Senin, November 30, 2020

Guru Blogger

Awal mulai mengenal blogger itu ketika masih S1 atau sekitar tahun 2012an. Ketika itu salah satu dosen saya memberi tugas untuk membuat blog, tujuannya agar setiap jobsheet yang diberikan beliau langsung di-upload ke blog masing-masing dan bisa diberikan penilaian oleh beliau melalui blog pribadinya yaitu nuriksan.net. Dan karena ga terlalu tau, akhirnya buat blog menggunakan Blogger. Template yang digunakan waktu itu juga sederhana yang sudah disediakan oleh Google, serta kualitas postingan juga yang penting asal posting saja, daripada tidak ada tugas yang dikumpul sama sekali. Seiring waktu, mulai banyak baca-baca info terkait blogger. Dan ternyata dari blog kita bisa mendapatkan penghasilan melalui tulisan yang kita posting diblog. Karena itu sayapun mulai rajin dan termotivasi untuk mengunggah tulisan diblog saya. Sampai saat ini masih tetap aktif menekuti dunia blogging, meskipun belum bisa menghasilkan receh apapun dari google :(.  Tulisan ini juga sengaja saya buat untuk membagikan pengalaman saya selama menjadi seorang blogger. Ternyata, tidak semua informasi mengenai blogging yang ada pada beberapa situs-situs pribadi ataupun populer tersebut adalah benar. Banyak sekali tips dan informasi yang sudah pernah saya coba, dan ternyata hasilnya tidak terlalu efektif dalam menaikkan trafik pengunjung blog saya. Bagi para blogger pemula, semoga tulisan atau curhatan yang saya buat ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda yang mau terjun di dunia blogging.

25 komentar:

  1. Klo mau belajar adsense dari sumber yang valid itu dimana sih? sering baca2 n praktek tips2 dari beberapa blog SEO tapi hasil nya trafik blog gitu2 aja!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo saya belajarnya dari https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/

      atau diyoutube saya belajar nya dari chanel Goole Search Central

      Hapus
  2. Gimana sih tips supaya blog kita mendatangkan penghasilan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo lihat tips dari google, beberapa cara supaya blog atau situs bisa dimonetasi itu

      1. Iklan
      Iklan disini bisa didapat dari para sponsor yang mau menempatkan produknya diblog kita karena trafik pengunjung yang datang ke blog kita bnyak, sama kaya surat kabar gitu, klo pembacanya banyak yang mau pasang iklan juga banyak.

      Cara lain bisa melalui proses penawaran langsung seperti memasang iklan space kosong atau mendatangi para sponsor tersebut melalui forum2 tertentu, atau melalui jasa pihak ketika seperti Google Adsense. Ataupun juga, biasanya sponsor tersebut yang datang sendiri menghubungi kita, makanya penting banget untuk menyediakan laman khusus yang berisi kontak pada blog kita.

      2. Jual produk orang lain
      Istilah kerennya anak2 jaman sekarang adalah endorse, jadi kita bangun blog kita dengan konsep penjualan dimana didalamnya berisi berbagai review berbagai macam produk. Beberapa sponsor yang tertarik biasanya ingin agar produk mereka direview atau dipasarkan melaui blog kita dengan cara menyertakan link menuju ke laman penjualan produk tersebut secara langsung.

      3. Jual produk sendiri
      Mungkin sebelum menjadi seorang blogger, sebelumnya kita hobi tertentu yang ternyata menghasilkan, namun hasil penjualannya masih sedikit. Dengan membangun situs penjualan kita bisa memasarkan produk yang kita buat tersebut secara lebih luas.

      4. Premium member
      Mungkin kita sudah punya sebuah situs dengan bahasan topik tertentu yang ternyata sudah mempunyai pelanggan atau pembaca tetap. Sebagai imbalan atas kerja keras yang kita hasilkan, kita bisa mengenai biaya untuk para pembacara yang mengunjungi situs kita tersebut. Bisa jadi situs atau blog yang dibua tersebut memuat informasi berharga seperti prediksi perdagangan fortopolio, jual perangkat lunak tertentu, dan lain sebagainya.

      Beberapa informasi memang ada yang sifatnya premium, biasanya jumlah trafiknya sedikit namun pengunjung yang datang adalah orang-orang loyal yang mau mengeluarkan sedikit biaya untuk mendapatkan informasi atau data berharga tersebut.

      5. Buat blog kursus atau pelatihan
      Hampir mirip seperti point ke-3, namun produk yang dijual adalah jasa atau pelatihan online. Kita bisa membuat sebuah buku atau ebook yang isinya adalah materi pelatihan atau tutorial online yang dipasarkan langsung melalui blog.

      Hapus
    2. Bisa juga buat konten bajakan yang hasilnya banyak digemari gan, kayak blog download film, blog baca manga, blog jual software bajakan. Cuma jangan harap dapat iklannya dari adsense ya, biasanya iklan yang didapat itu sumbernya dari judi bola, poker, iklan dildo, situs film porno dan lain sebagainya.

      Sama harus main kucing2ngan sama Kominfo sebelum situsnya dibanned

      Hapus
  3. Emang blog yang bisa dimonetasi lewat google adsense itu ciri khasnya kayak gimana sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengutip dari laman adsense indonesia, beberapa hal penting yang perlu diketahui agar blog bisa dimonetasi lewat google adsense.

      1. Situs atau blog yang dibuat memberikan pengalaman yang baik bagi para pengunjung.
      Baik itu berupa blog, forum, atau situs informasi gratis harus memberikan kesan positif bagi para pengunjungnya baik dari segi konten yang berkualitas, tampilan yang menyenangkan secara estetis, dan menarik pengunjung untuk berlama-lama pada situs tersebut.

      Tidak hanya itu situs atau blog yang dibuat tersebut sifatnya terpercaya, memiliki alur navigasi yang mudah dipelajari, serta fast responsif, dan jangan lupa juga sertakan informasi kontak supaya pengunjung bisa menghubungi pemilik situs atau blog jika menemukan masalah.

      2. Konten yang sesuai dengan ketentuan google
      Google merupakan jaringan layanan untuk kepentingan bisnis dan keluarga. Jadi pastikan setiap konten yang dipublikasi tidak melanggar ketentuan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Google.

      3. Mengikuti panduan webmaster google
      Panduan webmaster google berisi informasi tentang standar sebuah situs yang layak untuk dipasangi iklan dari Google Adsense.

      4. Memiliki laman yang berisi tentang kebijakan privasi
      Mungkin setelah membaca ini beberapa dari kita baru sadar alasan kenapa pada setiap blog yang terpasang iklan Google Adsense selalu terdapat laman yang berjudul privacy policy, discalimer, atau laman sejenis. Tujuan adanya laman tersebut selain memberitahukan para pengunjung tentang aktivitas apa saja yang terjadi jika para pengunjung mengunjungi situs tersebut, juga hal ini merupakan bagian dari sarat WAJIB jika ingin situs atau blog bisa dipasangi Adsense.

      5. Hindari praktik yang sifatnya melanggar kebijakan Google
      Beberapa kebiasaan yang sering membuat situs atau blog tidak bisa dipasangi atau dibanned dari Adsense Goole adalah seperti: Mengklik iklan sendiri, menampilkan link atau alamat situs dari pihak yang tidak terpercaya, terlalu banyak pasang unit iklan Adsense, mengalihkan secara paksa ke sumber laman yang sifatnya negatif, terlarang, atau berbahaya bagi para pengunjung atau mengandung untuk pencurian dan penipuan.

      Hapus
    2. biasanya klo trafic kuncungan per hari lu udah diatas 2000, kemungkinan sudah bisa menghasilkan bro

      Hapus
  4. gw udah punya blog nih, trus udh d pasang adsense, kira2 punya tips ga gimana penghasilannya biar tambah meningkat??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama coba bapak perhatikan apakah blog ini sudah dipasang adsense atau belum -_-

      Saya saja belum bisa punya iklan apalagi ngasih tips

      Hapus
    2. Tips ini saya dapat dari laman Google Adsense Indonesia,

      Supaya penghasilan Adsense dapat meningkat, kita bisa lakukan beberapa penyempurnaan pada situs kita.

      1. Ciptakan konten yang unik
      Buat sesuatu yang berbeda dari pada yang lain, yang membuat orang mengenal situs kita.

      2. Buat situs yang menarik
      Pengunjung yang datang ke suatu situs biasanya tidak langsung puas dengan konten atau isi situs yang dikunjungi, supaya pengunjung tersebut tetap mau berlama-lama di situs kita Sediakan beberapa link akses ke konten yang lain dalam situs sehingga jika pengunjung sudah merasa bosan dengan satu konten bisa langsung beralih ke konten lainnya yang direkomendasikan oleh kita.

      3. Optimalkan pengalaman pengguna.
      Jaman sekarang orang-orang mengakses internet tidak cuma lewat komputer, sebagian besar mengaksesnya sudah melalui perangkat mobile seperti hape, dan tablet. Mungkin situs kita terlihat menarik ketika dibuka menggunakan laptop atau pc, tetapi setelah dibuka menggunakan perangkat mobile tampilannya malah jadi berantakan atau tidak enak dipandang mata.

      Untuk itu, setiap membuat situs atau blog pastikan situs yang dibuat tersebut juga nyaman dibuka pada berbagai perangkat digital. Jika membuat blog pastikan blog tersebut menggunakan tema yang mobile friendly.

      Hapus
    3. Yang penting update kontennya itu konsisten, dan selalu ada update dan pembaruan, supaya pengunjung ga bosen buat mampir ke situs ente.

      Hapus
  5. Kasih tips dong buat pilih jasa SEO?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maile Ohye, Developer Programs Tech Lead

      Klo mau sewa jasa SEO, beberapa tips yang diberikan oleh Maile adalah sebagai berikut,

      Jika ingin mendapatkan kesuksesan jangka panjang dari SEO, maka tidak ada yang namanya "black magic" untuk membuat sebuah situs berada pada peringkat satu, semuanya tergantung dari kualitas yang disajikan dalam konten situs yang diberikan pada pengunjung.

      SEO yang baik akan selalu menempatkan blog atau situs anda pada pengunjung yang tepat tanpa menimbulkan bias ketika mengunjungi situs.

      SEO yang baik juga akan selalu melihat peningkatan apa yang terjadi selama proses pencarian dilakukan, mulai dari hasil pencarian, aktivitas klik situs, dan beberapa hal potensial lainnya.

      SEO akan selalu memberikan rekomendasi untuk praktik terbaik agar sebuah situs menjadi mudah ditemukan oleh mesin pencari, mulai dari hal-hal dasar seperti judul laman deskripsi situs dan hal-hal lain yang lebih komplek seperti language markup untuk situs global multilingual.

      SEO juga memastikan bahwa kegiatan serving online yang dilakukan pengunjung akan memberikan pengalaman yang baik, khususnya yang datang dari mesin pencari, dan website atau situs yang dikembangkan tersebut juga sangat membantu para pengunjung, baik jika digunakan menggunakan PC ataupun perangkat lunak.

      Umumnya SEO membutuhkan waktu antara empat hingga satu tahun untuk membantu sebuah situs (bisnis) untuk dapat melakukan peningkatan hingga bisa menghasilkan keuntungan potensial.

      Sedikit tips dari Maile, jika ingin menyewa jasa SEO pastikan kita juga bertanya apakah tips yang diberikan tersebut berasal dari sumber dokumentasi terpercaya seperti Google atau sumber lainnya. Perhatikan juga apakah jasa SEO yang disewa tersebut berfokus pada masalah yang perlu kita tingkatkan (tidak hanya pada peringkat situs), serta bagaimana cara mereka dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

      Hal ini perlu untuk ditanyakan guna menghindari jasa SEO yang buruk, Contohnya jika seorang SEO hanya memberikan saran seperti tambahkan "keyword lebih banyak pada konten blog", atau "tambahkan backlink ke situs lain supaya situs kita jadi lebih terindeks google".

      Seorang SEO yang baik, adalah SEO yang berfokus pada pengalaman pengunjung pada situs. Seperti ciptakan situs yang mobile friendly, ciptakan navigasi situs yang baik, dan bangun brand pada situs yang digunakan pada kegiatan bisnis.

      Hapus
    2. Tambahan.

      1. Lakukan komunikasi dua arah terhadap SEO yang dituju. Perhatikan apakah SEO tersebut tertarik dengan anda dan bisnis yang anda jalankan.

      SEO yang baik tidak hanya berfokus pada peringkat mesin pencari, tetapi mereka berfokus bagaimana cara supaya bisnis yang dikembangkan juga mengalami peningkatan. Perhatikan apakah SEO tersebut bertanya kepada anda tentang "Apa yang membuat bisnis anda unik dan bernilai daripada bisnis yang dilakukan oleh yang lain", yang tujuannya adalah untuk mengetahui potensi apa yang bisa digali atau dimaksimalkan dalam suatu situs.

      Perhatikan juga apakah SEO tersebut bertanya tentang "Seperti apa pengunjung yang sering mendatangi situs anda? dan bagaimana cara mereka menemukan situs tersebut?", SEO tersebut akan bertanya bagaimana bisnis anda sebenarnya dijalankan, dan korelasi apa yang bisa dibangun jika menggunakan mesin pencari.

      Pertanyaan lain juga yang akan diajukan oleh SEO adalah "Bagaimana anda mempromosikan situs tersebut, apakah menggunakan iklan secara offline, atau melalui sosial media? Juga siapa yang menjadi kompetitor dalam bisnis tersebut? apakah dia juga melakukannya secara online atau tidak?".

      Jika seorang SEO tidak tertarik pada bisnis atau pada beberapa point yang dibahas sebelumnya, maka sangat direkomendasikan untuk mencari jasa SEO yang lain. Sangat penting bagi seorang SEO untuk mengetahui bisnis apa yang sedang dilakukan oleh seorang klien serta potensi apa yang bisa mereka tingkatkan menggunakan teknologi.

      2. Periksa referensi, atau track record bisnis apa saja yang sudah pernah SEO tersebut optimalisasi.

      SEO yang baik adalah mereka yang bisa diajak bekerja sama serta berkolaborasi secara optimal dalam meningkatkan bisnis yang sedang dijalankan oleh seorang klien, serta bisa belajar banyak dari pengalaman yang pernah mereka alami sebelumnya.

      3. Tanyakan (beri perhatian lebih) pada beberapa permasalahan teknis dan juga pada masalah audit pencarian.

      Jika anda sudah menemukan seorang kandidat SEO, berikan beberapa pertanyaan terkait dengan batasan dan akses keamanan data. Jangan mempercayakan situs anda secara penuh kepada SEO yang akan disewa. Berikan batasan akses sebelum mereka melakukan modifikasi pada website atau situs yang akan dioptimalisasi. Seorang SEO dalam melakukan peningkatan optimalisasi atau audit dalam suatu situs harus memprioritaskan beberapa hal seperti permasalahan, saran peningkatan, estimasi biaya, dan estimasi dampak positif dari kegiatan bisnis. SEO juga perlu menjalin komunikasi dengan pengembang situs untuk membangun pemahaman teknis terkait masalah optimalisasi. SEO juga memberikan gambaran pengelaman rencana terhadap terhadap apa yang akan terjadi pada situs selama proses implementasi dan peningkatannya, serta memberikan antisipasi jika terjadi kegagalan pada prosesnya. Beberapa permasalahan isu juga perlu dikomunikasikan antara SEO dan pengembang terkait technical audit seperti internal linking, URL parameter, crawlability, server connectivity, dan response codes. SEO juga perlu membahas masalah audit pencarian (search audit) seperti brand dan unbranded quieri.

      4. Putuskan apakah anda kana menyewa jasa tersebut atau tidak.

      Hapus
  6. Bagaimana sebuah konten mendapatkan ranking dalam mesin pencari jika konten tersebut tidak memiliki banyak link yang menuju ke konten tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranys adalah dengan kembali ke dasar dari fungsi sistem pencarian, dimana mesin pencari menilai konten tersebut dari kualitas isi informasi yang dapat didalamnya.

      Hapus
  7. Apa yang terjadi jika sebuah halaman memiliki dua link yang menuju ke alamat URL yang sama? apakah akan memengaruhi PageRank laman tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ya bisa tidak, jawabannya tergantung dari algoritma pencarian yang digunakan oleh Google yang kadang bisa saja berubah dalam beberapa tahun.

      Hapus
  8. Google telah mengubah pasar mesin pencarian sejak tahun 90an dengan cara mengevaluasi backlink website ketimbang konten yang ada didalamnya, seperti yang dilakukan oleh mesin pencarian yang lain. Namun, adanya pembaruan algoritma yang dilakukan Google seperti algoritma Panda dan Penguin memperlihatkan adanya pergeseran yang lebih baik terhadap pentingnya kualitas konten. Namun demikian, apakah backlink akan mulai kehilangan prioritasnya dalam sistem mesin pencari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya backlink akan tetap digunakan sebagai bahan pertimbangan PageRank dalam menilai sebuah website untuk beberapa tahun yang akan datang. Beberapa ahli mengatakan bahwa dalam sistem pencarian informasi, beberapa informasi yang ditemukan terkadang memiliki kecocokkan terhadap informasi yang lain, dalam hal ini backlink tetap menjadi bahan pertimbangan. Backlink juga bisa juga digunakan sebagai bahan pertimbangan dari reputasi website dan halaman yang ditemukan dalam proses pencarian.

      Namun demikian, pada dasarnya seorang pengunjung lebih peduli terhadap informasi apa yang terdapat di dalam sebuah konten yang mereka kunjungi dari sebuah URL atau laman (link) yang terdapat didalamnya, sehingga hal ini membuat backlink lama kelamaan akan menjadi kurang dibutuhkan. Tidak hanya itu Google juga semakin lama juga semakin baik dalam perkembangan pemahaman bahasa natural (bahasa manusia), mesin pencaripun perlahan sudah mulai bisa memahami bahasa alami yang biasa diucapkan oleh manusia (tanpa perlu diarahkan melalui suatu link), seperti frasa "artikel ini dibuat oleh detik" atau "Niki mengatakan bahwa" dan lain sebagainya, sehingga manusia tidak perlu membuat kalimat yang sifatnya terlalu teknis untuk menyampaikan sebuah informasi.

      Hapus
  9. Bagaimana cara mesin pencari Google menentukan Judul atau title yang akan muncul dalam hasil pencarian pada mesin pencari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya ketika Google mencoba untuk menampilkan judul dalam hasil pencarian atau memutuskan title mana yang harus diperlihatkan dalam hasil pencarian yang relevan dengan queri, Google melihat beberapa kriteria dalam melakukan hal tersebut.

      1. Google berusaha menemukan judul yang umumnya singkat.

      2. Google berusama menemukan judul yang umumnya menampilkan deskripsi yang baik dari suatu laman, dan idealnya adalah situs dimana laman tersebut berada.

      3. Google berusama memahami apakah judul tersebut relevan terhadap queri pencarian.

      Jadi jika title HTML yang berada dalam laman cocok dengan kriteria tersebut, maka secara default Google akan langsung menggunakan judul tersebut.

