Rabu, Maret 13, 2019

Beberapa Jenis Variabel Pada Java

Variabel adalah nama yang diberikan pada lokasi memori. Variabel adalah unit dasar dari penyimpanan pada program. Nilai dari penyimpanan dalam sebuah variabel dapat diubah pada saat program dieksekusi. Sebuah variabel adalah nama yang diberikan pada lokasi memori, semua operasi diselesaikan berdampak pada lokasi memori variabel. Pada bahasa pemrograman Java semua variabel yang akan digunakan harus dideklarasikan terlebih dahulu.

Bagaimana cara mendeklarasikan variabel?
Proses pendeklarasikan variabel pada Java diperlihatkan pada gambar 1 dan gambar 2 berikut ini.

gambar 1


klasifikasi dan deklarasi variabel pada alokasi memori menggunakan bahasa pemrograman Java
Gambar 1 deklarasi variabel pada java
sumber : geeksforgeeks.org

data type: tipe atau jenis data yang dapat disimpan pada variabel.
variable name: nama yang diberikan pada variabel.
value: inisiasi nilai yang diberikan pada ruang penyimpanan variabel.

Contoh:
float simpleInterest; /* deklarasi variabel dengan tipe data float */
int time = 10, speed = 20; /* deklarasi dan inisialisasi variabel dengan tipe data integer */
char var = 'h'; /* deklarasi dan inisialisasi variabel dengan tipe data char */

Tipe dari Variabel

Ada tiga tipe variabel pada bahasa pemrograman Java:
satu, Variabel lokal.
dua, Variabel instance.
tiga, Variabel static.

Berikut adalah penjelasan dari ketiga tipe variabel tersebut.
satu, Variabel lokal: sebuah variabel yang didefinisikan diantara sebuah block, method, atau constructor disebut dengan variabel lokal. Variabel lokal diciptakan ketika memasukki block atau fungsi pada saat dipanggil atau dihilangkan dari block tersebut, atau ketika pemanggilan nilai return dari fungsi. Cakupan dari variabel ini hanya diantara block dimana variabel tersebut dideklarasikan, atau variabel tersebut hanya dapat diakses (digunakan) diantara block tempat variabel dideklarasikan.

Contoh program 1:
Output:
Usia siswa adalah : 5

Pada program sebelumnya variabel age merupakan variabel lokal pada fungsi StudentAge(). Jika variabel tersebut digunakan diluar fungsi StudentAge(), maka compiler akan menampilkan pesan error pada program.

Contoh program 2:
Output:
error: cannot find symbol
 " + age);

dua, Variabel Instance: variabel instance adalah variabel non static dan dideklarasikan dalam class di luar dari method, constructor, atau block apapun. Sebagai jenis variabel yang dideklarasikan di dalam class, variabel ini diciptakan ketika objek dari class diciptakan dan dihancurkan (destroy) ketika objek tersebut juga telah hancur (destroyed). Tidak seperti variabel lokal, dibutuhkan akses spesifik untuk mengakses variabel instance. Jika tidak dispesifikasikan menggunakan spesifikasi apapun maka nilai default dari variabel instance yang akan digunakan.

Contoh program:
Output:
Marks for first object:
50
80
90
Marks for second object:
80
60
85

Seperti yang dilihat pada program sebelumnya bahwa variabel engMarks, mathMarks, phyMarks adalah variabel instance. Pada kasus dimana terdapat multiple objek seperti pada program sebelumnya, setiap objek akan memiliki nilai duplikatnya masing-masing dari variabel instance. Hal ini jelas terlihat dari output program bahwa setiap objek akan memiliki nilai duplikatnya masing-masing pada variabel instance.

tiga, Variabel Static: static variabel juga dikenal dengan istilah class variabel. Variabel ini dideklarasikan sama seperti variabel instance, perbedaannya adalah bahwa variabel static dideklarasikan menggunakan keyword static diantara class diluar dari method, constructor, atau block apapun. Tidak seperti variabel instance, variabel static hanya memiliki satu duplikat nilai pada setiap class terlepas dari seberapa banyak objek yang diciptakan. Variabel static diciptakan pada saat awal dari program dieksekusi dan berakhir secara otomatis ketika eksekusi program juga berakhir. Untuk dapat mengakses variabel static, tidak dibutuhkan pembuatan objek apapun pada class seperti pada contoh berikut ini.

class_name.variable_name;

Contoh program:
Output:
Harsh's average salary:1000.0

Variabel static vs variabel instance

satu, Setiap objek akan memiliki nilai duplikatnya masing-masing dari variabel instance, tetapi pada variabel static hanya ada satu nilai duplikat per class terlepas dari seberapa banyak objek yang diciptakan pada variabel static tersebut.
dua, Perubahan pada variabel instance menggunakan objek nilainya tidak akan tercermin pada objek lain pada variabel instance. Sedangkan pada variabel static, perubahan akan tercermin pada objek yang lain sebagai nilai umum dari variabel static pada semua objek atau class.
tiga, Variabel instance dapat diakses melalui referensi objek, sedangkan variabel static dapat diakses secara langsung menggunakan class name.
empat, Sintak untuk variabel static dan variabel instance adalah sebagai berikut.

class Example
{
static int a; /* variabel static */
int b;        /* variabel instance */
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense