Minggu, Oktober 20, 2019

Mengatur heading

Salah satu tahapan yang harus diperhatikan dalam pembuatan artikel adalah judul. Judul merupakan sebuah karangan faktual yang berisi gagasan dalam bentuk ringkas yang digunakan sebagai pengantar untuk bagian ini artikel yang lebih lengkap atau lebih komplek. Pada laman web, judul biasanya dibuat dengan ukuran huruf yang lebih besar dibanding dengan bagian bagian isi. Untuk dapat membuat ukuran tampilan judul dapat terlihat lebih besar dari pada teks isi maka digunakan tag <H1> atau tag heading.  Tag <H1> adalah tag yang digunakan untuk menentukan Heading 1 dengan ukuran paling besar. Terdapat enam jenis variasi dari elemen Heading mulai dari H1, H2, H3,..., dan H6. Tag <H6> digunakan untuk menentukan Heading 6 dengan paling kecil. 

Pada materi kali ini peserta didik akan belajar bagaimana caranya mengubah ukuran huruf atau teks pada laman web sehingga menjadi lebih besar ataupun juga menjadi lebih kecil dari ukuran teks normal. Untuk dapat memahapi proses pembuatan tersebut, peserta didik dipersilahkan untuk mempersiapkan alat-alat praktiknya berupa perangkat komputer baik PC ataupn Mobile peserta perangkat editor berupa notepad ataupun sejenisnya yang bisa digunakan untuk membuat kode HTML. Setelah siap, maka silahkan ikuti instruksi berikut ini:

satu, Jalankan Notepad.
dua, Ketik baris-baris kode program berikut ini.


tiga, Simpan dengan nama "latihan8.html".
empat, Jalankan file latihan8.html, seperti diperlihatkan pada gambar 1.

penggunaan teks heading pada html
Gambar 1 mengatur heading pada html



DAFTAR RUJUKAN

Modul HTML Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMAN 8 Semarang Edisi 1. 2020. Jawa Tengah.

7 komentar:

  1. Apa fungsi tag heading pada laman html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tag heading digunakan dalam html untuk menentukan judul suatu halaman. Tag heading memiliki fungsi yang sangat penting dalam struktur penulisan html. File html dapat dipahami sebagai suatu kombinasi note, dimana tag heading adalah titik awal dari satu node ke note lainnnya ataupun dalam bentuk percabangan.

      Hapus
  2. Untuk mempermudah pemahaman fungsi dari penggunaan tag heading. Pikirkan atau bayangkan bahwa tag heading adalah sebuah garis besar yang melintang pada tulisan atau konten yang dibuat. Heading adalah tag html yang berfungsi untuk menunjukkan tajuk utama pada halaman web. Tag H1, atau heading 1, adalah nama atau judul yang terdapat dalam konten.

    BalasHapus
  3. Heading tag html terdiri dari enam tingkatan heading. Dimana, setiap tingkatan heading tersebut menyiratkan perubahan dari ukuran font, jeda paragraf sebelum dan sesudah, dan spasi kosong apapun yang diperlukan untuk merender heading. Unsur-unsur tingkatan heading adalah dimulai dari H1, H2, H3, H4, H5, dan terakhir H6. Dengan H1 adalah heading dengan lever tertinggi, dan H6 adalah heading dengan level terendah.

    BalasHapus
  4. Mengapa heading perlu digunakan dalam laman html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena heading dapat:

      1. digunakan untuk menyediakan struktur tulisan yang berbeda-beda, sehingga memberikan struktur dan konteks yang bervariasi dalam penulisan artikel atau paragraf.

      2. digunakan untuk memecah teks.

      3. digunakan untuk mengoptimalkan tampilan cuplikan unggulan dalam artikel.

      4. digunakan untuk menjaga agar struktur penulisan tetap dapat konsisten ukuran tampilannya.

      5. digunakan untuk membuat tulisan lebih menarik

      Hapus
    2. Heading perlu digunakan dalam laman html karena element tag heading ini memiliki 6 tingkatan yang berurutan dan bisa digunakan untuk menambah ke struktur halaman web.

      Hapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense