Sabtu, Oktober 19, 2019

Membuat Hyperlink dari Gambar

Tidak hanya teks hyperlink juga bisa dibuat dengan menggunakan gambar yang terdapat pada halaman website. Agar sebuah gambar dapat dijadikan hyperlink yang menuju ke halaman website lain, maka gambar tersebut harus ditampilkan dalam tag <A>. Fungsi dari tag <a> atau tag anchor adalah untuk menciptakan hyperlink yang menuju ke halaman website itu sendiri atau halaman website lainnya, baik melalui jaringan lokal ataupun jaringan internet. Pada materi ini peserta didik akan belajar bagaimana menggunakan gambar untuk dibuat sebagai hyperlink yang kemudian ditampilkan pada halaman website. Sebelum memulai kegiatan, peserta didik mempersiapkan alat-alat praktinya terlebih dahulu mulai dari perangkat PC atau mobile yang dapat digunakan untuk membuat file html. Setelah persiapan selesai, peserta didik dapat memulai kegiatan praktik dengan mengikuti instruksi berikut ini:

satu, Jalankan Notepad.
dua, Ketik baris kode program berikut ini.


tiga, Simpan dengan nama "latihan24.html".
empat, Jalankan file latihan24.html pada browser.
lima, Coba klik masing-masing hyperlink gambar yang baru saja dibuat pada latihan24.html. Hyperlink yang diklik akan langsung menuju ke laman web yang terdapat pada hyperlink?


DAFTAR RUJUKAN
Modul HTML Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMAN 8 Semarang Edisi 1. 2020. Jawa Tengah.

5 komentar:

  1. Untuk menggunakan gambar sebagai hyperlink pada HTML, digunakan tag IMG serta tag ANCHOR dengan menggunakan atribut HREF. Tag IMG digunakan untuk mengambil gambar pada laman web dan tag ANCOR digunakan untuk menambahkan link ke dalam gambar yang telah digunakan. Sedangkan atribut tag SRC digunakan untuk menambahkan URL link ke dalam gambar.

    BalasHapus
  2. Apa berbedaan antara IMG to link dan link to IMG?

    BalasHapus
    Balasan
    1. IMG to link maksudnya dalah menggunakan gambar sebagai alamat link. Jadi jika terdapat gambar pada laman web, maka gambar tersebut dapat diklik dan akan mengarahkan pengguna ke alamat lain yang telah ditentukan.

      Sedangkan

      Link to IMG adalah sebuah link yang bisa saja berbentuk teks ataupun gambar yang didalamnya berisi pintasan atau link ke alamat lain pada website.

      Hapus
  3. Apa yang membuat link mengalami error atau tidak bisa digunakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak faktor yang membuat link mengalami masalah ke tika di klik,

      1. bisa jadi URL yang ditautkan tidak lengkap penulisannya atau salah ketik.
      2. URL yang dituju atau alamat web yang dituju memang sudah tidak ada atau sudah non aktif.
      3. Koneksi internet.
      4. Firewal atau proxy yang membatasi akses ke suatu alamat web tertentu yang tenyata dituju oleh url.
      dan lain sebagainya.

      Hapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense