog, langsung ketik aja kode programnya atau ikuti sesuai instruksi nya. Klo gagal yang coba lagi atau cari contoh dari sumber yang benar, klo berhasil dokumentasikan.

    Belajar teori itu adalah bagian paling membosankan dari belajar coding program. KLo kalian mulai belajar java dari teori, kalian ga bakal pernah paham fungsi dan makna dari kode program yang pernah kalian baca atau praktikkn secara sekilas. Belajar pemrograman atau coding yang benar itu seperti belajar menyelesaikan puzzle, disitu letak kesenangannya. Mulai dari membuat perintah di compiler, trus instruksi seperti membuat perintah dari bos ke bawahan!!

    Belajar coding itu harus dari rasa penasaran, klo kita kehilangan rasa penasaran dan mulai mengalami kebosanan karena kegiatan yang berulang, di skip aja lanjut bagian lain yang lebih menyenangkan, trus klo masih ada waktu kosong baru dipelajari ulang.

    BalasHapus
  6. Jawabannya sederhana. Mulai coding secepatnya. Semakin banyak kode program yang dibuat, semakin banyak juga yang kita pelajari. Ikuti instruksi dari referensi atau buku-buku teori pemrograman. Fokus di bagian konsep Collection dan OOP lebih banyak di Java. Klo di dunia kerja, fokus utama perusahaan lebih ke kemambuan untuk membuat kode program tertulis dibarengi dengan pendekatan yang digunakan.

    BalasHapus
  7. Paling penting itu memahami permasalahan yang harus diselesaikan dengan menggunakan java, jangan asal koding atau asal buat algoritma pake Java. Beberapa bahasa pemrograman juga mempunyai spesialisasinya masing-masing. Klo untuk pemula, bisa dimulai dari java basic atau konsep OOP. Setelah itu, coba buat projek untuk beberapa teknologi web dan konektifitas database pake bahasa Java. Couse, kebanyakan perusahaan sekarang pengembangan sistemnya berbasis web.

    BalasHapus
  8. DAFTAR RUJUKAN
    www.ibm.com/cloud/learn/jre

    BalasHapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Hot Artikel!!!

Enkapsulasi pada Java

6 Tahap Utama dalam Melakukan Kompilasi Program Hello World Java

6 Contoh Program Method Overloading pada Java