      Namun, jika title yang diberikan tidak memenuhi kriteria tersebut, maka Google akan melakukan pencarian lebih dalam terhadap konten tersebut, mulai dari informasi yang terdapat di dalam konten yang dicari, link yang mengarah ke konten, ataupun juga menggunakan Open Directory Projectpun akan dilakukan pencarian untuk memahami title apa yang terbaik untuk konten atau laman tersebut.

      Hal yang perlu dipahami adalah bahwa title yang ditampilkan Google bertujuan untuk memberikan pemahaman para pengguna terhadap isi konten yang terdapat didalamnya. Jika user berusaha untuk mengontrol title apa yang ingin ditampilkan dalam hasil pencarian, maka hal tersebut tidak bisa dilakukan sama sekali. Namun, user bisa mengantisipasinya dengan memberikan judul apa yang kira-kira bakal diketik oleh para pengunjung mesin pencari yang berkaitan dengan isi konten, dan pastikan juga judul yang diketik tidak hanya merepleksikan queri ataupun isi laman, tetapi juga pintasan menuju ke situs atau juga coba berikan bebera konteks lain, sehingga pengguna dapat tau apa yang akan mereka dapat jika mengunjungi laman tersebut ketika diklik.

      Hapus
  10. Bagaimana sebuah situs atau blog kecil yang tidak memiliki merek atau brand yang terlalu terkenal bisa menjadi sangat populer dan ramai, bahkan mengungguli beberapa web yang memiliki brand yang jauh lebih terkenal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama hal yang perlu dipahami, bahwa hanya karna sebuah situs memiliki brand yang sangat terkenal bukan berarti situs tersebut pasti akan memiliki traffic yang pasti tinggi juga. Google memiliki banyak sekali pengalaman terhadap proses pencarian, banyak sekali yang memperlihatkan bahwa beberapa situs yang tidak memiliki brand yang terkenal bisa menghasilkan banyak sekali pengunjung ke situsnya. Selama informasi yang diberikan sebuah situs terebut sangat responsif dan dinamis terhadap permasalahan yang dibutuhkan pengunjung dan mampu memberikan solusi tercepat daripada yang lainnya maka Google akan memberikan peringkat lebih baik terhadap situs tersebut. Selama sebuah situs memiliki konten-konten yang lebih mengungguli konten situs lain yang lebih terkenal, maka situs tersebut secara otomatis akan menjadi lebih superior daripada situs yang terkenal tersebut.

      Coba pikirkan perkembangan beberapa situs seperti Facebook dan instagram yang awalnya hanya situs kecil kemudian bisa berubah menjadi sangat besar dan bahkan bisa menggungguli Google itu sendiri. Hal ini dapat terjadi karena mereka berfokus pada pengalaman pengguna dan mampu memberikan nilai tambah lebih daripada situs-situs lainnya. Apapun kondisinya jika sebuah situs melakukan sesuatu yang lebih baik dariapa yang situs lainnya, maka secara perlahan situs tersebut akan menjadi lebih baik dan perlahan menjadi yang paling unggul diantara yang lainnya.

      Namun perlu dipahami juga dalam proses pengembangan suatu situs, jika kita ingin berusaha berkompetisi sendirian melawan suatu situs dari suatu organisasi maka hal tersebut akan menjadi suatu persaingan yang sangat sulit. Jauh lebih efektif jika kita berusaha mengembangkan dari aspek lain yang lebih spesifik yang belum banyak atau belum pernah dikembangkan sama sekali, sebuah topik sederhana yang belum pernah dibahas sebelumnya, namun memiliki peluang besar dan dibutuhkan banyak orang, serta lakukan lebih baik daripada siapapun sebelumnya. Maka situs yang dikembangkan tersebut perlahan-lahan dapat menjadi lebih unggul daripada yang lain.

      Terakhir jangan pernah berhenti mencoba untuk menciptakan hasil karya terbaik, karena bagaimanapun hal ini adalah cara terbaik untuk mencapai kesuksesan.

      Hapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense