Artikel Terbaru

8 Pertimbangan yang Harus Dilakukan untuk Memilih Wallet Bitcoin

Wallet Bitcoin adalah program yang digunakan untuk mengirim dan menerima data transaksi Bitcoin, menyimpan catatan Bitcoin, dan memantau saldo Bitcoin. Sama seperti ketika seseorang memerlukan program email yang digunakan untuk mengelola data email -nya, pada Bitcoin juga terdapat program sejenis yang dapat digunakan untuk mengelola data Bitcoin tersebut, berupa wallet interface pada setiap node blockchain Bitcoin. Wallet digunakan untuk memantau alamat Bitcoin pada blockchain dan juga dapat digunakan untuk memperbarui saldo Bitcoin pada setiap transaksi.

2 Cara Sederhana Pendefinisian Konstanta pada Bahasa C dan C++

Sesuai dengan namanya konstanta, (constants) fungsi dari variabel ini adalah memberikan nilai atau variabel pada bahasa C dan C++ dimana nilai yang telah diberikan tersebut tidak dapat dimodifikasi atau dilakukan perubahan nilai ketika telah didefinsikan. Konstanta adalah nilai tetap pada sebuah program. Terdapat beberapa tipe dari konstanta seperti integerfloatoctalhexadecimal, karakter, dan lain sebagainya. Setiap konstanta juga memiliki jangkauan nilai. Nilai bilangan bulat yang ukurannya besar maka akan disimpan dalam tipe data long. Terdapat berbagai variasi nilai yang lebih besar dari unsigned ke signed bit. Pada unsigned bit, jangkauan dari int bervariasi dari -28 ke +127 dan dari unsigned bitint memiliki variasi nilai dari 0 hingga 255 seperti diperlihatkan pada gambar 1 berikut ini.

Pengertian Konstanta Bahasa C
Gambar 1 Pengertian Konstanta Bahasa C

Pendefinisian konstanta:
Pada bahasa C dan C++ dapat dilakukan pendefinisian konstanta dengan dua cara seperti diperlihatkan sebagai berikut:
  • satu, Menggunakan preprosesor direktif #define 
  • dua, mengunakan keyword konstanta

Literals: Nilai yang ditetapkan untuk setiap variabel konstanta disebut sebagai literals. Umumnya, kedua istilah tersebut, konstanta ataupun literals sering digunakan secara bergantian. Contoh, "const int = 5", adalah bentuk ekspresi konstanta yang nilainya adalah 5 dan disebut sebagai konstanta integer literal.

satu, menggunakan direktif preprosesor #define: direktif ini digunakan untuk mendeklarasikan nama alias untuk variabel yang ada atau nilai apapun. Juga dapat digunakan untuk mendeklarasikan konstanta sebagai berikut:

#define identifierName value

identifierName: adalah nama yang diberikan untuk konstanta.
value: adalah nilai yang ditetapkan untuk identifierName.

Contoh pada bahasa C

#include<stdio.h> 

#define val 10 

#define floatVal 4.5 

#define charVal 'G' 

 

int main() 

printf("Konstanta bilanga"

"n bulat: %d\n",val);  


printf("Konstanta bilanga"

"n real: %.1f\n",floatVal);  


printf("Konstanta huruf a"

"tau karakter: %c\n",charVal); 

return 0

}

Output:
Konstanta bilangan bulat: 10
Konstanta bilangan real: 4.5
Konstanta huruf atau karakter: G

Contoh pada bahasa C++

#include <iostream> 

using namespace std; 

 

#define val 10 

#define floatVal 4.5 

#define charVal 'G' 

 

int main() { 

cout << "Konstanta bilang"

"an bulat: " << val << "\n" 


cout << "Konstanta bilang"

"an real: " << floatVal << "\n" 


cout << "Konstanta huruf at"

"au karakter: "<< charVal << "\n"

 

return 0

}

Output:
Konstanta bilangan bulat: 10
Konstanta bilangan real: 4.5
Konstanta huruf atau karakter: G

dua, Menggunakan keyword konstanta: Menggunakan keyword konstanta untuk mendefinisikan konstanta sebagai suatu variabel sederhana, perbedaannya adalah dimana deklarasi didahului dengan awalan keyword const seperti diperlihatkan pada gambar 2.

Menggunakan keyword const
Gambar 2 Menggunakan keyword const

Berikut diperlihatkan contoh program menggunakan const untuk mendeklarasikan konstanta terhadap tipe data lainnya:

Pada bahasa C

#include <stdio.h> 

 

int main() 

// Konstanta bilangan bulat 

const int intVal = 10

 

// Konstanta bilangan real

const float floatVal = 4.14

 

// Konstanta huruf 

// atau karakter tunggal

const char charVal = 'A'

 

// Konstanta string

// atau karakter jamak

const char stringVal[10] = "ABC"

printf("Konstanta bilangan"

" bulat:%d \n", intVal ); 

printf("Konstanta bilangan"

" real: %.2f\n", floatVal ); 

printf("Konstanta karakter"

" tunggal: %c\n", charVal ); 

printf("Konstanta karakter"

" jamak: %s\n", stringVal); 

 

return 0

}

Output:
Konstanta bilangan bulat: 10 
Konstanta bilangan real: 4.14
Konstanta karakter tunggal: A 
Konstanta karakter jamak: ABC

Pada bahasa C++

#include <iostream> 

using namespace std; 

 

int main() { 

// Konstanta bilngan bulat 

const int intVal = 10

 

// Konstanta bilangan real 

const float floatVal = 4.14

 

// Konstanta huruf

// atau karakter tunggal 

const char charVal = 'A'

 

// Konstanta huruf

// atau karakter jamak 

const string stringVal = "ABC"

cout << "Konstanta bilangan"

" bulat: " << intVal << "\n"

cout << "Konstanta bilangan"

" real: " << floatVal << "\n"

cout << "Konstanta karakter"

" tunggal: "<< charVal << "\n"

cout << "Konstanta karakter"

" jamak: "<< stringVal << "\n"

 

return 0

}

Output:
Konstanta bilangan bulat: 10 
Konstanta bilangan real: 4.14
Konstanta karakter tunggal: A 
Konstanta karakter jamak: ABC

Komentar

  1. Apa yang dimaksud dengan konstanta pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konstanta adalah variabel yang sama dengan tipe variabel lainnya, namun nilai pada kosntanta tidak bisa dimodifikasi setelah dilakukan pendeklarasian.

      Konstanta dalam bahasa C adalah nilai tetap yang digunakan dalam suatu program, dan nilainya adalah selalu sama selama program tersebut dijalankan atau dieksekusi. Konstanta juga disebut sebagai literal. Konstanta dapat berupa tipe data apapun.

      Hapus
  2. Kenapa konstanta digunakan pada bahasa pemrograman C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konstanta berguna untuk menentukan nilai yang sifatnya baku atau tidak berubah-ubah, dan penggunaannya lebih dari satu kali dalam suatu fungsi atau program. Dengan menggunakan konstanta, program dapat mengubah beberapa contoh nilai sekaligus tanpa perlu mencemaskan apakah nilai variabel konstanta tersebut mengalami perubahan secara tidak sengaja atau tidak.

      Hapus
  3. Pada permasalahan dunia nyata yang disimulasikan dalam bahasa C, terdapat beberapa jenis permasalahan yang nilai variabelnya adalah tetap atau tidak perlu melakukan perubahan nilai sama sekali. Contoh,

    rumus menghitung luas lingkaran, dimana nilai PI pada rumus luas lingkaran adalah bernilai tetap, sehingga nilai tersebut dapat disimpan dalam variabel konstantan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

6 Tahap Utama dalam Melakukan Kompilasi Program Hello World Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Enkapsulasi pada Java

3 Jenis Utama Looping pada Java