Kamis, Desember 03, 2020

Cara Verifikasi Ijazah melalui SIVIL, Forlab, dan PD Dikti 2020

Agar para ASN dan Non ASN dapat memastikan data ijazah universitas sesuai dengan data yang tercatat pada Pangkalan Data Kemdikbud, maka bisa dilakukan dengan cara memeriksanya melalaui beberapa lama sistem informasi milik pemerintah berikut, yaitu: Forlap, PD Dikti dan SIVIL.

Laman Forlap Dikti merupakan sistem informasi yang dimiliki oleh Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau PD Dikti. Pada sistem informasi tersebut kumpulan data dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia dikumpulkan dan dikelola di Pusat data dan Informasi Iptek Dikti. 

Sedangkan sistem informasi SIVIL atau Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik adalah sistem informasi yang dimiliki olek Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang fungsinya adalah sama-sama untuk memverifikasi nomor ijazah.

Sangat direkomendasikan bagi para ASN dan Non ASN untuk melakukan verifikasi nomor ijazah, apalagi bagi para calon peserta PPPK guna menghidari masalah administrasi pada saat melakukan pendaftaran atau seleksi administrasi.

Berikut cara pemeriksaan atau verifikasi nomor ijazah melalui SIVIL, PD Dikti dan Forlap 2020
Verifikasi Ijazah melalui SIVIL

pertama, Jalankan browser yang ada pada komputer (lebih aman jika pengguna menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox). 
kedua, Masuk ke alamat URL https://ijazah.kemdikbud.go.id/.
ketiga, Masukkan nama universitas asal atau Perguruan tinggi, Program studi, Nomor ijazah, serta masukkan kode pengaman pada form.
keempat, Pastikan semua data yang diisi adalah sama dengan data ijazah asli dan tidak ada yang keliru.
kelima, Klik verifikasi dan tunggu hasilnya keluar pada layar.

Verifikasi data Ijazah melalui PD Dikti
pertama, Jalankan browser yang ada pada komputer (lebih aman jika pengguna menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox). 
kedua, Masuk ke alamat URL https://pddikti.kemdikbud.go.id/.
ketiga, Pada opsi Pilih Kategori Pencari, klik menu "Data Mahasiwa", setelah itu lanjut mengisi form Nomor Induk Mahasiswa atau NIM, Nama, Nama Universitas, dan Nama Prodi tempat kuliah sebelumnya.
keempat, Pastikan semua data yang diisi adalah sama dengan data ijazah asli dan tidak ada yang keliru.
kelima, Klik atau centak pada menu "Saya Bukan Robot", dan selanjutnya Klik tombol Cari.
keenam, Tunggu beberapa saat, dan hasilnya akan muncul pada layar monitor. Setelah itu lakukan pencocokan data terhadap dokumen ijazah yang asli.

Verifikasi data Ijazah melalui Forlap
pertama, Jalankan browser yang ada pada komputer (lebih aman jika pengguna menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox). 
kedua, Masuk ke alamat URL https://forlab.restekdikti.go.id/
ketiga, Setelah masuk pada sistem forlab, Ketik data asal Perguruan Tinggi sesuai dengan Ijazah, Program Studi, serta Kata kunci berupa nama Mahasiswa atau NIM sesuai yang tercatat pada saat berkuliah
keempat, Lakukan penghitungan angka pengaman dan isi, selanjutnya klik pada menu "Cari Mahasiswa".
kelima, Tunggu beberapa saat, dan hasilnya akan muncul pada layar monitor. Setelah itu lakukan pencocokan data terhadap dokumen ijazah yang asli.

catatan: 
satu, biasanya kecepatan akses server pada beberapa sistem informasi tersebut tidak stabil, jadi harap sabar dalam menggunakan sistem informasi atau gunakan pada waktu tidak sibuk kerja.
dua, Pastikan setiap data yang diinputkan ke sistem adalah sama atau sesuai dengan dokumen asli.
tiga, Jika menemukan ketidakcocokkan data setelah melakukan verifikasi atau saat pencarian data, segera lapor ke Universitas tempat ijazah tersebut diterbitkan untuk memastikan bahwa data tersebut valid dan telah dikirim ke Pusat.
empat, Sistem pendataan yang dilakukan oleh PDDikti mulai berlakuk tahun 2002, jika alumni tersebut lulus pada periode sebelum tahun tersebut dan data tidak ditemukan pada sistem, maka segera menghubungi pihak universitas tempat ijazah tersebut diterbitkan.

5 komentar:

  1. buset servernya pada lemot semua!! :(

    BalasHapus
  2. kmaren sempat bermasalah sama nomor ijazah, pas sampe kamput malah tu nya malah cuma bilan sabar, datanya sudah dikirim pihak kampus mungkin nanti akan dpat konfirmasi, cek terus aja sistemnya.

    BalasHapus
  3. Prodi gw di kampus jateng satu jurusan datanya belum masuk semua ternyata.

    BalasHapus
  4. saya sih taunya sistem verifikasi ini ga sengaja waktu google nama sendiri di internet, malah munculnya data forlab dikti haha

    BalasHapus
  5. waw sistemnya banyak ya, sayang masih pada lemot semua pas dibuka,

    BalasHapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D