Sabtu, Oktober 19, 2019

Menggabungkan sel tabel

Untuk dapat menggabungkan dua buah sel dalam sebuah tabel dapat digunakan atribut COLSPAN dan ROWSPAN pada tag <td> dalam kode html. COLSPAN adalah atribut yang digunakan untuk menggabungkan dua buah kolom yang terdapat dalam satu baris tabel. Sedangkan ROWSPAN adalah atribut yang digunakan untuk menggabungkan dua buah baris dari satu tabel. Penggunaan COLSPAN dan ROWSPAN juga dapat digunakan secara kombinasi atau bersamaan. Pada materi ini peserta didik akan belajar bagaimana cara untuk menggabungkan dua buah kolom atau baris pada tabel dengan menggunakan kode html. Sebelum memulai kegiatan belajar, peserta didik mempersiapkan alat-alat praktiknya terlebih dahulu mulai dari PC atau perangkat mobile yang didalamnya terdapat aplikasi Notepad atau teks editor yang dapat digunakan untuk membuat file html. Setelah proses persiapan selesai, peserta didik dapat mulai melakukan kegiatan praktik dengan mengikuti instruksi sebagai berikut:

satu, Jalankan Notepad.
dua, Ketik baris kode program berikut ini.


tiga, Simpan dengan nama "latihan35.html".
empat, Jalankan file latihan35.html pada browser.


DAFTAR RUJUKAN

Modul HTML Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMAN 8 Semarang Edisi 1. 2020. Jawa Tengah.

5 komentar:

  1. Apa fungsi rowspan pada tabel html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atribut baris ROWSPAN pada html digunakan untuk menentukan jumlah baris yang harus diatur pada cel tabel. Jika sebuah baris terdiri dari dua, maka salah satunya dapat memakan ruang dari dua baris tersebut dalam sebuah tabel menggunakan ROWSPAN. Hal ini memungkinkan untuk sel tabel tunggal untuk menjangkau ketinggian yang lebih dari satu sel atau baris.

      Hapus
  2. ROWSPAN dan COLSPAN adalah bagian dari tag TD dalam TABEL HTML yang digunakan untuk menentukan jumlah baris ataupun jumlah kolom yang harus disediakan pada sebuah tabel atau sel.

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara memberi batas pada tabel yang tidak terlihat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup kecilkan nilai batas tabel dan hapus batas tersebut dari sel tabel pada elemen TD. Jika proses tersebut tidak dilakukan secara eksplisit maka melakukan pengaturan border-collapse antar browser tidak bisa dilakukan.

      Hapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense