Artikel Terbaru

2 Jenis Utama Rasa Percaya dalam Soft Skills Bisnis dan Pekerjaan

Bayangkan jika seseorang menyebutkan kata pebisnis, jika mendengar kata tersebut, sebagian besar orang mungkin akan membayangkan seseorang dengan sebuah setelan jas yang rapi, yang selalu berangkat kerja pada pukul 7.00 hingga 8.00, atau mungkin juga tentang seseorang yang lain seperti agen periklanan yang menjual produk tertentu melalui YouTube, atau bisa juga seseorang yang terlihat sama seperti anda, atau mungkin juga tidak. Tapi, jika dipahami secara umum, pada dasarnya semua orang adalah pebisnis dalam setiap urusan bisnisnya masing-masing.

Bagaimana Peran dan Penggunaan Scope Variabel pada Bahasa C

Pada bahasa C, variabel selalu bersifat statik scope, dengan kata lain pengikatan variabel dapat ditentukan oleh teks program dan tidak tergantung pada tumpukan panggilan fungsi runtime. Contohnya, output program berikut ini adalah bernilai 0 atau dengan kata lain return fungsi tidak tergantung pada fungsi mana yang memanggilnya. f() selalu mengembalikan nilai variabel global x.

/* peran dan kegunaan scope

 variabel pada bahasa C */

# include <stdio.h>

 

int x = 0;

int f()

{

return x;

}

int g()

{

int x = 1;

return f();

}

int main()

{

printf("%d", g());

printf("\n");

getchar();

}

Komentar

  1. Apa yang dimaksud dengan Scope pada bahasa pemrograman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scope dalam bahasa pemrograman merupakan batasan yang dapat diakses oleh sebuah program, dimana diluar dari Scope tersebut program atau variabel apapun tidak bisa mengakses ke bagian dalam dengan cara apapun kecuali mendapatkan suatu otoritas tertentu dari program.

      Hapus
  2. Apakah jenis Default Scope yang digunakan pada bahasa pemrograman c?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada sebagian besar bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa C, C++, dan Java, variabel selalu dibatasai secara statis, dimana pengikatan variabel dapat ditentukan oleh teks program dan tidak bergantung pada pemanggilan fungsi-fungsi runtime.

      Hapus
  3. Scope mengacu pada visibiltias variabel dan metode di suatu bagian program terhadap bagian program yang lain dari program itu sendiri. Peran dan makna dari Scope bervariasi pada setiap bahasa pemrograman, tetapi terdapat dua konsep yang umum yang dimiliki oleh sebagian besar bahasa pemrograman terhadap makna dari Scope itu sendiri yaitu: Scope global dan Scope lokal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scope global dimana isi dari Scope program tersebut dapat diakses dari luar scope,

      sedangkan scope lokal hanya bisa diakses oleh lingkungan Scope itu sendiri.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Hot Artikel!!!

6 Contoh Program Method Overloading pada Java

Enkapsulasi pada Java

4 Tipe Utama Acces Modifier pada Java