Rabu, November 06, 2019

Tipe data pada bahasa C

Setiap variabel pada bahasa C memiliki asosiasi dengan tipe data. Setiap tipe data membutuhkan jumlah alokasi memori berbeda dan memiliki jenis operasi khusus yang dapat diperlakukan terhadapnya. Pada artikel ini akan dibahas satu per satu dari setiap tipe data:

Berikut adalah beberapa contoh dari tipe data umum yang digunakan pada bahasa C:
satu, char: char adalah tipe data paling dasar yang terdapat pada bahasa C yang menyimpan karakter tunggal dan mensyaratkan sebuah memori byte tunggal pada hampir semua compiler.
dua, int: sesuai dengan namanya, variabel int digunakan untuk menyimpan data tipe integer atau bilangan bulat.
tiga, float: digunakan untuk menyimpan angka desimal atau angka dengan nilai float beserta nilai presisi tunggal.
empat, double: digunakan untuk menyimpan angka desimal atau angka dengan nilai float beserta nilai presisi ganda.

Tipe data berbeda juga memiliki jangkauan berbeda tergantung dimana angka tersebut disimpan. Jangkauan tersebut mungkin saja bervariasi dari satu compiler terhadap compiler lainnya. Berikut adalah list jangkauan beserta persyaratan memori dan format spesifik dalam 32 bit gcc compiler.

Dapat menggunakan operator sizeof() untuk memeriksa ukuran dari variabel. Perhatikan contoh program C berikut ini untuk penggunaan dari berbagai tipe data:
Output:
Hello World!
Hello! Saya adalah variabel a dengan tipe data char atau karakter. Nilai saya adalah G dan ukuran kapasitas saya adalah 1 byte.
Hello! Saya adalah variabel b dengan tipe data Int atau bilangan bulat. Nilai saya adalah 1 dan ukuran kapasitas saya adalah 4  bytes.
Hello! Saya adalah variabel c dengan tipe data double floating point atau bilangan pecahan. Nilai saya adalah 3.140000 dan ukuran kapasitas saya adalah 8 bytes.
Bye! Sampai ketemu lagi. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense