this → Artikel Baru – ( Atrikel Lama ↓ )

Cara Sederhana Menggunakan Underscore dalam Literasi Angka pada Java

Sebuah fitur baru yang diperkenalkan oleh JDK 7 memungkinkan untuk menulis literasi angka menggunakan karakter underscore. Literasi angka yang dipecah digunakan untuk menambah kemampuan pembacaan program. Fitur ini memungkinkan untuk membagi kelompok dari digit pada literasi angka, dimana akan meningkatkan kemampuan keterbacaan kode program. Sebagai contoh, Kode program yang dibuat dan terdiri dari banyak digit dalam suatu program, maka dengan menggunakan underscore digit angka yang dibuat pada program dapat dipisah menjadi beberapa kelompok dalam kumpulan angka tersebut. Jika dianalogikan seperti menggunakan tanda koma atau tanda titik pada kalimat huruf yang dibuat pada tulisan.

Pahami pula, tentang semua konsep desain Web untuk tingkat pemula melalui materi lengkap JAVA [klik].


Berikut contoh program Java yang menggunakan underscore pada literasi angka.

// Program Java

// mendemonstrasikan

// penggunakan underscore pada

// literasi angka pada Java

class Test 

 

public static void main (String[] args

throws java.lang.Exception 

int inum = 1_00_00_000

System.out.println("inum:" 

+ inum); 

 

long lnum = 1_00_00_000

System.out.println("lnum:" 

+ lnum); 

 

float fnum = 2.10_001F

System.out.println("fnum:" 

+ fnum); 

 

double dnum = 2.10_12_001

System.out.println("dnum:" 

+ dnum); 

}

 

}

Output:
inum: 10000000
lnum: 10000000
fnum: 2.10001
dnum: 2.1012001

Baca juga, tentang materi bahasa pemrograman lainnya melalui Materi Lengkap 

Bahasa Pemrograman [klik].

Komentar

  1. terima kasih, infonya sangat bermanfaat apalagi dengan ini saya jadi bisa tahu fungsi lain dari underscore yang dapat lebih membantu mempermudah proses penulisan nilai dalam satuan yang besar supaya tidak gampang keliru.

    BalasHapus
  2. Artikelnya bagus, penjelasannya singkat dan lugas sehingga lebih mudah untuk dipahami tentang fungsi dari underscore dalam literasi angka pada pembuatan kode program Java.

    BalasHapus
  3. Ternyata masih ada beberapa fungsi dari underscore yang masih aku belum ketahui selama ini, apalagi ini masih berkaitan dengan pembuatan literasi angka pada java.

    BalasHapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java

3 Jenis Utama Looping pada Java