Artikel Terbaru

4 Keunggulan Utama Bitcoin

Sebelum membicarakan tentang bitcoin, terlebih dahulu mari pahami apa yang dimaksud dengan uang. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan uang? Pada dasarnya, uang adalah segala sesuatu yang mewakili nilai tertentu.

Fakta dan Mitos Keyword Integer pada Bahasa C

Pada bahasa pemrograman C, keyword integer atau 'int' biasa digunakan untuk mendefinisikan bilangan bulat positif atapun negatif. Tetapi terdapat perbedaan antara bilangan bulat dan angka-angka yang akan ditampilkan dengan menggunakan keyword 'int'. Tidak setiap bilangan bulat dapat ditampilkan dengan menggunakan keyword 'int'. Menurut MinGW ukuran dari 'int' adalah 4 byte yang setara dengan 32 bit dimana 1 byte setara dengan 8 bit.

Masih merupakan sebuah mitos bahwa 'int' dapat digunakan untuk menampilkan bilangan bulat atau 'int' hanya terbatas pada jumlah dari ukuran memori yang digunakan untuk menyimpan angka yang ditampilkanya. Variabel tipe 'int' pada bahasa C mampu menyimpan hanya sampai 2147483647. Jika nilai atau angka yang disimpan melebihi dari angka yang telah disebutkan, maka integer atau 'int' akan gagal menyimpan angka secara akurat bahkan tidak benar sama sekali. 'int' adalah tipe data dengan ukuran 32 bit. Dimanapun posisi sebuah angka atau nilai yang ditetapkan dengan tipe variabel integer, maka nilai tersebut akan dikonversi terlebih dahulu ke tipe binary kemudian akan disimpan pada lokasi memori spesifik. 'int' pada dasarnya terdiri dari 1 tanda bit + 31 data bit, dimana 31 data bit tersedia untuk penyimpanan angka yang akan ditetapkan sebagai tipe 'int' dan 1 bit lagi menjadi cadangan untuk menjaga tanda dari angka apakah akan bernilai positif atau negatif. Tanda juga ditampilkan oleh digit binary, 0 untuk tanda positif dan 1 untuk tanda negatif.

Mari pahami penggunaan int melalui contoh berikut.
Contoh:

int num= 2147483647;

Pada tahapan ini nilai 2147483647 akan dikonversi menjadi tipe binary yang setara dengan nilai:

1111111111111111111111111111111

1111111111111111111111111111111 adalah 31 digit angka biner yang akan ditetapkan untuk variabel num 31 bit dan bit ke 32 akan memiliki nilai 0 sebagai penanda untuk variabel num bernilai positif. Jika pada variabel tersebut disimpan angka yang nilainya lebih dari 2147483647 dengan tipe variabel 'int', maka informasi yang disimpan pada variabel tersebut dapat berubah atau hilang.

Komentar

  1. Tipe data integer merupakan tipe data yang bekerja paling efisien dengan target prosessor. Dimana tipe data ini memungkinkan fleksibilitas yang tinggi.

    BalasHapus
  2. Apa yang dimaksud dengan tipe data integer?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipe data integer adalah tipe data bilangan bulat yang dapat memiliki nilai no, positif, dan negatif tetapi tidak dapat memiliki nilai desimal. Contoh, 0, 5, -10.

      Tipe data integer bisa digunakan untuk mendeklarasikan tipe data bilangan bulat yang akan digunakan pada program. 'int' adalah ID yangd igunakan untuk variabel dengan tipe data integer atau bilangan bulat.

      Hapus
  3. Apa yang dimaksud dengan 64bit integer dalam bahasa pemrograman C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah tipe data unisgned yang hanya terdiri dari 32 bit tidak dapat menyimpan data melebihi kapasitas tersebut. Untuk dapat menangani kekurangan tersebut maka bilangan bulat atau integer disimpan dalam tipe data yang lebih besar, tipe data tersebut terpisah untuk menangani bilangan bulat 64 bit yang dapat digunakan dalam bahasa pemrograman C. Tipe data long dapat digunakan untuk menangani tipe data integer untuk kapasitas yang lebih besar dengan cara mengijinkan kompilator untuk menyimpan nomor atau angka dalam dua register (bukan satu).

      Hapus
  4. Tapi untuk nilai 2^31 adalah bilangan genap, benarkan? karena 31 adalah biner high sesuai dengan 214.74.83.684. Lantas kenapa ditulis 214.74.83.647? ada yang bisa jelaskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena jumlah total yang mungkin adalah 2147483648. Dimana rentang nilai adalah 0 hingga 2147483647.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

4 Contoh Program Java dan Multiple Inheritance

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C