Rabu, April 03, 2019

Beberapa Cara Untuk Menciptakan Objek pada Java

Java menyediakan cetak biru dari objek. Sebuah objek dapat diciptakan dari sebuah class. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menciptakan objek pada Java.

Berikut beberapa cara untuk menciptakan objek pada Java:
satu, Menggunakan keyword new: Menggunakan keyword new adalah cara paling dasar untuk menciptakan sebuah objek. Cara ini adalah cara yang paling umum untuk menciptakan objek pada Java. Hampir 99% dari objek yang diciptakan di dalam Java diciptakan dengan cara ini. Dengan menggunakan metode ini dapat dipanggil constructor apapun yang ingin digunakan tanpa menggunakan argument atau parameter constructor.

Output:
GeeksForGeeks

dua, Menggunakan Instance New: Jika telah diketahui nama dari sebuah class dan jika class tersebut telah dibuat dalam bentuk public default constructor maka dapat diciptakan objek menggunakan Class.forName. Metode ini juga bisa digunakan untuk menciptakan objek dari sebuah class. Class.forName pada dasarnya akan melakukan load Class dalam Java tetapi tidak menciptakan objek apapun. Untuk menciptakan sebuah objek dari class harus menggunakan new Instance Method dari class.

Output:
GeeksForGeeks

tiga, Menggunakan clone() method: dimanapun clone() dipanggil pada sebuah objek, maka JVM akan menciptakan objek baru dan menduplikasi semua konten dari objek terdahulu ke dalam objek baru tersebut. Penciptaan sebuah objek menggunakan clone method tidak memerlukan constructor apapun.

Untuk menggunakan methodClone() pada sebuah objek dibutuhkan implement cloneable dan pendefinisian method clone didalamnya.

Output
GeeksForGeeks

catatan:
* Program ini diciptakan duplikasi dari objek yang telah diciptakan dan tidak menciptakan sebuah objek baru.
* Class membutuhkan implement cloneable interface jika tidak maka akan mengeluarkan pesan CloneNotSupportedException.

empat, Menggunakan deserialisasi: dimanapun objek diserialisasi dan dideserialisasi, JVM akan menciptakan objek yang terpisah. Dalam deserialisasi, JVM tidak menggunakan constructor apapun untuk menciptakan sebuah objek.

Untuk deserialisasi objek dibutuhkan implement interface serialisasi dalam class.
Serialisasi Objek:

Objek dari DeserializationExample class adalah serialisasi menggunakan writeObject() method dan disimpan pada file.txt file.

Deserialisasi dari objek:
Output:
GeeksForGeeks

lima, Menggunakan newInstance() method dari class constructor: hal sama seperti penggunaan newInstance() method dari sebuah class. Terdapat sebuah newInstance() method pada java.lang.reflect.Constructor class yang dapat digunakan untuk menciptakan sebuah objek. Method tersebut dapat memanggil constructor berparameter dan private constructor dengan menggunakan metode newInstance() method.

Kedua newInstance() method dikenal sebagai cara reflektif untuk menciptakan objek. Faktanya, newInstance() method dari class internal menggunakan newInstance() method dari class constructor.


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense