Langsung ke konten utama

Pengenalan Bahasa C

C adalah bahasa pemrograman prosedural. Bahasa c awalnya dikembangkan oleh Dennis Ritchie antara tahun 1969 hingga tahun 1973 (Kernighan dan Dennis. 1978). Awalnya bahasa C dikembangkan untuk sistem bahasa pemrograman pada sistem operasi. Fitur utama dari bahasa C termasuk diantaranya adalah low-level access menuju memori, sekumpulan keyword sederhana, dan clean style, fitur ini membuat bahasa C sangat cocok untuk sistem pemrograman seperti sistem operasi atau pengembangan kompilator.

Di masa pengembangan selanjutnya, banyak bahasa pemrograman yang menggunakan sintak atau fitur dari bahasa C baik itu secara langsung atapun tidak langsung. Seperti sintak pada Java, PHP, JavaScript dan masih banyak lagi bahasa pemrograman yang sintaknya berbasis dari bahasa C. C++ adalah mengembangan lanjutan dari bahasa C.

Memulai pemrograman bahasa C:
satu, Struktur dari bahasa C
Secara Struktur, bahasa C hanya bisa membuat program dalam bentuk perintah struktur atau program berbasis skrip, berusahama membuat program dengan bentuk struktur yang lebih komplek dapat mengarahkan pada hasil program yang error. Gambar 1 memperlihatkan struktur program dari bahasa C.


Berikut penjelasan komponen struktur program:

pertama, Header file inklusi: Bagian pertama dan terpenting adalah inklusi dari file header dari bahasa C. Sebuah file header dengan ekstensi .h mengandung deklarasi fungsi C dan definisi makro yang dibagikan antara beberapa source file. Beberapa file header dari bahasa C adalah sebagai berikut:

stddef.h, Mendefinisikan beberapa tipe dan makro penting.
stdint.h, Mendefinisikan lebar dari tipe integer.
stdio.h, Mendefinisikan fungsi input dan output inti.
stdlib.h, Mendefinisikan fungsi konversi numerik, pseudo-random network generator, dan alokasi memori.
string.h, Mengdefinisikan fungsi handling string.
math.h, Mendefinisikan fungsi umum matematika.

kedua, Deklarasi method main: bagian selanjutnya dari bahasa C adalah pendeklarasian fungsi main(). Sintak untuk mendeklarasikan fungsi main adalah:

int main()
{}

ketiga, Deklarasi variabel: bagian selanjutnya dari bahasa C adalah deklarasi variabel. Pada bagian ini dilakukan pendefinisian variabel untuk digunakan oleh fungsi. Perlu dicatat bahwa pada bahasa C tidak ada variabel yang dapat digunakan tanpa pendeklarasian. Begitu juga dengan program bahasa C, variabel dideklarasikan sebelum operasi apapun pada fungsi.
contoh:

int main()
{
int a;
}

keempat, Body: body adalah sebuah fungsi pada bahasa C, segala bentuk operasi pada bahasa C terjadi di dalam fungsi. Bentuk operasi yang dilakukan bisa berupa apapun seperti manipulasi, pencarian, pengurutan, pencetakan, dan lain sebagainya.
contoh:

int main()
{
 int a;
printf("%d", a);
}

kelima, Statement return: bagian terakhir dari bahasa C adalah statement returnStatement return mengembalikan nilai dari fungsi. Statement return dan nilai return tergantung pada tipe return dari fungsi. Contohnya, jika tipe return adalah void, maka tidak akan memberikan statement return apapun. Dengan kata lain, akan ada statement return dan nilai return tergantung pada tipe spesifik dari tipe return.
contoh:

int main()
{
int a;
printf("%d", a);
return 0;
}



dua, Membuat program bahasa c, ikutilah instruksi dari bahasa C berikut ini:

#include <stdio.h>

int main(void)

{

 printf("tebak tebak buah manggis");

 return 0;

}

 


Analisis program sebelumnya baris per baris.
Baris satu: [#include <stdio.h>] dalam bahasa C, semua baris dimulai dengan proses preprocessing #, dimana programnya dipanggil oleh kompilator. Dalam pengertian dasar, preprocessor mengambil program C dan menghasilkan program C yang lain. Program yang dihasilkan tidak dimulai dengan tanda #, seperti halnya pada preprocessor. Pada contoh sebelumnya, preprocessor digandakan proses kode nya dari stdio.h menuju ke yang akan diproses. File .h memanggil header file pada bahasa C. File header ini umumnya mengandung deklarasi fungsi. stdio.h dibutuhkan untuk fungsi printf() pada program.

