Langsung ke konten utama

Iklan





Keyword Integer pada Bahasa C

Pada bahasa pemrograman C, keyword integer atau 'int' biasa digunakan untuk mendefinisikan bilangan bulat positif atapun negatif. Tetapi terdapat perbedaan antara bilangan bulat dan angka-angka yang akan ditampilkan dengan menggunakan keyword 'int'. Tidak setiap bilangan bulat dapat ditampilkan dengan menggunakan keyword 'int'. Menurut MinGW ukuran dari 'int' adalah 4 byte yang setara dengan 32 bit dimana 1 byte setara dengan 8 bit.

Masih merupakan sebuah mitos bahwa 'int' dapat digunakan untuk menampilkan bilangan bulat atau 'int' hanya terbatas pada jumlah dari ukuran memori yang digunakan untuk menyimpan angka yang ditampilkanya. Variabel tipe 'int' pada bahasa C mampu menyimpan hanya sampai 2147483647. Jika nilai atau angka yang disimpan melebihi dari angka yang telah disebutkan, maka integer atau 'int' akan gagal menyimpan angka secara akurat bahkan tidak benar sama sekali. 'int' adalah tipe data dengan ukuran 32 bit. Dimanapun posisi sebuah angka atau nilai yang ditetapkan dengan tipe variabel integer, maka nilai tersebut akan dikonversi terlebih dahulu ke tipe binary kemudian akan disimpan pada lokasi memori spesifik. 'int' pada dasarnya terdiri dari 1 tanda bit + 31 data bit, dimana 31 data bit tersedia untuk penyimpanan angka yang akan ditetapkan sebagai tipe 'int' dan 1 bit lagi menjadi cadangan untuk menjaga tanda dari angka apakah akan bernilai positif atau negatif. Tanda juga ditampilkan oleh digit binary, 0 untuk tanda positif dan 1 untuk tanda negatif.

Mari pahami penggunaan int melalui contoh berikut.
Contoh:

int num= 2147483647;

Pada tahapan ini nilai 2147483647 akan dikonversi menjadi tipe binary yang setara dengan nilai:

1111111111111111111111111111111

1111111111111111111111111111111 adalah 31 digit angka biner yang akan ditetapkan untuk variabel num 31 bit dan bit ke 32 akan memiliki nilai 0 sebagai penanda untuk variabel num bernilai positif. Jika pada variabel tersebut disimpan angka yang nilainya lebih dari 2147483647 dengan tipe variabel 'int', maka informasi yang disimpan pada variabel tersebut dapat berubah atau hilang.


Iklan

Komentar

  1. Tipe data integer merupakan tipe data yang bekerja paling efisien dengan target prosessor. Dimana tipe data ini memungkinkan fleksibilitas yang tinggi.

    BalasHapus
  2. Apa yang dimaksud dengan tipe data integer?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipe data integer adalah tipe data bilangan bulat yang dapat memiliki nilai no, positif, dan negatif tetapi tidak dapat memiliki nilai desimal. Contoh, 0, 5, -10.

      Tipe data integer bisa digunakan untuk mendeklarasikan tipe data bilangan bulat yang akan digunakan pada program. 'int' adalah ID yangd igunakan untuk variabel dengan tipe data integer atau bilangan bulat.

      Hapus
  3. Apa yang dimaksud dengan 64bit integer dalam bahasa pemrograman C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah tipe data unisgned yang hanya terdiri dari 32 bit tidak dapat menyimpan data melebihi kapasitas tersebut. Untuk dapat menangani kekurangan tersebut maka bilangan bulat atau integer disimpan dalam tipe data yang lebih besar, tipe data tersebut terpisah untuk menangani bilangan bulat 64 bit yang dapat digunakan dalam bahasa pemrograman C. Tipe data long dapat digunakan untuk menangani tipe data integer untuk kapasitas yang lebih besar dengan cara mengijinkan kompilator untuk menyimpan nomor atau angka dalam dua register (bukan satu).

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D