Senin, Mei 03, 2021

Contoh Program Hello World Java

Pada tutorial ini akan dipelajari cara menampilkan tulisan "Hello, world" pada program Java. "HelloWorld.java" merupakan contoh program sederhana yang menghasilkan keluaran berupa tulisan "Hello, world" pada layar monitor. Karena program ini merupakan suatu contoh program yang sederhana, maka akan dijelaskan terlebih dahulu proses pembuatan awal program beserta beberapa tahapannya.

Proses program Java sederhananya terdiri dari tiga tahap:
satu, Program dibuat dengan diketik pada text editor dan simpan file nya dengan nama file HelloWorld.java.
dua, Program yang telah dibuat dikompilasi dengan mengetik "javac HellowWorld.java" pada terminal Windows.
tiga, Eksekusi program atau menjalankan program dengan cara mengetik "java HelloWorld" pada terminal Windows.

Contoh program sederhana dari perintah cetak tulisan "Hello World" pada layar monitor.

/* Contoh sederhana program Java

nama file : "HelloWorld.java". */

 

class HelloWorld

{

/* program dijalankan dengan memanggil method main(). */

/* tampilkan "Hello, World" pada layar monitor. */

public static void main(String args[])

{

System.out.println("Hello, world");

}

 

}

 


Catatan: Jika dilakukan kompilasi kode program menggunakan kompilator, maka terlebih dahulu perlu dilakukan save file dengan tipe ekstensi file teresbut adalah HelloWorld.java. Hal ini dikarenakan nama dari file dan class harus sama atau identik sesuai dengan aturan penulisan program Java.

Program "HelloWorld.java" terdiri dari tiga komponen utama: definisi class HelloWorld, method main, dan source code comments. Berdasarkan ketiga hal yang telah disebutkan sebelumnya, maka dapat dijelaskan mengenai dasar dari pemahaman kode program pada Java.

Perhatikan bagaimana cara program Java Bekerja!
Agar program "HelloWorld.java" dapat dijalankan pada komputer, maka pastikan terlebih dahulu bahwa Java telah terinstal dikomputer atau PC masing-masing yang akan digunakan sebagai perangkat pengembangan program. Juga, dibutuhkan IDE atau teks editor untuk menulis dan mengedit kode program Java. 

satu, Class Definition: pada baris program yang menggunakan keyword class dibertahukan bahwa class baru telah didefinisikan. Pada bahasa pemrograman Java, setiap aplikasi dimulai dengan pendefinisian sebuah class. Pada contoh program "HelloWorld.java", nama "HelloWorld" merupakan nama dari class program, dan class definisinya adalah terdapat dalam tanda {...}

class Helloword

Perlu dipahami juga bahwa, setiap aplikasi pada Java harus memiliki sebuah class definisi dan nama dari class tersebut harus sama atau identik terhadap nama dari file pada Java. HellowWorld adalah suatu identifier atau tanda pengenal dari nama kelas yang didalamnya termasuk semua anggota kelas yang ada didalamnya yang terletak antara simbol buka kurung ( ) dan tutup kurung ( ).

Dalam pemrograman berbasis object dikemukakan (Gemma dkk, 1995 ) bahwa, sebuah class adalah template perluasan kode program untuk menciptakan sebuah objek dan digunakan untuk menyediakan nilai inisialisasi untuk anggota variabel dan implementasi dari fungsi atau method. Nama class juga digunakan sebagai mana dari class itu sendiri, juga sebagai nama konstruktor, dan juga sebagai tipe data dari object secara umum. 

Ketika sebuah object diciptakan dari sebuah class, maka yang dilakukan oleh kompilator adalah object akan memanggil instance dari sebuah class, dan anggota variabel tertentu menuju ke object yang dipanggil oleh variabel instance

dua, Main method: dalam setiap bahasa pemrograman Java, semua aplikasi java harus mengandung main method yang ditandai dengan kode program berikut:

public static void main (){}

Main method merupakan method utama yang wajib ada pada program Java. Setiap aplikasi Java harus mengandung main method atau method utama, karena program Java akan mulai melakukan kompilasi awal program dimulai dari mengksekusi kode program yang berasal dari main method

public = membuat JVM dapat mengeksekusi semua method dari manapun.
static = main method dipanggil tanpa objek.
void = main method tidak mengembalikan nilai apapun pada method-nya.
main () = nama dari method yang sudah dikonfigurasi pada JVM (default setting).
String args [] = main method menerima satu single argument: sebuah elemen bernilai array dari elemen string.

