Selasa, Maret 12, 2019

Java Identifier

Identifier dalam bahasa pemrograman digunakan untuk identifikasi fungsi program. Dalam bahasa Java, identifier dapat digunakan sebagai nama class, nama method, nama variabel, atau label. Seperti contoh:

public class Test
{
public static void main(String[] args)
{
int a = 20;
}
}

Pada kode Java sebelumnya, dimiliki 5 identifier:
satu, Test: nama class.
dua, main: nama method.
tiga, String: nama class yang telah ditetapkan oleh Java.
empat, args: nama variabel.
lima, a: nama variabel.

Aturan Pendefinisian Identifier Java
Pendefinisian identifier memiliki beberapa aturan. Aturan tersebut wajib diikuti, jika tidak akan didapati pesan error pada program. Aturan ini juga berlaku untuk bahasa pemrograman lain seperti C atau C++.

satu, Hanya karakter yang dapat digunakan sebagai identifier yang semuanya adalah alphanumeric karakter ([A-Z], [a-z], [0-9], tanda dollar [$], dan underscore[ _ ]). Contoh; "nerd@" adalah contoh yang salah untuk identifier karena mengandung karakter @ pada kumpulan karakter.

dua, Identifier tidak boleh diawali dengan karakter angka ([0-9]). Contoh; "123nerdsss" adalah contoh yang salah dari identifier karena diawal karakter dimulai dengan angka "1".

tiga, Identifier Java adalah case-sensitive. Artinya: identifier "Haha" berbeda dengan identifier "haha" atau identifier "hohoA" berbeda terhadap "hohoa".

empat, Tidak ada batasan terhadap panjang karakter yang digunakan pada identifier namun untuk lebih bijaksana, biasanya jumlah karakter yang digunakan untuk identifier adalah antara 4-15 karakter saja.

lima, Reserved Word tidak bisa digunakan sebgai identifier. Contoh; "int while = 20" adalah contoh yang salah dari identifier karena while adalah keyword yang telah ditetapkan (kegunaannya) pada Java.

Beberapa contoh identifier yang valid atau benar:
MyVariable
MYVARIABLE
myvariable
x
i
x1
i1
_myvariable
$myvariable
sum_of_array
geeks123

Beberapa contoh identifier yang salah sebagai berikut:
My Variable /* mengandung spasi*/
123geeks /* dimulai dengan angka */
a+c /* karakter + bukan bagian dari alphanumeric karakter */
variable-2 /* karakter - bukan bagian dari alphanumeric karakter */
sum_&_difference /* karakter & bukan bagian dari alphanumeric karakter */

Reserved Word
Bahasa pemrograman memiliki beberapa kata yang telah ditetapkan kegunaannya (fungsi) oleh bahasa pemrograman tersebut. Kata-kata tersebut dikenal dengan istilah reserved word. Kata-kata tersebut bisa dibagi menjadi dua kategori yaitu: keyword (50) dan literals (3). Keyword mendefinisikan fungsi dan literal mendefinisikan nilai (value) seperti diperlihatkan pada gambar 1 berikut ini.

Keyword mendefinisikan fungsi dan literal mendefinisikan nilia atau value pada Java.
Gambar 1 keyword dan literal
sumber : geeksforgeeks.org

Identifier dapat digunakan sebagai simbol tabulasi dari berbagai fase analisis seperti lexical, syntac, semantic, dan lain sebagainya dari berbagai arsitektur compiler.

catatan: keyword const dan goto adalah bagian dari reserved word, meskipun keyword tersebut tidak digunakan saat ini. Pada penggunaan  const, keyword final juga digunakan. Beberapa keyword seperti strictfp tersedia ke dalam versi Java terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense