this → Artikel Baru – ( Atrikel Lama ↓ )

5 Aturan Pendefinisian Java Identifier pada Java

Identifier dalam bahasa pemrograman digunakan untuk identifikasi fungsi program. Dalam bahasa Java, identifier dapat digunakan sebagai nama class, nama method, nama variabel, atau label, seperti diperlihatkan contoh berikut ini:

public class Test
{
public static void main(String[] args)
{
int a = 20;
}
}

Pada kode Java sebelumnya, dimiliki 5 identifier:
  1. Test: nama class.
  2. main: nama method.
  3. String: nama class yang telah ditetapkan oleh Java.
  4. args: nama variabel.
  5. a: nama variabel.

Pahami pula, tentang semua konsep desain Web untuk tingkat pemula melalui materi lengkap JAVA [klik].


Aturan Pendefinisian Identifier Java
Pendefinisian identifier memiliki beberapa aturan. Aturan tersebut wajib diikuti, jika tidak akan didapati pesan error pada program. Aturan ini juga berlaku untuk bahasa pemrograman lain seperti C atau C++.
  • satu, Hanya karakter yang dapat digunakan sebagai identifier yang semuanya adalah alphanumeric karakter ([A-Z], [a-z], [0-9], tanda dollar [$], dan underscore[ _ ]). Contoh; "nerd@" adalah contoh yang salah untuk identifier karena mengandung karakter @ pada kumpulan karakter.
  • dua, Identifier tidak boleh diawali dengan karakter angka ([0-9]). Contoh; "123nerdsss" adalah contoh yang salah dari identifier karena diawal karakter dimulai dengan angka "1".
  • tiga, Identifier Java adalah case-sensitive. Artinya: identifier "Haha" berbeda dengan identifier "haha" atau identifier "hohoA" berbeda terhadap "hohoa".
  • empat, Tidak ada batasan terhadap panjang karakter yang digunakan pada identifier namun untuk lebih bijaksana, biasanya jumlah karakter yang digunakan untuk identifier adalah antara 4-15 karakter saja.
  • lima, Reserved Word tidak bisa digunakan sebgai identifier. Contoh; "int while = 20" adalah contoh yang salah dari identifier karena while adalah keyword yang telah ditetapkan (kegunaannya) pada Java.

Beberapa contoh identifier yang valid atau benar:
  • MyVariable
  • MYVARIABLE
  • myvariable
  • x
  • i
  • x1
  • i1
  • _myvariable
  • $myvariable
  • sum_of_array
  • geeks123

Beberapa contoh identifier yang salah sebagai berikut:
  • My Variable /* mengandung spasi*/
  • 123geeks /* dimulai dengan angka */
  • a+c /* karakter + bukan bagian dari alphanumeric karakter */
  • variable-2 /* karakter - bukan bagian dari alphanumeric karakter */
  • sum_&_difference /* karakter & bukan bagian dari alphanumeric karakter */

Baca juga, tentang materi bahasa pemrograman lainnya melalui Materi Lengkap 

Bahasa Pemrograman [klik].


Reserved Word
Bahasa pemrograman memiliki beberapa kata yang telah ditetapkan kegunaannya (fungsi) oleh bahasa pemrograman tersebut. Kata-kata tersebut dikenal dengan istilah reserved word. Kata-kata tersebut bisa dibagi menjadi dua kategori yaitu: keyword (50) dan literals (3). Keyword mendefinisikan fungsi dan literal mendefinisikan nilai (value) seperti diperlihatkan pada gambar 1 berikut ini.

Keyword mendefinisikan fungsi dan literal mendefinisikan nilai (value) pada Java
Gambar 1 Keyword mendefinisikan fungsi dan literal mendefinisikan nilai (value) pada Java

Identifier dapat digunakan sebagai simbol tabulasi dari berbagai fase analisis seperti lexical, syntac, semantic, dan lain sebagainya dari berbagai kompilator arsitektur.

catatan: keyword const dan goto adalah bagian dari reserved word, meskipun keyword tersebut tidak digunakan saat ini. Pada penggunaan  const, keyword final juga digunakan. Beberapa keyword seperti strictfp tersedia ke dalam versi Java terbaru.

Komentar

  1. Apa yang dimaksud dengan identifier pada bahasa pemrograman Java?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Identifier dalam bahasa pemrograman Java adalah nama simbolis yang digunakan untuk proses identifikasi variabel. Identifier juga dapat berupa nama class, nama variabel, nama method, nama package, nama const, dan lain sebagainya. Namun, dalam bahasa pemrograman Java, terdapat beebrapa keyword khusus yang tidak dapat digunakan sebagai identifier untuk pembuatan program.

      Hapus
  2. Apakah identifier adalah variabel itu sendiri dalam bahasa pemrograman Java?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Identifier hanya digunakan untuk mengidentifikasi entitas secara unik dalam program saat program tersebut dieksekusi, sedangkan variabel adalah nama yang diberikan pada lokasi memori tertentu, yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai. Variabel merupakan salah satu dari jenis identifier, sedangkan untuk jenis identifier lainnya adalah seperti nama method, nama class, nama struct, dan lain sebagainya.

      Hapus
  3. Apakah nama class adalah bagian dari identifier pada bahasa pemrograman Java?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.

      Identifier Java adalah nama yang diberikan pada package, class, interface, method, ataupun juga variabel pada bahasa pemrograman tersebut. Hal hal ini, programmer dapat merujuk suatu item dari tempat lain dalam suatu program.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java

3 Jenis Utama Looping pada Java