Kamis, September 12, 2019

Tag applet html

Tag <applet> pada HTML digunakan untuk melakukan embed Java applets menuju ke dokumen HTML. Tag <applet> bersifat deprecated pada HTML 4.0, dan didukung secara penuh dan sudah tidak didukung lagi penggunaanya semenjak dikeluarkannya tipe terbaru dari HTML yaitu HTML 5. Sebagai alternatif pengganti dari tag ini maka diganti dengan tag <embed> dan tag <object>.

Sintak:
<applet attribute1 attribute2....>
   <param parameter1>
   <param parameter2>
   ....
</applet>

Atribut: Tag <applet> mengambil sejumlah atribut, dengan salah satu atribut yang penting adalah atribut code. Atribut code digunakan untuk membuat link menuju Java applet dan terhubung terhadap dokumen HTML. Atribut ini menentukan nama file dari Java applet.


Disini dibuat program HelloWOrld pada file class yang mengandung applet. Ukuran atribut width dan height menentukan ukuran lebar dan panjang dari applet dalam satuan pixel ketika atribut dibuka pada browser.

Atribut yang tersedia dapat digunakan dalam konjungsi dengan tag <applet> sebagai berikut:

penggunaan tag applet pada html untuk embed java
Gambar 1 nilai atribut applet pada html

Parameter: Parameter terlihat sedikit sama pada argumen perintah baris secara wajar bahwa parameter-parameter tersebut menyiapkan jalur untuk melalui informasi menuju applet setelah parameter mulai dijalankan. Semua informasi yang tersedia untuk applet sebelum dimulai berstatus hard-code. Parameter membuat kemungkinan untuk melakukan generate dan menggunakan data selama runtime pada applet.

Sintak:
<param name=parameter_name value=parameter_value>

Nama ditentukan untuk nama atribut dari tag parameter yang digunakan oleh kode applet sebagai sebuah variabel menuju akses nilai parameter yang ditentukan dalam nilai atribut. Pada solusi ini, applet mampu berinteraksi dengan laman HTML ketika telah di-embed, dan dapat bekerja pada nilai yang disediakan untuk parameter oleh laman selama waktu runtime.


Pada penggalan kode program sebelumnya, file applet HelloWOrld dapat menggunakan pesan nama variabel untuk mengakses nilai yang tersimpan didalamnya, yaitu "HelloWorld".

catatan: Masih terdapat beberapa browser yang mendukung penggunaan tag <applet> dengan bantuan plug-in tambahan agar dapat bekerja. Internet Explorer 11 dan versi sebelumnya dapat digunakan dengan bantuan pemasangan plug-in.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense