Kamis, Maret 07, 2019

Mitos Nama Kelas dan Nama File Pada Java

Pada materi sistem penamaan pada Java diberitahukan bahwa "nama class dan nama file harus sama". Ketika aturan ini dilanggar maka pesan error akan muncul seperti pada program seperti contoh berikut.

Namun mitos tersebut bisa dilanggar seperti contoh program berikut ini.

Step 1
javac Trial.java
Step 1 akan menciptakan Geeks.class tanpa pesan error karena class sudah dibuat dalam bentuk public

Step 2
java Geeks
 
Mitos, nama class dan nama file harus ditulis sama pada bahasa pemrograman Java hanya jika class dideklarasikan dengan tipe public seperti diperlihatkan pada gambar 1.

mitos penulisan nama kelas dan nama file harus sama pada program Java
Gambar 1 nama class dan nama file

Sekarang file .class berikut ini dapat dieksekusi. Dengan beberapa fitur keajaiban pun dapat terjadi pada eksekusi program berikut. Sangat mungkin untuk memiliki beberapa main class dalam satu file Java. Untuk kepentingan debug pendekatan seperti ini bisa digunakan. Setiap class dapat dieksekusi secara terpisah untuk menguji fungsi class masing-masing dengan persyaratan bahwa konsep inheritence tidak dipergunakan pada program ini. Namun secara umum akan lebih aman jika mengikuti mitos yang sudah ada.

contoh 1 program :
Ketika kode program diatas di kompilasi maka akan menghasilkan dua .class file ForGeeks.class dan Geekstest.class, dan karena kedua class memiliki main() method yang berbeda, maka kedua class tersebut bisa dijalankan secara terpisah.

Ketika java ForGeeks dieksekusi maka output yang dihasilkan adalah Makan nasi padang.
ketika java GeeksTest dieksekusi maka output yang dihasilkan adalah Makan nasi soto.

contoh 2 program:
Catatan: Disini terdapat dua buah class, Triangle dan Demo. Lantas, class mana yang namanya digunakan sebagai nama file?
Jawabannya adalah class dengan nama Demo harus digunakan sebagai mana file. Alasannya adalah karena class Demo memiliki main method dan pada bahasa pemrograman Java eksekusi program dimulai pertama dari main method.

Filename: Demo.java
Compilation: javac Demo.java
Run: java Demo
Output: Luas area segitiga adalah:65

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense