Langsung ke konten utama

Hasil Operasi Perbandingan pada Bahasa C dan C++

Pada bahasa C, tipe data hasil dari operasi perbandingan adalah int. Contoh, perhatikan program berikut ini.

#include<stdio.h> 

 

int main() 

int x = 10, y = 10

 

printf("%d \n"

sizeof(x == y)); 

 

printf("%d \n"

sizeof(x < y)); 

 

return 0

}

Output:
4
4

Pada bahasa C++, tipe hasil dari operasi perbandingan adalah bool. Contoh, perhatikan program berikut ini.

#include<iostream> 

using namespace std; 

 

int main() 

int x = 10, y = 10

 

cout << sizeof(x == y) << endl; 

cout << sizeof(x < y); 

 

return 0

}1

Output:
1
1

Komentar

  1. Apa yang dimaksud dengan integer pada bahasa pemrograman C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Integer jika dilihat dari makna nominal tidak ada perbedaan dengan arti dalam pengertian secara matematis. Integer adalah suatu tipe data yang dapat menyimpan data numerik berjenis bilangan bulat. Integer adalah bilangan bulat itu sendiri yang tidak memiliki komponen pecahan didalamnya, yang berbeda dengan bilangan real (floating point, dalam bahasa C). Dalam bahasa pemrograman C, data karakter dianggap sebagai tipe data integer.

      Beberapa properti note dalam bahasa C adalah bertipe integer dengan ukuran yang bervariasi, dengan implikasi nilai dari bilangan yang dapat disimpan ataupun direpresentasikan dalam variabel integer tertentu yang memiliki nilai secara maksimum. Jumlah byte dalam variabel integer menentukan jumlah maksimum dari ukurannya. Dalam bahasa C, bilangan bulat atau integer didefinisikan sebagai tipe bilangan signed, atau unsigned. Umumnya, tipe data integer tidak dapat menyimpan nilai yang bertipe negatif. Bahasa C menentukan bagaimana konversi antara tipe data numerik tersebut dilakukan, seperti ketika dilakukan suatu penugasan atau assignment dibuat antara variabel dari tipe data yang berbeda, dimana cast digunakan, atau ketika nilai-nilai atau value dipromosikan ke tipe data yang berbeda seperti pada saat digunakan sebagai argumen untuk pemanggilan suatu fungsi. Kode bahasa program menentukan apa yang akan terjadi ketika operasi aritmatika menghasilkan overflow (jika hasil yang disimpan terlalu besar untuk ditampung dalam tipe data integer). Mempelajari segala aturan bahasa tersebut (tentang integer) merupakan bagian dari proses belajar bahasa pemrograman itu sendiri.

      Data integer dapat digunakan sebagai indeks untuk data bertipe array. Daa bilangan bulat atau integer selalu dapat digunakan untuk pengujian kesetaraan dari dua buah variabel.

      Suatu bahasa pemrograman mendefinisikan nilai nol sebagai kata yang memiliki semua bit yang nilainya sama dengan nol. Namun, integer bukanlah bilangan nol yang dapat disimpan dalam bentuk notasi apapun, meskipun notasi tersebut adalah notasi komplemen dua yang hampir digunakan secara universal. Bahasa C mendefinisikan berbagai notasi untuk mengekspresikan nilai integer dalam kode sumber program.

      Hapus
    2. Integer dalam bahasa C pada dasarnya memiliki arti yang sama dengan integer pada sampir semua bahasa pemrograman.

      Integer adalah tipe data untuk suatu jenis variabel atau objek. Variabel atau objek dengan tipe data integer hanya dapat menampung nilai dengan tipe bilangan bulat seperti: 1, 2, 3, 100, 1000, 235452, dan lain sebagainya. Jumlah maksimum dari variabel dengan tipe data integer adalah bergantung pada arsitektur sistem dari bahasa pemrograman itu sendiri.

      Untuk bahasa C, umumnya tipe data integer berada para rentang nilai -2147483648 hingga 2147483648.

      Juga dapat digunakan tipe data integer lainnya seperti unsigned int, yang hanya memakan setengah dari kapasitas memori dan tidak dapat menyimpan nilai negatif.

      Hapus
  2. Apa yang dimaksud dengan bool atau boolean pada bahasa pemrograman C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum adanya standar C99 pada tahun 1999, tidak ada tipe data boolean secara resmi dalam bahasa pemrograman C. Karena ekspresi dengan nilai 0 dianggap salah, dan juga ekspresi dengan nilai bukan nol dianggap benar.

      Setelah standar C99 diluncurkan, maka bahasa C secara resmi menyertakan kata kunci atau keyword _Bool, yang menyediakan tipe data Boolean. C99 juga menentukan file header stdbool.h yang mendefinisikan bool sebagai nama alias untuk kata kunci _Bool. FIle header juga mendefinisikan TRUE dan FALSE, yang dapat digunakan sebagai nilai untuk variabel bool dan untuk tujuan perbandingan nilai.

      Dengan menyertakan stdbool.h dan menggunakan bool, true, dan false, programmer dapat membuat kode program C agar dapat kompatibel dengan C++, yang juga mendefinisikan bool, true, dan false sebagai kata kunci dalam bahasa pemrograman tersebut.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D