[ HTML ] [ Java ] [ Bahasa C ]


Kamis, Agustus 22, 2019

HTML paragraf

Tag <p>:
Tag <p> pada HTML mendefinisikan sebuah paragraf. Tag ini memiliki bagian pembukaan dan penutupan. Sehingga teks apapun yang terletak diantara tag <p> dan </P> akan diperlakukan sebagai paragraf. Kebanyakan browser membaca sebuah baris sebagai sebuah paragraf meskipun tidak menggunakan tag penutup seperti </P>, tetapi mungkin saja terdapat hasil yang tidak terduga pada hasil program. Sehingga, merupakan suatu kebiasaan yang baik untuk selalu menggunakan tag penutup pada akhir paragraf </p>.

Sintak:
<p> Content </p>

Contoh:

Output:
penggunaan paragraf dengan menggunakan elemen <p>
Gambar 1 penggunaan paragraf

Ketika memerhatikan sebuah laman web, dapat dilihat bahwa terdapat beberapa space atau ruang yang ditambahkan sebelum dan sesudah sebuah paragraf. HTML melakukan hal tersebut secara otomatis. Perhatikan beberapa properti dari tag paragraf berikut:

satu, Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tag <p> secara otomatis menambahkan ruang sebelum dan sesudah paragraf apapun, yang secara dasar menambahkan margin pada browser.
dua, Jika pengguna menambahkan lebih dari satu space atau ruang, maka browser akan menguranginya menjadi sebuah space tunggal.
tiga, Jika pengguna menambahkan lebih dari satu line atau baris, maka browser akan menguranginya menjadi sebuah baris tunggal.

Contoh:

Output:
membuat paragraf multi baris pada laman html
Gambar 2 paragraf dengan multi baris

Tag <br>:
Terdapat sebuah cara untuk membuat HTML dapat mengetahui dimana browser membutuhkan pergantian baris menggunakan tag <br>. Tag ini tidak memiliki tag penutup. Sehingga, hanya menggunakan sebuah tag pembukaan saja dapat mengganti ke baris yang baru.

Sintak:
<br>

Contoh:

Output:
menggunakan br untuk melakukan fungsi enter
Gambar 3 paragraf multi baris dan menghilangkan baris berlebih atau enter

Atribut <align>:
Tag <p> secara khusus membantu mensejajarkan atribut dan memungkinkan untuk mengarahkan paragraf pada bagian kiri, kanan, dan tengah.
Sintak:
<p align="value">

Contoh:

Output:
menggunakan atribut align untuk mengubah posisi paragraf pada laman web
Gambar 4 mengubah posisi paragraf

Elemen <pre>:
Sebelumnya, telah dipelajari bagaimana sebuah tag paragraf dapat mengacuhkan semua perubahan dari baris dan ruang tambahan yang terdapat pada paragraf, tetapi terdapat sebuah cara untuk tetap dapat mempertahankan perubahan tersebut dengan menggunakan tag <pre>. Tag ini juga mengandung pembukaan dan penutupan tag. Tag ini menampilkan sebuah teks dengan ukuran panjang dan lebar yang sesuai dan mempertahankannya.

Sintak:
<pre> Content </pre>

Contoh:

Output:
mempertahankan fungsi paragraf menggunakan elemen <pre> pada html
Gambar 5 mempertahankan variasi paragraf

Beberapa browser yang mendukung penggunaan dari tag tersebut:
satu, Google Chrome
dua, Internet Explorer
tiga, Firefox
empat, Opera
lima, Safari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D