Sabtu, Oktober 19, 2019

Membuat hyperlink dalam Halaman Web yang Sama

Hyperlink juga dapat digunakan untuk menuju bagian (section) tertentu dalam halaman web yang sama. Bagian yang akan dituju harus ditandai terlebih dahulu menggunakan atribut ID dalam tag <a>. Untuk dapat menuju ke bagian section yang telah ditandai, tuliskan nama bagian tersebut dalam atribut HREF dengan diawali karakter "#". Pada materi ini peserta didik akan belajar bagaimana caranya untuk membuat file html yang didalamnya terdapat hyperlink yang menuju ke file itu sendiri. Untuk memulai kegiatan, peserta didik mempersiapkan alat praktinya terlebih dahulu mulai dari perangkat komputer atau mobil yang didalamnya terdapat notepad atau teks editor yang dapat digunakan untuk membuat file html, setelah itu silahkan ikuti instruksi berikut ini:

satu, Jalankan Notepad.
dua, Ketik baris kode program berikut ini.


tiga, Simpan dengan nama "latihan14.html".
empat, Jalankan file latihan14.html pada browser.
lima, Coba klik masing-masing hyperlink yang baru saja dibuat pada latihan14.html. Hyperlink yang diklik akan langsung menuju ke laman web yang terdapat pada laman web itu sendiri pada section yang berbeda.


DAFTAR RUJUKAN

Modul HTML Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMAN 8 Semarang Edisi 1. 2020. Jawa Tengah.

5 komentar:

  1. Apa yang dimaksud dengan internal link pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Internal link adalah tautan yang berpindah dari satu laman pada domain saat ini ke laman lain pada domain yang sama. Internal link biasanya digunakan pada navigasi website jalur utama. Internal link yang berguna pada laman web karena memungkinkan pengguna untuk membuat navigasi web dan membantu membangun hierarki informasi untuk situs web dalam satu domain itu sendiri.

      Hapus

  2. Internal link adalah tautan apapun dari satu halaman situs web ke halaman situs web lain yang berada dalam satu domain. User dan mesin pencari menggunakan link internal untuk menemukan konten pada situs yang dicari. Pengguna juga menggunakan internal link untuk melakukan navigasi web dan menemukan konten yang dingin dicari yang juga digunakan oleh mesin pencari dalam mencari informasi dalam suatu situs.

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara membuat link internal dan eksternal pada laman html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link dapat dibuat pada laman html dengan menggunakan atribut HREF. User atau perancang dapat menggunakan atribut HREF untuk membuat sebuah link dalam direktori yang terdapat pada laman html itu sendiri (internal link) dan juga dapat menautkannya ke situs web lainnya (eksternal link).

      Hapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D