Senin, Maret 18, 2019

Perluasan Konversi Tipe Data Primitif Pada Bahasa Pemrograman Java


Output:
YO155

Penjelasan:
Saat menggunakan tanda petik double ( " dan " ), maka teks akan dibaca sebagai string (utaian teks) dan "YO" akan dicetak pada layar, tetapi ketika menggunakan tanda petik tunggal ( ' dan ' ), karakter 'L' dan 'O' akan dikonversi ke dalam nilai integer (bilangan bulat). Proses ini disebut dengan perluasan konversi tipe data primitif. Setelah nilai string (L dan O) dikonversi ke dalam nilai integer, maka nilai dari kedua karakter tersebut akan dijumlahkan sebagai angka ('L' bernilai 76 dan 'O' bernilai 79) dan hasilnya adalah 155 yang kemudian ditampilkan pada layar monitor sebagai output.

Tebak nilai output dari kode program berikut ini:

Output:
YOLO

Penjelasan:
Hasil dari kompilasi adalah karakter YOLO ketimbang menghasilkan output YO7679. Hal ini terjadi karena perluasan konversi tipe data primitif hanya terjadi ketika operator seperti '+' menampilkan setidaknya dua tipe data integer pada kedua sisi.

Perluasan konversi tipe data primitif diterapkan untuk mengkonversi salah satu atau kedua operand sebagai spesifikasi dari aturan berikuti ini. Hasil yang terjadi jika menambahkan Java char, short, atau byte adalah int.

satu, Jika salah satu operand bertipe double, maka yang lainnya akan dikonversi ke tipe double.
dua, Jika salah satu operand bertipe float, maka yang lainnya akan dikonversi ke tipe float.
tiga, Jika salah satu operand bertipe long, maka yang lainnya akan dikonversi ke tipe long.
empat, jika tidak, maka kedua tipe operand akan dikonversi ke tipe int.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense