Sabtu, Oktober 31, 2020

Pengertian Penelitian

Penelitian merupakan suatu cara ilmiah untuk menggali dan mendapatkan informasi berupa data dengan maksud tertentu. Dari pemahaman istilah tersebut empat hal yang perlu dipahami terkait penelitian, yaitu: cara ilmiah, data, tujuan, dan kegunaan.

  

Penelitian dikatakan sebagai suatu cara ilmiah, berarti dalam kegiatan penelitian tersebut didasarkan pada prinsip keilmuan yang rasional, empiris, dan sistematis. Rasional berarti kegiatan penelitian tersebut menggunakan cara yang masuk akal atau kegiatan penelitian tersebut dapat dijangkau oleh penalaran manusia. Empiris artinya cara-cara yang digunakan dalam penelitian tersebut dapat diamati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara-cara yang akan digunakan. Sistematis berarti proses yang digunakan dalam kegiatan penelitian menggunakan tahapan-tahapan yang bersifat logis.

Data yang didapat pada kegiatan penelitian harus memiliki beberapa kriteria, yaitu valid, reliabel, dan objektif. Valid memperlihatkan tingkat ketepatan data berupa ketepatan antara data yang ada dilapangan dengan data yang dilaporkan dalam kegiatan penelitian. Misalnya data orang miskin pada suatu wilayah yang jumlahnya adalah 100, maka peneliti juga harus melaporkan bahwa jumlahnya adalah 100. Jika jumlah data yang dilaporkan jauh melebihi atau kurang dari 100, maka data tidak valid. Reliabel memperlihatkan tingkat konsistensi data pada interval waktu tertentu. Misalnya data yang terkumpul dari sumber data pada survei waktu lampau jumlah orang miskin adalah 100, maka sekarang ataupun besok sumber data akan tetap menyatakan hasil 100. Objektif menunjukkan derajat persamaan persepsi antar orang. Jadi jika seseorang mendata jumlah orang miskin jumlahnya adalah 100, maka orang lainpun juga akan menyatakan jumlah orang miskin yang didata adalah 100. Secara umum tujuan kegiatan penelitian teridiri dari tiga hal berikut yaitu penemuan, pembuktian, dan pengembangan. Penemuan berarti data yang didapat merupakan data yang pertama kali diketahui oleh semua orang. Pembuktian berarti data yang diperoleh tersebut diperlukan untuk membuktikan adanya keragu-raguan terhadap suatu pengetahuan. Pengembangan berarti data yang diperoleh dari penelitian tersebut digunakan untuk memperdalam dan memperluas kaidah suatu pengetahuan.

5 komentar:

  1. Penelitian adalah bentuk studi yang cermat dan terperinci terhadap permasalahan, perhatian, ataupun pengamatan menggunakan metode ilmiah. Untuk memulai suatu penelitian, seorang peneliti harus menemukan permasalahan terlebih dahulu yang kemudian diubah menjadi sebuah pertanyaan. Permasalahan tersebut bisa berasal dari proses pengamatan, penelitian yang dilakukan sebelumnya, literatur profesional, atau dari rekan sejawat.

    BalasHapus
  2. Penelitian penting untuk dilakukan guna mengetahui bentuk pengkondisian mana yang bekerja lebih baik atau lebih efisien. Dalam hal ini penelitian atau riset memainkan peran penting dalam proses penemuan suatu kondisi baru, dan memastikan bahwa pengkondisian tersebut dapat digunakan secara baik.

    BalasHapus
  3. Penelitian adalah studi atau proses pengumpulan informasi secara cermat dan terorganisasi terhadap suatu topik tertentu.

    BalasHapus
  4. Penelitian diartikan sebagai proses penciptaan pengetahuan baru atau pemanfaatan pengetahuan yang sudah ada dengan cara yang baru dan kreatif untuk menghasilkan konsep, metodologi, dan pemanfaatan baru. Ini dapat mencakup sintesis dan analisis penelitian sebelumnya terhadap hasil yang baru dan kreatif.

    BalasHapus
  5. Penelitian tidak hanya bermanfaat sebagai alat pengembangan ilmu pengetahuan, melainkan juga merupakan cara yang andal untuk memahami kompleksitas berbagai masalah yang ada didunia nyata, dan dapat menjaga integritas seorang peneliti dalam menyangkal sebuah kebohongan dan menegakkan kebenaran.

    BalasHapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense