Kamis, Maret 07, 2019

Kenapa Java Platform Berdiri Secara Independent?

Makna dari platform Java yang independent adalah source code dapat dijalankan pada semua jenis operating system. Sebuah program yang diketik menggunakan bahasa pemrograman atau bahasa yang dapat dipahami manusia adalah bahasa yang didalamnya mengandung kata, ungkapan, dan lain sebagainya. Namun demikian, bahasa yang dibuat oleh manusia tersebut tidaklah dapat dipahami oleh mesin. Agar source code yang dipahami oleh mesin, bahasa tersebut haruslah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin atau machine level language. Compiler berperan dalam menerjemahkan source code ke dalam bahasa mesin. Kode yang dapat dieksekusi ini dapat berupa urutan instruksi mesin yang dapat dieksekusi oleh CPU secara langsung, atau mungkin merupakan representasi perantara yang ditafsirkan oleh mesin virtual. Java mengenal representasi perantara ini dengan nama Java Byte Code.

Tahapan proses eksekusi program Java:
satu, dimanapun program Java dibuat, proses kompilasi akan dilakukan oleh Javac.
dua, Hasil kompilasi dari Javac adalah .class file atau bytecode dan bukan machine native code (tidak seperti pada compiler C).
tiga, Bytecode yang telah di-generate hasilnya bukanlah kode yang sudah siap dieksekusi (dijalankan). Yang menjalankan program yang telah di-generate adalah interpreter atau JVM.
empat, Hasil dari program yang telah dijalankan adalah berupa output seperti diperlihatkan pada gambar 1.

tahapan-tahapan mengubahan bahasa program Java ke bahasa mensin menggunakan interpreter atau JVM
Gambar 1 tahap mengubahan bahasa program ke bahasa mesin
sumber : geeksforgeeks.org

Pada bahasa pemrograman C atau C++ compiler generate program .exe untuk jenis OS tertentu atau dependent. Ketika program yang telah dikompilasi pada satu OS tertentu dijalankan pada OS jenis lain,  maka program tersebut tidak akan berjalan, dengan kata lain hasil dari kompilasi hanya bisa berjalan hanya pada satu jenis OS tertentu.

Java adalah platform yang independent namun JVM adalah platform yang dependent
Poin utama pada paragraf ini adalah proses kerja JVM bergantung pada jenis sistem operasi (Operating System). Ketika menjalankan JVM pada Mac OX maka untuk dapat menjalankan JVM pada jenis OS yang lain seperti Windows maka dibutuhkan jenis JVM yang lain pula. Hal ini bisa dibuktikan dengan cara melakukan download JVM untuk Mac OS dan hasil download tersebut di instal pada OS Windows.

Point Penting :
satu, Bahasa pemrograman Java yang berfungsi membuat platform independent adalah Bytecode.
dua, Kemampun platform independent yang dimiliki Java menambah fitur kemampuan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman Java yang disebut dengan portabilitas. Setiap sistem memiliki jenis JVM nya masing-masing yang sudah terinstal otomatis ketika JDK diinstal pada sistem komputer tersebut. Setiap OS memiliki JVM terpisah yang mampu membaca .class file atau byte code.
tiga, Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah meskipun Java adalah platform bahasa pemrograman yang bersifat independent, tetapi JVM adalah platform yang dependent.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense