Jumat, Agustus 30, 2019

HTML geolokasi

Geo-lokasi pada HTML5 digunakan untuk berbagi lokasi dengan beberapa web dan mengetahui lokasi atau posisi nyata suatu tempat. Secara umum digunakan untuk bisnis lokal, rumah makan, atau memperlihatkan lokasi tertentu pada peta. Fitur ini menggunakan JavaScript untuk memberikan latitude dan longitude ke bagian backend server. Kebanyakan web browser sudah dapat mendukung penggunaan API geo-lokasi. API geo-lokasi menggunakan objek navigator global yang akan dibuat sebagai berikut:

var loc = navigator.geolocation

Contoh:

var loc = navigator.geolocation;
function getLoc() {
loc.getCurrentPosition(showLoc, errHand);
}

Fungsi yang telah dituliskan sebelumnya juga dapat ditulis tanpa membuat objek navigator seperti diperlihatkan sebagai berikut:

function getlocation(){
navigator.geolocation.getCurrentPosition(showLoc, errHand);
}

Menampilkan lokasi menggunakan geolokasi HTML: Berikut kode program untuk menampilkan lokasi terkini dengan bantuan dari latitude dan longitude menggunakan HTML gelokasi.

Output:
menampilkan latitude dan longitude pada html
Gambar 1 latitude dan longitude pada html

Penanganan Error dan Penolakan: sangat penting untuk melakukan penanganan error pada geolokasi dan menampilkan pesan peringatan ketika terdapat error. Fungsi seperti getCurrentPosition() digunakan untuk menangani error (fungsi errHand digunakan seperti contoh berikut ini). Fungsi PositionError yang digunakan oleh error handler memiliki dua properti yang memungkinkan fungsi untuk menangani error secara efisien: yaitu
satu, Code
dua, Message

Error yang biasa dihasilkan pada geolokasi:
penanganan error dan penolakan pada fitur geolokasi pada html
Gambar tabel 1

Contoh:
Output:
error handling pada penanganan error pada html
Gambar 2 error handling pada geolokasi html

Menampilkan hasil pencarian lokasi ke dalam peta: Menampilkan lokasi pada sebuah peta merupakan suatua hal yang sangat menarik untuk dikerjakan. Pelayanan ini digunakan untuk menyediakan lokasi nyata pada peta.
Contoh:

Output:
menampilkan peta pada geolokasi html
Gambar 3 menampilkan lokasi pada peta

Properti Lokasi: Gambar tabel berikut ini menentukan properti yang digunakan dalam getCurrentPosition() dan nilai kembali yang diberikan dari fungsi tersebut.

gambar properti lokasi pada html
Gambar tabel 2

Method geolokasi: geolokasi memiliki beberapa method yang dapat membuatnya menjadi lebih menarik dan lebih mudah untuk digunakan.

penggunaan method geolokasi untuk memudahkan penentuan lokasi pada html
Gambar tabel 3





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D