Artikel Terbaru

4 Keunggulan Utama Bitcoin

Sebelum membicarakan tentang bitcoin, terlebih dahulu mari pahami apa yang dimaksud dengan uang. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan uang? Pada dasarnya, uang adalah segala sesuatu yang mewakili nilai tertentu.

11 Atribut Utama untuk Membuat Applets pada HTML

Tag <applet> pada HTML digunakan untuk melakukan embed Java applets menuju ke dokumen HTML. Tag <applet> bersifat deprecated pada HTML 4.0, dan didukung secara penuh dan sudah tidak didukung lagi penggunaanya semenjak dikeluarkannya tipe terbaru dari HTML yaitu HTML5. Sebagai alternatif pengganti dari tag ini maka diganti dengan tag <embed> dan tag <object>.

Sintak:
<applet attribute1 attribute2....>
<param parameter1>
<param parameter2>
....
</applet>

Atribut: Tag <applet> mengambil sejumlah atribut, dengan salah satu atribut yang penting adalah atribut code. Atribut code digunakan untuk membuat link menuju Java applet dan terhubung terhadap dokumen HTML. Atribut ini menentukan nama file dari Java applet.

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<applet 

code="HelloWorld" 

width=200 

height=60>

</applet>

 

</html>


Disini dibuat program HelloWorld pada file class yang mengandung applet. Ukuran atribut width dan height menentukan ukuran lebar dan panjang dari applet dalam satuan pixel ketika atribut dibuka pada browser. Atribut yang tersedia dapat digunakan dalam konjungsi dengan tag <applet> yang diperlihatkan pada tabel 1 berikut:

Tabel 1 Atribut Tag Applet
NAMA ATRIBUTVALUEREMARK
alignleftMenentukan posisi ratan dari applet
right
top
bottom
middle
baseline
alttextMenentukan teks alternatif untuk applet
archiveURLMenenetukan lokasi dari file arsip
borderpixelsMenentukan border sekitar panel applet
codebaseURLMenentukan URL base relatif untuk applet tertentu pada atribut kode
heightpixelsMenentukan panjang dari applet
hspacepixelsMendefinisikan spasi horizontal sekitar applet
mayscriptNilai arbitary apapunMengindikasikan apakah applet Java diizinkan untuk mengakses object   script dari website atau tidak
namenameMendefinisikan nama untuk applet untuk digunakan pada script.
vspacepixelsMendefinisikan spasi vertikal sekitar applet
widthpixelsMenentukan lebar dari applet

Parameter: Pada argumen perintah baris menyiapkan jalur untuk melalui informasi menuju applet setelah parameter mulai dijalankan. Semua informasi yang tersedia untuk applet sebelum dimulai berstatus hard-code. Parameter membuat kemungkinan untuk melakukan generate dan menggunakan data selama runtime pada applet.

Sintak:
<param name=parameter_name value=parameter_value>

Nama ditentukan untuk nama atribut dari tag parameter yang digunakan oleh kode applet sebagai sebuah variabel menuju akses nilai parameter yang ditentukan dalam nilai atribut. Pada solusi ini, applet mampu berinteraksi dengan laman HTML ketika telah di-embed, dan dapat bekerja pada nilai yang disediakan untuk parameter oleh laman selama waktu runtime.

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<applet 

code="HelloWorld" 

width=200 

height=60>

 

<param 

name="message" 

value="HelloWorld">

 

</applet>

 

</html>


Pada penggalan kode program sebelumnya, file applet HelloWorld dapat menggunakan pesan nama variabel untuk mengakses nilai yang tersimpan didalamnya.

Catatan: Masih terdapat beberapa browser yang mendukung penggunaan tag <applet> dengan bantuan plug-in tambahan agar applet tersebut dapat bekerja. Internet Explorer 11 dan versi sebelumnya dapat digunakan dengan bantuan pemasangan plug-in.

Komentar

  1. Apa fungsi tag applet pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tag applet pada html digunakan untuk menyematkan applet Java ke dalam dokumen HTML apapun. Artibut kode pada tag applet digunakan untuk menautkan applet pada html dan juga digunakan untuk menentukan nama file applet Java.

      Hapus
  2. Bagaimana cara menjalankan applet pada halaman html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menjalankan applet pada browser atau JDK applet viewer, maka applet perlu ditambahkan ke halaman html dengan menggunakan tag < applet >. User kemudian menentukan URL halaman html ke browser atau ke applet viewer.

      Hapus
  3. Apa fungsi atribut applet pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. CODE, CODEBASE, dan lain sebagainya merupakan atribut dari tag applet. Atribut tersebut digunakan untuk memberikan informasi browser tentang applet. Satu-satunya atribut wajih yang harus digunakan adalah CODE, WIDTH, dan HEIGHT.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

4 Contoh Program Java dan Multiple Inheritance

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C