Baris dua: [int main(void)] dimulai pada titik dimana eksekusi dari program kompilasi C dimulai. Pada bahasa C, proses eksekusi pada dasarnya dimulai dengan baris pertama dari main(). Void yang ditulis pada tanda bracket mengindikasikan bahwa fungsi main tidak mengambil parameter apapun. Fungsi main() dapat ditulis untuk mengambil parameter. Pada kode program ini sebelum fungsi main mengindikasikan tipe return dari fungsi main(), nilai return oleh main mengindikasikan status dari terminasi program.

Baris tiga dan enam: [{and}] pada bahasa C; Pada bahasa C, tanda '{}' mendefinisikan scope dan fungsi utama dalam fungsi dan kendali statement seperti ifelseloops, dan lain sebagainya. Segala fungsi harus diawali dan diakhiri dengan tanda '{}'.

Baris empat: [printf("tebak tebak buah manggis");] printf() adalah library standar fungsi untuk mencetak sesuatu pada standar output. Tanda semicolon pada bagian akhir dari printf mengindikasikan baris terminasi. Pada bahasa C, semicolon selalu digunakan untuk mengindikasi bagian akhir dari statement.

Baris lima: [return 0;Statement return mengembalikan nilai dari fungsi main(). Nilai return mungkin saja digunakan oleh sistem operasi untuk mengetahui status terminasi dari program yang telah dibuat. Nilai atau value 0 umumnya bermakna terminasi telah selesai atau berhasil.

tiga, Bagaimana cara mengeksekusi program bahasa C:
Untuk dapat mengeksekusi program bahasa C, dibutuhkan kompilator untuk mengkompilasi dan menjalankan program. Terdapat beberapa kompilator online yang dapat digunakan untuk memulai bahasa C tanpa perlu melakukan instalasi kompilator pada pc atau komputer.

Window: Terdapat banyak kompilator yang tersedia secara gratis untuk melakukan kompilasi dari program berbahasa C sepeti Code Block dan Dev-CPP. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan Code Block sebagai kompilator yang digunakan untuk melakukan kompilasi program berbahasa C.

Linux: Untuk Linux, gss digunakan bersamaan dengan Linux, untuk Code Block juga dapat digunakan bersamaan dengan Linux.

Komentar

  1. Bahasa C tujuan umumnya merupakan suatu bahasa pemrograman yang sangat luar biasa populer, sederhana, dan fleksibel. Sifat dari bahasa C adalah machine-independent, dimana struktur bahasa pemrograman dapat digunakan secara ekstensif dari berbagai jenis aplikasi.

    bahasa C merupakan bahasa standar dalam membuat program apapun mulai dari Sistem Operasi hingga ke sistem lain yang lebih kompleks seperti database Oracle, Git, Python interpreter dan lain sebagainya.

    Ada juga yang mengatakan bahwa bahasa C adalah dewa dari segala jenis bahasa pemrograman. Hal ini dikarenakan bahasa C adalah dasar dari pengembangan banyak bahasa pemrograman yang lain. Jika kita telah menguasai bahasa C, maka kita bisa dengan mudah untuk mempelajari jenis bahasa pemrograman yang lain yang tentunya menggunakan konsep yang sama seperti bahasa C.

    BalasHapus
  2. Bahasa C adalah bahasa pemrograman tingkat menengah yang dikembangkan oleh Dennis M. Ritchie untuk mengembangkan sistem operasi UNIX di Bell Labs. Bahasa C awalnya diimplementasikan pertama kali pada komputer DEC PDP-11 pada tahun 1971. Dan pada tahun 1978, Brian Kernighan dan Dennis Ritchie membuat deskripsi bahasa C yang bertama kali tersedia untuk umum, atau sekarang lebih dikenal dengan standar K&R. Sistem operasi seperti UNIX, kompilator bahasa C, pada dasarnya semua dibuat dalam bahasa C.

    BalasHapus
  3. Bahasa adalah cara yang digunakan untuk berbagi ide dan pemikiran. Dalam dunia nyata kita semua menggunakan bahasa untuk berbagi ide dan pengetahuan.

    Dalam arti yang lebih sempit, apa yang digunakan untuk membagikan jawaban dari pertanyaan yang diberikan kepada kita kepada para pembaca adalah menggunakan bahasa (Indonesia), tujuannya adalah membuat pemahaman saya dan anda adalah sama.

    Dalam konteks yang lebih luas, dapat dipahami bahwa saya dan anda adalah sama-sama menggunakan bahasa yang sama (Indonesia) dalam berkomunikasi.

    Sama hal nya dengan bahasa pemrograman, supaya kita bisa berkomunikasi dengan komputer atau mesin, maka kita harus bisa juga berbahasa mesin dalam hal ini adalah bahasa C. Komputer dapat melakukan instruksi apapun melalui instruksi yang kita berikan menggunakan bahasa yang dapat dipamahi oleh mesin. Sehingga untuk menciptakan suatu standar, maka diciptakanlah bahasa pemrograman. Dengan memberikan instruksi tertentu sesuai dengan aturan sintak (aturan kebahasaan mesin) maka mesin atau komputer akan melakukan tugas tersebut sesuai dengan yang tertulis dalam perintah.

    BalasHapus
  4. Sederhananya gini, klo mau bisa naik mobil, kita harus belajar dulu cara mengendarainya, dengan belajar mengendarai mobil, hal ini sama dengan kita mempelajari bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan mobil (mulai dari kode, warna, dan lain sebagainya yang tardapat pada berbagai bagian dalam mobil). Setelah bisa memahami simbol atau kode yang ada pada mobil teresebut, kemudian kita belajar untuk menggunakan kode atau simbol yang ada dalam mobil tersebut untuk kepentingan kita. Dan setelah kita mahir, dalam hal mengendarai mobil hal ini akan menyelesaikan permasalahan kita dibidang transportasi atau masalah perjalanan. Hal halnya juga dengan belajar bahasa pemrograman.

    Bisakah kita menghitung penjumlahan dari 1+2+3+......+9999999998+9999999999+9999999999 secara manual seperti yang dilakukan kalkulator? Bayangkan berapa banyak waktu dan tenaga yang dibutuhkan oleh manusia untuk memiliki atau menguasai kemampuan tersebut. Namun dengan mempelajari bahasa kalkulator, kita bisa memerintahkan kalkulator untuk menyelesaikan masalah perhitungan tersebut.

    Jika kita bisa membuat segala proses menjadi otomatis dengan menggunakan bahasa pemrograman, hal itu sudah pasti membuat kehidupan kita menjadi sangat lebih mudah dan efisien. Sederhananya, melalui bahasa pemrograman kita bisa membuat suatu pintasan dari sebuah kesulitan, proses yang sifatnya membosankan dan berulang, dan berbagai perkerjaan lain yang tingkat stressnya sangat tinggi, menjadi sesuatu hal lain yang sifatnya lebih sederhana, lebih efisien, dan lebih akurat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalian akan merasakan penderitaan yang sesungguhnya dari seorang programmer jika sudah masuk kuliah semester empat hahaha

      Hapus
  5. Belajar bahasa pemrograman itu gambar kayak belajar bahasa Inggris?

    Yups, mudah banget jika yang belajar tersebut adalah sistem komputer itu sendiri, bukan manusia.

    Namun karena sistem komputer ternyata adalah mesin yang terdiri dari berbagai komponen dan hanya memahami isyarat '0' dan '1' yang merupakan representasi dari mati dan nyala tegangan yang dialirkan pada komputer dalam hitungan mili detik dan dari banyak untaian-untaian '0' dan '1' tersebut harus segera diubah kedalam bentuk informasi. Trust me, Jika ada menganggap hal ini adalah sesuatu yang mudah, ini baru awalnya saja.

    Sulit.

    Untuk itulah beberapa peneliti mencoba mencari solusi atau penengah supaya manusia tidak benar-benar kesulitan untuk berbahasa dengan komputer. Jawabannya adalah bahasa pemrograman tingkat menengah (bahasa mesin (1 0 1 0) tapi, proses pembuatannya menggunakan struktur bahasa yang lebih dipahami atau sering digunakan manusia), salah satunya adalah bahasa C. Dengan bahasa C yang telah dibuat oleh manusia, melalui jasa interpreter atau kompiler, bahasa tersebut kemudian diubah ke dalam bahasa C.

