Artikel Terbaru

8 Pertimbangan yang Harus Dilakukan untuk Memilih Wallet Bitcoin

Wallet Bitcoin adalah program yang digunakan untuk mengirim dan menerima data transaksi Bitcoin, menyimpan catatan Bitcoin, dan memantau saldo Bitcoin. Sama seperti ketika seseorang memerlukan program email yang digunakan untuk mengelola data email -nya, pada Bitcoin juga terdapat program sejenis yang dapat digunakan untuk mengelola data Bitcoin tersebut, berupa wallet interface pada setiap node blockchain Bitcoin. Wallet digunakan untuk memantau alamat Bitcoin pada blockchain dan juga dapat digunakan untuk memperbarui saldo Bitcoin pada setiap transaksi.

Fakta tentang Scanf dan Fscanf pada Bahasa C

Kebanyakan para pengembang telah mengetahui fungsi utama dari scanf. Namun demikian, berikut akan dipaparkan beberapa info tambahan yang perlu diketahui berkaitan dengan fungsi tersebut pada bahasa C.
Bagaimana cara membuat read only menjadi bagian dari input yang dibutuhkan pada sebuah program? contoh, pertimbangkan beberapa input stream yang mengandung hanya karakter dan diikuti olen integer atau float. Dan yang dibutuhkan hanya scan only untuk integer atau float seperti contoh berikut ini:

Input: “this is the value 100”,
Outputvalue read is 100

Input : “this is the value 21.2”,
Output : value read is 21.2

// Program bahasa C untuk

// mendemonstrasikan bahwa

// user dapat mengabaikan

// beberapa string dalam

// scanf()

#include <stdio.h>

 

int main()

{

int a;

scanf("Ini adalah nilai %d", &a);

printf("Nilai inputan yang"

" dibaca : a = %d", a);

return 0;

}

 

// Input : Ini adalah nilai 

// 100

 

// Output : Nilai inputan yang

// dibaca : a = 100


Sekarang diasumsikan bahwa tidak diketahui karakter apakah yang mendahuluinya tetapi, dapat diketahui secara pasti bahwa nilai terakhir yang diketahui adalah integer. Bagaimana cara untuk melakukan scan nilai terakhir sebagai nilai integer?

Berikut solusi yang hanya dapat bekerja jika input string tidak memiliki spasi.

// Contoh program bahasa C

// untuk mendemonstrasikan

// penggunaan dari *s

#include<stdio.h>

 

int main()

{

int a;

scanf("%*s %d", &a);

printf("Nilai yang terbaca :"

" a=%d",a);

return 0;

}

 

// Input: "blablabla 25"

 

// Output: Nilai yang terbaca

// : 25


Penjelasan: %*s pada scanf digunakan untuk mengabaikan beberapa input yang diperlukan. Pada kondisi ini akan mengabaikan input sampai spasi selanjutnya atau baris baru. Sama seperti jika mengetik %*d, maka akan diabaikan nilai integer-nya sampai spasi selanjutnya atau baris baru.

Fakta tersebut mungkin terlihat seperti cara yang tidak terlalu berguna, namun untuk memahami kegunaannya, perhatikan fungsi fscanf() berikut ini.

fscanf(): Jika terlalu banyak menggunakan sintak seperti contoh sebelumnya, maka dapat digunakan pendekatan lain dengan menggunakan fscanf().

int fscanf(FILE *ptr, const char *format, ...)

fscanf menbaca dari sebuah file yang ditunjuk oleh FILE pointer (ptr), ketimbang membaca langsung dari input stream.

Perhatikan teks file abc.txt

NAME    AGE   CITY
abc     12    hyderbad
bef     25    delhi
cce     65    bangalore

Sekarang akan dilakukan read only city field dari teks file sebelumnya, mengacuhkan semua field yang lain.

// Program bahasa C untuk

// mendemonstrasikan fscanf

// dan kegunaannya pada

// program

#include<stdio.h>

 

int main()

{

 

FILE* ptr = fopen("abc.txt","r");

 

if (ptr==NULL)

{

printf("no such file.");

return 0;

}

 

// Diasumsikan bahwa file

// abc.txt memiliki beberapa

// isi konten sebagai berikut:

 

// NAME AGE CITY

// abc  12 hyderbad

// bef  25 delhi

// cce  65 bangalore

 

char* buf[100];

while (fscanf(ptr,"%*s %*s %s ",buf)==1)

printf("%s\n", buf);

 

return 0;

}

Output:
CITY
hyderbad
delhi
bangalore

Komentar

  1. Dalam bahasa pemrograman C, fungsi scanf() adalah salah satu fungsi yang secara umum digunakan untuk mengambil inputan dari pengguna atau user. Fungsi scanf() membaca nilai inputan yang telah diformat dari input standar seperti keyboard.

    BalasHapus
  2. Dalam bahasa pemrograman C, scanf adalah fungsi yang digunakan untuk membaca data yang telah diformat dari stdin (yaitu, suatu stream dari input standar, yang biasanya berupa inputan keyboard) dan kemudian menuliskan hasilnya ke dalam argumen yang telah diberikan.

    BalasHapus
  3. fscanf() adalah fungsi yang digunakan untuk membaca sekumpulan karakter dari file dalam bahasa pemrograman C. Fungsi tersebut membaca sebuah kata dari file dan mengembalikan EOF di bagian akhir file.

    BalasHapus
  4. Apa yang dilakukan fungsi fscanf() dalam bahasa pemrograman C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi fscanf() digunakan untuk membaca nilai inputan yang diformat dari file. Fungsi tersebut bekerja seperti halnya fungsi scanf() tetapi bukannya membaca data dari input standar, melainkan fungsi tersebut membaca data dari file secara langsung.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

6 Tahap Utama dalam Melakukan Kompilasi Program Hello World Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Enkapsulasi pada Java

3 Jenis Utama Looping pada Java