Rabu, Desember 16, 2020

Cara Aktivasi dan Mendapatkan akun pembelajaran dari Belajar.id Kemdikbud

Dalam rangka menjamin kegiatan proses belajar peserta didik di seluruh Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusdatin meluncurkan sarana pembelajaran berupa domain belajar.id


Peluncuran ini sesuai dengan edaran pemerintah:
Surat Edaran Nomor 37 Tahun 2020 Tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran Bagi Peserta Didik dan PTK. [klik]
Paparan Sesjen Tentang Peluncuran Akun Pembelajaran. [klik]
Salinan Persesjen Nomor 18 Tahun 2020. [klik]


Tujuan dari pembuatan akun pembelajaran ini adalah untuk mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah pada masa pandemi Covid-19,

dan juga untuk mendukung proses pembelajaran pada satuan pendidikan masing-masing wilayah melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Sasaran dari peluncuran akun belajar.id sendiri adalah seluruh peserta didik dari SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan para tenaga Kependidikan baik itu Kepala Satuan Pendidikan ataupun juga Operator Sekolah.

Catatan: Jika akun Pembelajaran tersebut tidak digunakan atau diaktivasi oleh Satuan pendidikan pada masing-masing wilayah, maka akun Pembelajaran tersebut otomatis akan dinonaktifkan.

Akun pembelajaran merupakan akun yang diberikan dalam bentuk user_Id dan Password dari Akun Google dengan domain @belajar.id. Dengan penggunaan fasilitas Google berupa GSuite for Education maka para peserta didik dan tenaga kependidikan dapat menggunakan berbagai fitur dan fasilitas unggulan yang dimiliki oleh Google. 

Dengan biaya penggunaan yang gratis, peserta didik dan juga tenaga kependidikan dapat menggunakan segala produk Google for Education hanya dengan menggunakan satu akun saja dan dapat menjangkau semua fasilitas yang dimiliki oleh Google (for Education). Tidak hanya itu akun yang diberikan juga bisa digunakan untuk mengakses layanan lain yang dimiliki oleh Kemdikbud.




Bagaimana cara untuk mendapatkan akun Pembelajaran yang diberikan kemdikbud untuk sekolah?



Untuk Peserta didik, Guru, dan Tenaga Kependidikan.
satu, Akun tersebut dapat diberikan oleh Operator sekolah masing-masing (user_Id dan password).
dua, Setiap peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan yang telah mendapatkan akun berupa user_Id dan password, maka tahap selanjutnya adalah masuk ke salah satu produk Google, dalam hal ini direkomendasikan adalah Gmail atau Google mail.
tiga, Setelah masuk akun Gmail, ketikkan user_Id dan password yang telah diberikan tersebut. 
empat, Setelah selesai memasukkan user_Id dan password, tahapan selanjutnya adalah mengganti password yang telah diketikkan sebelumnya dengan password baru.
lima, Jika sudah berhasil masuk gmail, maka secara otomatis akun Pembelajaran sudah bisa digunakan oleh Peserta didik, Guru, dan Tenaga pendidik.




Untuk Operator Sekolah

satu, Silahkan masuk ke lama pd.data.kemdikbud.go.id.
dua, Setelah laman tersebut terbuka, Operator dapat masuk atau login menggunakan akun Operator yang telah didaftarkan pada sdm.data.kemdikbud.go.id.
tiga, Setelah berhasil masuk, silahkan menuju ke menu Unduh Akun. Lakukan unduh atau download data-data akun yang terdapat pada menu tersebut (Admin, PTK, dan Peserta Didik).
empat, Terdapat tiga file yang di-download dari menu Unduk Akun dengan ekstensi file adalah CSV.
lima, Untuk proses pembagian atau distribusi akun dapat dilakukan sesuai dengan cara masing-masing sekolah.


Tidak semua produk dari Gsuite dapat diakses oleh pengguna akun Pembelajaran. Fasilitas yang digunakan hanya terbatas pada fasilitas Google for Education, fasilias lain seperti Blogger tidak bisa diakses menggunakan akun tersebut ( T.T ). Adapun beberapa produk atau fasilitas yang dapat digunakan menggunakan akun pembelajaran adalah seperti Gmail, GDrive, GClassroom, GCalendar, GMeeting, serta fasilitas Rumah Belajar Kemdikbud sebagai bahan materi ajar.

5 komentar:

  1. udah aktivasi, tapi bingun mau dipake buat apa, apalagi anak2 skrg udah pada jenuh dengan pjj

    BalasHapus
  2. yang keren sih menurt saya cuma nama domain nya ajah, klo yang biasa kan pake gmail. skrg pakenya belajar.id

    BalasHapus
  3. syang sih akunnya ga bisa dipake buat blogger, klo bisa lumayan nih bisa dimanfaatkan hahaha

    BalasHapus
  4. Teori sih gampang, cuma klo udah turun sosialisasi ke guru2, RUMIT, malah adanya yang lupa passwordnya, padhl undh diaktivasi

    BalasHapus
  5. Kira2 ni akun bakal berlaku selamanya ga ya, atau cuma selama masa pandemi aja ya?

    BalasHapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense