Senin, Mei 03, 2021

Forward Deklarasi Java

Forward deklarasi pada bahasa pemrograman Java
Prediksikan hasil output dari program berikut.

/* nama file: Test2.java */

 

// fungsi main() dari class

// menggunakan Test1 yang

// dideklarasikan setelah

// Test2 pada file ini.

class Test2 {  

public static void main(String[] args

{  

Test1 t1 = new Test1(); 

t1.fun(5);

}  

 

class Test1

void fun(int x

System.out.println("fun()"

+" called: x = " 

+x);

}

Output:
fun() called: x = 5

Hasil output dari program Java berjalan baik setelah dikompilasi. Catatan, bahwa Test1 dan fun() tidak dideklarasikan sebelum digunakan pada Test2. Tidak seperti pada bahasa C++, bahasa pemrograman Java tidak perlu melakukan forward deklarasi (deklarasi maju). Identifier (nama class dan method) akan dikenali secara otomatis dari file sumber. Sama seperti method library yang secara langsung akan dibaca dari library, dan tidak dibutuhkan file header terhadap deklarasi. Java menggunakan skema penamaan dimana nama class packcage dan public harus diikuti direktori dan nama file masing-masing class itu sendiri. Skema penamaan ini memungkinkan kompilator Java untuk melacak file library.

5 komentar:

  1. Apa yang dimaksud dengan formad declaration pada bahasa pemrograman Java?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Forward deklaration adalah proses deklarasi method atau variabel sebelum bagian implementnya. Deklarasi tersebut diperlukakn dalam bahasa pemrograman java supaya dapat menggunakan variabel atau object sebelum object atau variabel tersebut diimplementasikan pada program.

      Hapus
  2. Dalam dunia pemrograman komputer, forward declaration adalah suatu deklarasi pengenal atau identifier yang menunjukkan suatu entitas seperti tipe data, konstanta, variabel, atau fungsi yang belum diberikan definisi apapun secara lengkap oleh programmer.

    BalasHapus
  3. Apakah forward declaration berbahaya bagi pembuatan kode program pada Java?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Forward declaration bukanlah sesuatu yang berbahaya bagi sebuah program, namun tetap akan sedikit memiliki dampak terhadap kode program. Contoh, jika user membutuhkan forward declaraltion, maka artinya, user tersebut membutuhkan dua class yang akan digabungkan secara erat, dimana hal ini biasanya akan berdampak buruk pada suatu program.

      Hapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D