Bahasa Java seperti halnya bahasa C/C++, dimana main method adalah pintu utama untuk masuk ke aplikasi dan gerbang akses masuk dari method lain dari program yang dijalankan.

tiga, baris kode program seperti dijelaskan dibawah ini:

System.out.println(" "); adalah kode program yang digunakan untuk mencetak tulisan atau string yang terdapat dalam tanda (" "). Pada contoh program, perintah cetak diikuti dengan string "Hello, world" yang akan menghasilkan keluaran tulisan "Hello, world" pada layar monitor. 

System.out.println("Hellow World");

Baris output program  adalah string "Hello, world" yang diikuti pemindahan ke baris baru pada layar monitor. Output pada dasarnya dicapai oleh pembuatan method println( ). Keyword "System" adalah predefinisi class yang menyediakan akses ke sistem, dan Out adalah variabel tipe output stream yang terhubung pada console.

empat, Kode Komentar: dapat terdiri dari satu baris atau lebih dari satu baris pada kode program. Pada bahasa pemrograman Java, setiap baris yang diawali dengan tandan "//" berarti perintah tersebut adalah komentar program. Komentar program adalah baris kode yang digunakan user untuk membaca atau memberikan keterangan pada kode program agar fungsi atau method lebih mudah dipahami dari kode program yang telah dibuat sebelumnya. Perintah komentar secara penuh diabaikan oleh kompilator Java atau tidak akan dilakukan dikompilasi apapun pada kode program komentar tersebut.

// program dijalankan dengan memanggil method main(). 
// tampilkan "Hello, World" pada layar monitor.

Penggunaan komentar lebih dari satu baris, perintah programnya dimulai dengan /* dan diakhiri dengan */

/* Contoh sederhana program Java 
   nama file : "HelloWorld.java". */

Catatan: Fungsi lain dari tanda komentar selain memberikan catatan pada program, juga bisa difungsikan untuk menonaktifkan kode program pada teks editor. Ketimbang langsung menghapus kode program yang sudah dibuat dan menggantinya dengan kode program yang baru, lebih mudah jika kode program yang telah dibuat tersebut dinonaktifkan sementara dengan memberi tanda "//" pada awal baris kode program, supaya jika dibutuhkan kembali, kode program tersebut masih ada pada baris program yang telah dibuat sebelumnya dan tinggal diaktifkan kembali.

Poin Penting :
Nama kelas atau class yang didefinisikan oleh program "HelloWorld" sama dengan nama dari file tersebut itu sendiri yaitu HelloWorld,java. Hal ini bukanlah suatu kebetulan karena dalam bahasa Java semua kode program harus berada didalam kelas dan mengandung satu public class yang mengandung main () method.

Secara sederhana, nama dari main class (kelas yang mengandung main method) harus sama dengan nama dari file program itu sendiri.

Melakukan Kompilasi Program
satu, Setelah sukses melakukan setting lingkungan pengembangan Java, buka terminal Windows/Unix dan menuju kebagian directory atau ruang penyimpanan dimana file HelloWorld.java disimpan.

dua, Ciptakan atau create program: Sebuah program tidak lebih dari sebuah urutan kode ketik dari untaian karakter, seperti halnya paragraf tulisan, pantun, atapun puisi pada sastra. Untuk menciptakannya, maka dibutuhkan pendefinisian awal dari urutan karakter tersebut dengan membuatnya menggunakan teks editor yang caranya sama seperti mengetik surat pada email. 

