[ HTML ] [ Java ] [ Bahasa C ]


Minggu, Mei 02, 2021

Fungsi %n Printf pada Bahasa C

Pada bahasa C untuk fungsi printf(), terdapat specifier %n yang digunakan untuk mencetak hasil input. Karena printf() memproses variabel yang ditunjuk oleh argumen koresponden dengan sebuah nilai yang setara dengan angka dari karakter yang telah dicetak oleh printf() sebelum muncul %n.

#include<stdio.h>

 

int main()

{

int c;

 

printf("Indonesia untuk"

" %nBambang ", &c);

printf("%d", c);

getchar();

 

return 0;

}


Program sebelumnya akan mencetak "Indonesia untuk Bambang 16". printf() pertama mencetak "Indonesia untuk Bambang". Sedangkan printf() kedua mencetak "16" karena ada 16 karakter yang dicetak sebelum muncul %n pada printf() yang pertama dan variabel c diatur dengan nilai 16 oleh printf() pertama.

5 komentar:

  1. Apa fungsi %n pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam bahasa C, %n adalah penentu format khusus. Hal ini menyebabkan printf() memuat variabel yang ditunjukkan oleh argumen yang sesuai.

      Hapus
  2. Pada bahasa C, %n merupakan specifier untuk penentu format khusus. Dalam kasus fungsi printf(), %n digunakan untuk menetapkan jumlah karakter yang dicetak oleh printf().

    BalasHapus
  3. Apa perbedaan antara %n dan \n pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. %n pada bahasa C merupakan specifier yang digunakan untuk menetapkan jumlah karakter yang dicetak oleh printf(), sedang kan \n merupakan statement break yang digunakan untuk menampilkan suatu kata atau kalimat pada baris baru pada layar monitor (seperti tombol enter).

      Hapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D