    BalasHapus
  6. DAFTAR RUJUKAN

    Kernighan, Brian W. dan Ritchie, Dennis M. (February 1978). The C Programming Language (1st ed.). Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall. ISBN 978-0-13-110163-0.

    BalasHapus
  7. Saya tidak bisa memahami perbedaan antara int main() dan int main(void), ada yang bisa jelaskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu akan memahaminya, setelah memahami materi pada artikel ini.

      Hapus
    2. Secara default, kompilator bahasa c akan mengambil int main() sebagai int main(void). Dan tidak ada perbedaan apapun diantara keduanya.

      Hapus
  8. Awalan yang bagus, untuk mulai mempelajari bahasa C, saya benar-benar belajar seusia dari materi artikel ini, saya harap akan lebih banyak materi lagi yang dimasukkan dalam artikel ini.

    BalasHapus
  9. Bahasa C menyediakan akses ke memori tingkat rendah, itu maksudnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya, segala kegunaan dari pointer yang terdapat pada bahasa c dapat memberikan akses ke memori tingkat rendah.

      Hapus
  10. Jika saya menulis kode program,
    print(5 + "kuis matematika");

    maka hasilnya akan mencetak apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena pada penggalan kode program dibuat 5+ maka program tersebut akan mencetak semua karakter setelah karakter ke 5...
      Jika ditulis 4+ maka akan mencetak karakter semua karakter setelah karakter ke 4, dan seterusnya.

      Hapus
  11. Saya kurang paham tentang definisi dari preprosesor pada bahasa C, ada yang bisa bantu jelakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Preprosesor pada dasarnya seperti fungsi import. Fungsi import adalah sama seperti namanya itu sendiri, yang digunakan untuk mengimport file atau program dari lokasi lainnya. SEbuah inde dari dari preprosesor berarti, preprosesor bekerja dengan tujuan untuk melakukan import fungsi tertentu. Fungsi ini di proses sebelum fungsi lainnya atau operasi lainnya dalam bahasa C dieksekusi. Sebuah preprosesor melakukan loading sebuah file dan penggunakannya didalam program yang digunakan saat ini dan menyimpannya dilokasi yang lain. Preprosesor di kompilasi dan dieksekusi dari program saat ini untuk memberikan suatu output tertentu.

      Hapus
  12. Bagaimana cara saya memeriksa bahwa main fun akan mengembalikan nilai return 0 dengan sukses? setelah fungsi main dieksekusi tersebut berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat dilakukan dengan cara mengeksekusi program pada terminal menggunakan ./a.out
      Setelah itu, ikuti perintah yang digunakan untuk memeriksa nilai rentur dari perintah terakhir yang dieksekusi pada shell echo &?

      Hapus
  13. Jika menggunakan
    main()
    {
    printf("Hai");
    }
    Instead of
    int main()
    {
    printf("Hai");
    return 0;
    }

    maka, nilai akan dikembalikan ke sistem operasi? apakah ada nilai atau tipe default lainnya? tolong bantu jelaskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kompilator yang telah update akan memberikan peringatan bahwa tipe default dari main adalah int. Nilai return adalah 0, hal ini dapat diperiksa dengan cara mengetik echo $? pada bagian terminal atau CMD setelah program tersebut dieksekusi.

      Hapus
  14. Pada contoh kode program pada artikel ini jika dilakukan penghapusan return 0; maka akan memberikan hasil output yang benar dan juga akan lebih mempersingkat waktu pembuatan program. Lantas apa tujuan dari penggunakan return 0;?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Return 0, berarti program bahasa C akan mengakhiri nilai eksekusinya ke nilai 0 yang berarti program bahasa c tersebut telah kembali kenilai semulanya sebelum dioperasikan yaitu 0. Jika nilai return 0 dibuah menjadi nilai return 3, berarti program tersebut telah berakhir dan mengembalikan nilainya ke dalam nilai 3 dan tidak akan dijalankan...

      Hapus
    2. Nilai dari return pada fungsi main mengindikasikan status dari program. Ketika nilai main return o, berarti program telah sukses dimatikan.

      Hapus
    3. Bagian lain pada program jika nilai return diberi nilai selain 0 seperti 1, -1, maka program akan memberikan pesan error atau program anomali.

      Hapus
    4. Nilai return mungkin digunakan oleh sistem operasi untuk mengetahui status dari program bahasa C yang sedang dijalankan.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D