tiga, Mengkompilasi program Java: Sebuah kompilator akan menerjemahkan program dari bahasa Java menjadi bahasa lain yang lebih cocok untuk dieksekusi pada komputer. Dimana pada tahap ini file dengan ekstensi .java akan digunakan sebagai inputan dan akan menghasilkan file baru berupa file dengan ekstensi .class. Lakukan kompilasi atau compile program HelloWorld dengan cara klik compiler javac, dan ketikkan nama file yang akan dikompilasi yaitu HelloWorld.java.

empat, Setelah program dikompilasi maka tahap selanjutnya adalah mengeksekusi atau menjalankan program tersebut. Tahap ini adalah tahap yang menyenangkan atau pun juga bisa menjadi tahap yang membingungkan, karena komputer akan mulai mengikuti perintah yang telah kita berikan pada program. Kompilator akan membuat sebuah file bernama HelloWorld.class yang akan ditampilkan pada directory yang mengandung bytecode program. Setelah selesai, jalankan program tersebut, JVM akan memanggil file java dengan nama spesifik pada file class:

java HelloWorld

lima, hasilnya program HelloWorld java akan mencetak tulisan "Hello, world" pada layar monitor.

enam, Error Program: Sebagian besar error terdapatpada tahapan pembuatan kode program, dimana proses pembenahannya adalah dengan cara melakukan koreksi atau penggantian kode program yang salah dengan kode program yang benar.

Compile-time errors: Pada tahap ini error akan ditemukan oleh sistem ketika melakukan proses kompilasi program. Tujuannya dari proses ini adalah mencegah kompilator untuk melakukan penerjemahan program dan akan memunculkan pesan kesalahan pada baris program tertentu yang mengalami error atau bermasalah.

Run-time error: Pada tahap ini error akan ditemukan ketika program telah dieksekusi, karena program mencoba menampilkan sebuah hasil operasi yang bernilai kosong.

Logical errors: Error tipe ini adalah error yang ditemukan oleh programmer ketika program telah dieksekusi dan menghasilkan jawaban yang salah atau tidak sesuai dengan target yang ingin dicapai. 

Sangat penting pada tahap awal untuk mengembangkan kemampuan menemukan error pada program, sehingga untuk pengembangan selanjutnya akan menjadi lebih hati-hati dan efisien dalam membuat program Java. 

8 komentar:

  1. Kenapa selalu digunakan pada Java? kenapa tidak menggunakan bahasa native pada Java?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek atau OOP. Dan pada setiap bahasa pemrograman berbasis OOP konsep pengembangannya selalu menggunakan class dan objek. Seorang programmer yang mengembangkan program berdasarkan konsep atau pendekatan OOP harus dapat mengalokasikan unit yang diselesaikan secara logis pada area atau kawasan masalah tertentu. 'Masalah tertentu' ini selanjutnya dikelompokkan kedalam kelompok-kelompok kecil yang disebut dengan kelas. Oleh karena itu kenapa program yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman java selalu menggunakan class.

      Hapus
  2. apasih perbedaan konsep antara "class" dan "class object?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Class hanyalah informasi tentang tipe data komposit (kompleks) baru. Class hanya mendeskripsikan format dari sebuah data dan sifatnya deklaratif. Nama class juga bersifat unik sepanjang kode program dibuat.

      Sedangkan class object adalah instance khusus dimana class datanya memiliki nilai tertentu. Juga, pada class object dilakukan alokasi memori. Dan bisa terdapat beberapa objek dalam satu class yang sama namun tidak sebaliknya.

      Hapus
  3. Trima kasih infornya, sedikit membantu!!

    BalasHapus
  4. Tipe akses itu apasih? trus class pada java punya tipe akses yang sifatnya default ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tipe akses itu keamampuan method untuk menjangkau object didalam class, bisa tipe nya itu public, private, dll. Klo pada Java, tipe akses defaultnya adalah public, atau object dalam class tersebut bisa diakses oleh class lain dimanapun.

      Hapus
  5. DAFTAR RUJUKAN

    Gamma, Helm, Johnson, dan Vlissides (1995). Design Patterns: Elements of Reusable Object-Oriented Software. Addison Wesley.

    BalasHapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D