[ HTML ] [ Java ] [ Bahasa C ]


Jumat, Agustus 30, 2019

HTML Text Formatting

HTML menyediakan kemampuan untuk melakukan format teks seperti yang biasa dilakukan pada MS Word atau aplikasi edit teks lainnya. Pada artikel ini, akan dibahas beberapa jenis pilihan untuk melakukan format teks.

satu, Membuat teks Bold atau Strong: dapat dilakukan pemformatan teks menjadi bold menggunakan tag <b>. Tag bold menggunakan pembukaan tag dan penutupan tag. Teks yang akan dibuat menjadi bold harus menggunakan tag <b> dan tag </b>.

Dapat juga digunakan tag <strong> untuk membuat teks menjadi strong, untuk penekanan pada kata yang penting pada kalimat. Tag yang digunakan adalah <strong> dan diakhiri dengan tag </strong>.

Contoh:
Output:
melakukan pemformatan teks pada html
Gambar 1 melakukan format teks

dua, Membuat teks menjadi Italic atau Emphasize: Tag <i> digunakan untuk membuat teks menjadi Italic (miring). Tag dibuka dengan <i> dan diakhiri dengan </i>.

Tag <em> digunakan untuk membuat teks menjadi emphasize, yang dimulai dengan tag <em> dan diakhiri dengan </em>.

contoh:
Output:
membuat tulisan italic dan emphasize
Gambar 2 membuat tulisan Italic dan Emphasize

tiga, Highlight teks: Pada HTML dimungkinkan untuk melakukan highlight teks menggunakan tag <mark>. Tag dimulai dengan <mark> dan ditutup dengan </mark>. Contoh:

Output:
highlight teks
Gambar 3 membuat highlight 

empat, Membuat sebuah teks menjadi subscript atau superscript: elemen <sup> digunakan untuk superscript teks dan element <sub> digunakan untuk melakukan subscript teks. Kedua elemen tersebut memiliki pembukaan dan penutupan tag. Contoh:

Output:
membuat subscript dan superscript pada laman html
Gambar 4 membuat subscript dan superscript 

lima, Membuat ukuran teks menjadi kecil: element <small> digunakan untuk membuat teks menjadi kecil. Teks yang akan ditampilkan hurufnya dalam ukuran kecil harus dituliskan dalam tag <small> dan <\small>. Contoh:

Output:
menggunakan elemen small untuk membuat ukuran huruf pada laman html menjadi kecil
Gambar 5 Membuat ukuran teks menjadi kecil

enam, Memberi garis delete pada teks: Elemen <del> digunakan untuk membuat garis delete sepanjang teks. Elemen ini juga memiliki bagian pembukaan dan penutupan tag. Contoh:

Output:
menggunakan elemen del untuk membuat garis koreksi pada teks html
Gambar 6 membuat garis koreksi

tujuh, Menambah garis bawah teks: Elemen <ins> digunakan untuk menambah garis bawah (underline). Tag ini memiliki bagian pembukaan dan bagian penutupan. Contoh:

Output:
fungsi underline untuk membuat garis bawah teks pada laman html
Gambar 7 membuat garis bawah teks pada laman html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D