Langsung ke konten utama

Pemisahan Baris pada Bahasa C

Ketika membuat program, terkadang kita memberikan perintah tentang cara kerja dari kode program pada bagian komentar dengan bantuan dari tanda baris komentar //. Tetapi tidak pernah terpikirkan jika akhir dari baris komentar jika digunakan karakter \ akan hal apa yang akan terjadi? hal yang akan terjadi adalah line splicing. Dimana line akan dimatikan oleh \ akan dipisahkan bersama dengan baris selanjutnya pada awal proses dari translasi.

Pada dasarnya dimanapun pada bagian akhir dari baris komentar, jika digunakan karakter \ maka akan menghapus karakter backlash dan baris kode sebelumnya hanya dari seluruh program atau kita dapat mengatakan bahwa ending \ membuat baris baru juga sebagai komentar untuk kompilator.

// Program bahasa C untuk mengilus-

// trasikan konsep pemisahan baris.

#include <stdio.h>

 

int main()

{

// Pemisahan baris\

printf("Hello Marni\n");

printf("siapa kamu");

return (0);

} 

Output:
siapa kamu

Penjelasan: Dapat dilihat bahwa program sebelumnya menggunakan karakter \ pada bagian akhir dari komentar. Maka baris selanjutnya dari kode program akan diperlakukan sebagai komentar pula pada program dan hanya akan menghasilkan output berupa tulisan welcome.

Komentar

  1. apa fungsi line splicing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan menggunakan line splicing maka programmer akan lebih mudah untuk melakukan pemotongan bari komentar yang dibuat pada sebuah baris program.

      Hapus
    2. Biar gampang potong baris komentar, dari pada pake '//' lebih hemat pake '\'.

      Hapus
  2. Saya perhatikan setiap contoh kode program yang diberikan pada blog ini masing menggunakan karakter '//' untuk komentar pada baris baru? kenapa demikian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka-suka dong, setiap orang kan punya gaya penulisannya masing-masing, selama ga error ya ga masalah,,,

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D