Kamis, Desember 03, 2020

Panduan Instalasi Aplikasi Dapodik versi 2021.c

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik merupakan sistem informasi pengelolaan data yang berada pada naungan Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen. Sistem informasi ini memuat mengelola data Satuan Pendidikan, Data Peserta Didik, Data GTK, dan Data Subtansi Pendidikan lainnya yang disebut sebagai entitas. Dapodik secara berkala selalu memperbarui setiap entitasnya melalui sekolah-sekolah yang ada diseluruh Indonesia.

Dengan adanya pangkalan data pokok tersbut, pemerintah pusat bisa memetakan segala macam kelebihan dan kekurangan yang ada pada sistem pendidikan di Indoensia.

Pada tahun ini (2021) pemerintah kembali me-release versi terbaru sistem informasi Dapodik untuk versi 2021.c. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan instalasi Dapodik versi 2021.c.


Panduan Instalasi Aplikasi Dapodik versi 2021.c



Cara Update Riwayat Pendidikan PTK pada aplikasi Dapodik versi 2021.c
satu, Lakukan download dan Patch Aplikasi Dapodik Versi 2021.c pada laman resminya yaitu https://dapo.kemdikbud.go.id/.
dua, Setelah proses pembaruan aplikasi atau update telah selesai dilakukan, silahkan masuk atau login ke laman aplikasi dapodik sekolah menggunakan akun Operator Sekolah.
tiga, Silahkan menuju ke menu Pengaturan pada aplikasi dapodik.
empat, Pilih atau klik tombol Tukar Pengguna (warna biru).
lima, Masukkan kode registrasi yang dimiliki oleh operator sekolah.
enam, Lakukan pencarian nama PTK yang akan dilakukan perubahan data Riwayat Pendidikan pada aplikasi dapodik.
tujuh, Selanjutnya, klik tukar pengguna.
delapan, Setelah masuk pada akun pribadi PTK melalui akun operator sekolah, maka selanjutnya klik menu GTK, dan pilih sub menu GURU atau Tendik yang akan dilakukan perubahan data.
sembilan, pilih klik nama (wajib diklik dulu!!) dari PTK yang akan dilakukan perubahan data.
sepuluh, Setelah dipilih, selanjutnya adalah pilih menu Ubah (warna ungu) maka akan keluar menu Edit Data GTK (nama, jenis kelamin, dll) dan Menu Edit data Periodik (passport, Riwayat sertifikasi, dll).
sebelas, Silahkan geser ke kanan pada tab menu data periodik, hingga menuju ke Riwayat Pendidikan Formal.
duaBelas, Untuk melakukan penambahan data pendidikan formal, silahkan pilih tombol Tambah (warna biru) dan isi data pada tiap kolom yang disediakan pada menu tersebut mulai dari data Bidang Studi, Jenjang Pendidikan, Gelar Akademik, Satuan Pendidikan Formal, Fakultas, Kependidikan (Ya/Tidak), Tahun Masuk, Tahun Lulus, NIS/NISN/NIM, Masih Studi/Kuliah, Semester, dan Rata-rata Ujian Akhir/IPK/GPA.
tigaBelas, setelah semua data selesai diisi, klik tombol Simpan (warna hijau) dan pastikan terlebih dahulu data tersebut sudah tersimpan, lakukan reload jika masih gagal tersimpan dan isi kembali sampai data berhasil tersimpan.
empatBelas, jika sudah tersimpan, maka proses selesai, dan operator sekolah dapat mengakhirinya dengan proses sinkronisasi data.



Setelah memahami prosedur update data riwayat pendidikan pada dapodik tersebut, berikut ini dikemukakan:

Cara Melakukan Penghapusan Data Riwayat Pendidikan yang Muncul Ganda pada Aplikasi Dapodik versi 2021.c

satu, Pastikan sudah mengunduh dan menginstal aplikasi Dapodik Versi 2021.c melalui laman web https://dapo.kemdikbud.go.id/.
dua, Silahkan masuk ke aplikasi dapodik menggunakan akun operator sekolah.
tiga, Masuk ke menu Pengaturan.
empat, Pilih tombol Tukar Pengguna.
lima, Masukkan Kode Registrasi yang dimiliki oleh operator sekolah masing-masing.
enam, Cari atau ketikkan nama PTK yang akan diubah Riwayat Pendidikannya.
tujuh, Klik tombol Tukar pengguna, supaya bisa masuk ke akun pribadi PTK tersebut melalui akun operator sekolah.
delapan, Pilih menu GTK, klik dan selanjutnya pilih menu Guru atau Tendik.
sembilan, Klik pada data ptk yang bersangkutan atau satu nama yang sudah muncul (wajib di klik dulu!!).
sepuluh, Setelah akun ptk diklik, selanjutnya menuju pilih menu Ubah (warna UNGU), maka akan muncul menu data pribadi pada bagian atas (identitas, nama, jenis kelamin, dll), dan data periodik pada bagian bawah (passport, riwayat sertifikasi, dll), jika sudah muncul selanjutnya adalah melakukan edit data yang double tersebut.
sebelas, Cari atau geser pada bagian data periodik hingga menemukan Tab Riwayat Pendidikan Formal.
duaBelas, Setelah ketemu, pilih salah satu data riwayat pendidikan, dan klik hapus
tigaBelas, Setelah tombol delete di klik, maka data tersebut akan terhapus.
empatBelas, Sisakan satu data saja pada data Riwayat Pendidikan tersebut.
limaBelas, Setelah selesai, maka lakukan sinkronisasi dengan cara klik tombol kembali keadmin, dan lakukan sinkronisasi data melalui akun kepala sekolah.
enambelas, setelah selesai dilakukan sinkronisasi data oleh operator sekolah, silahkan buka kembali aplikasi dapodik tapi menggunakan akun pribadi guru atau PTK yang telah dibehani tersebut, dan periksa datanya kembali apakah masih mengalami double atau tidak.
tujuhBelas, Jika tidak, maka akhiri proses dengan melakukan sinkronisasi oleh operator sekolah. 



Ketika akan melakukan sinkronisasi muncul lagi masalah baru, adalah akun Kepala Sekolah yang biasa digunakan untuk melakukan sinkronisasi tidak muncul tombol sinkronisasinyanya? nah loh?

Untuk mengatasi permasalahan tersebut pada aplikasi terbaru dapodik 2021.c harus dilakukan pemberian hak akses terlebih dahulu pada akun Kepala Sekolah, dimana dengan pemberian hak akses tersebut maka tombol sinkron akan muncul kembali pada akun KS tersebut. Berikut ini akan diberikan beberapa langkah solusi terhadap masalah tersebut:

Cara mengembalikan akun Kepala Sekolah dan PTK yang hilang pada Manajemen Pengguna aplikasi dapodik versi 2021.c

satu, Jika dapodik yang terinstal pada komputer sekolah adalah versi lama atau belum diupdate ke versi dapodik 2021.c, maka lakukan update melalui laman https://dapo.kemdikbud.go.id/ sesuai dengan prosedur yang berlaku.
dua, Setelah selesai update, selanjutnya masuk ke menu Pengaturan (kiri bawah).
tiga, klik tombol Manajemen Pengguna (warna hijau).
empat, Masukkan kode registrasi yang dimiliki oleh operator sekolah.
lima, Cari nama Kepala Sekolah.
enam, Selanjutnya klik nama kepala sekolah tersebut, pada bagian hak akses klik tombol Tambah (biru).
tujuh, pilih Peran atau role-nya sebagai Kepala sekolah.
delapan, klik Tombol Simpan (hijau) dan close.
sembilan, silahkan mengakses akun pribadi kepala sekolah melalui akun operator dapodik dengan cara klik menu pengaturan (kiri bawah). 
sepuluh, Klik tombol tukar akses pengguna disebalah kanan atas.
sebelas, masukkan kode registrasi yang dimiliki oleh operator sekolah.
duaBelas, lihat apakah pada menu sebelah kiri pada akun kepala sekolah sudah terdapat tombol sinkronisasi, jika sudah maka proses selesai.


Ketika akan melakukan sinkron data dapodik, pada aplikasi muncul tulisan "koneksi internet lemah", "server mati", dan "gagal melakukan sinkron". Sudah dicoba sinkron beberapa kali dan hasilnya masih sama. Cobaan aphaa lagi ini!! 

Tenang, tenang, sabar, ini ujian. Berikut ini akan diberikan beberapa tips atau solusi berdasarkan pengalaman selama menggunakan aplikasi dapodik dalam menghadapi kendala gagal sinkron Dapodik versi 2021.c.

Bererapa Tips mengatasi gagal sinkron data pada aplikasi Dapodik versi 2021.c
Tips Pertama, Bersihkan history browser yang digunakan sebelumnya:
satu, Jika menggunakan Google chrome, maka pada keyboard tekan Ctrl + H
dua, Klik tombol hapus data penjelajahan atau clear browsing data.
tiga, Selanjutnya pilih advanced,
empat, Rentang waktu pilih All time atau semua. 
lima, Klik hapus data atau clear data.
enam, Setelah selesai proses pembersihan data history, lanjut buka kembali laman Dapodik sekolah dan lakukan sinkron data. 
catatan: Proses hapus data histori tergantung pada jenis browser yang digunakan masing-masing. Contoh, seperti Firefox dengan cara menekan tombol keyboard Ctrl + Shift + H, dan lain sebagainya. Atau bisa dengan cara yang lebih efisien dengan menggunakan aplikasi CCleaner untuk membersihkan semua browser yang ada pada komputer secara simultan.

Tips Kedua, Lakukan Refresh Web dan DataBase Dapodik
satu, Tutup semua browser seperti Chrome atau Firefox dan browser lainnya yang aktif pada komputer saat ini. 
dua, Klik tombol Windows pada keyboard atau juga dapat dengan cara menekan tombol tersebut menggunakan mouse pada layar monitor, yang posisi tombolnya terletak pada pojok kiri paling bawah layar. Pilih menu Services, atau langsung saya pada tulisan disamping Windows tersebut (Type here to search) ketik "Services", maka akan tampil layanan seperti diperlihatkan pada gambar berikut.

tiga, Cari DapodikDB pada urutanyang disediakan dan klik kanan, pilih Restart.
empat, Cari DapodikWebSrv pada list yang disediakan, klik kanan dan Restart.
lima, Setelah selesai, buka kembali lama Dapodik menggunakan salah satu browser, login.
enam, Terakhir coba lakukan sinkron dapodik.

Tips Ketiga, Ganti Koneksi Internet yang digunakan pada komputer
Lakukan penggantian koneksi internet pada komputer yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi data dapodik, namun sebelum melakukan penggantian koneksi, periksa kabel dan modem yang digunakan pada komputer, apakah ada kabel yang kendor, atau modem yang digunakan terlalu panas suhunya.

Jika suhu modem cukup panas biasanya, kecepatan internet cenderung mengalami penurunan. Jika sudah dibenahi, dan masih gagal sinkron. Coba hubungkan jaringan komputer ke internet menggunakan wifi atau tathering HP jika komputer server tersebut memiliki jaringan wifi.

Tips Keempat, Lakukan Sinkronisasi diluar jam sibuk kerja
Bagi para operator dapodik, sudah menjadi hal yang wajar jika melakukan sinkronisasi pada waktu kerja atau pada waktu cutoff, tiba-tiba proses sinkronisasi akan lebih sering gagal. Hal ini dikarenakan keterbatasan bandwith yang dialokasikan oleh pemerintah pada server pusat, sehingga jika yang client atau sekolah-sekolah seluruh Indonesia berusaha mengakses server tersebut secara bersamaan, sudah pasti server-nya jadi lemot.

Oleh karena itu, cobalah lakukan sinkronisasi dapodik beberapa menit sebelum waktu pulang sekolah. Atau memang dilakukan diluar jam sekolah seperti pada malam hari atau waktu subuh. 

Loh, saya pulangnya kapan lagi ini kalo malem-malem masih disekolah?
Catatan: biasanya untuk proses sinkronisasi diluar jam kerja (saya sendiri) dilakukan recara remote atau jarak jauh dari rumah dengan menggunakan aplikasi Team Viewer. Dengan catatan komputer server yang berada disekolah masih berada dalam kondisi menyala, ada terkoneksi internet, dan juga sudah sama-sama terinstal aplikasi Tema Viewer.



Jika rekan-rekan ada yang mempunyai pertanyaan, saran , kritik, ataupun solusi lain terkait kendala dapodik versi 2021.c silahkan dapat berbagi dan berdiskusi bersama melalui kolom komentar berikut:

17 komentar:

  1. Sudah dilakukan sesuai panduan, tapi data masih muncul ganda. Apakah ada solusi lain?

    BalasHapus
  2. thx infonya sangat membantu,

    BalasHapus
  3. Kode Registrasi registrasi itu apa ya?

    BalasHapus
  4. saya kebetulan adalah asn baru, trus dapat tugas untuk ngurusi data dapodik, bingung banyak banget menunya, tanya yang jadi operator sebelumnya juga ga banyak bantu :(

    BalasHapus
  5. sudah dicoba diisi berkali-kali koq datanya masih gagal tersimpan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba terus sampai berhasil, atau cek koneksi dan jaringan. jika masih gagal coba lakukan instal ulang aplikasi dapodiknya.

      Hapus
  6. klo data riwayat pendidikanya yang diisi tidak lengkap gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo data yang diisi tidak lengkap kemungkinan bisa menyebabkan gagal menyimpan data, sebaiknya sebelum dilakukan pengisian, terlebih dahulu data yang dibutuhkan dipersiapkan semua terlebih dahulu. bisa koordinasi melalui operator sekolah atau teman sejawat yang sudah pernah mengisi,

      Hapus
  7. terima kasih infonya, sangat membantu

    BalasHapus
  8. ada yang punya file aplikasinya ga? sudah mau coba patch dari laman kemdikbud, tapi dari tadi lamannya ga kebuka-buka :(

    BalasHapus
  9. akhirnya ketemu juga tutorial yang jelas, makasih gan

    BalasHapus
  10. Saya sudah berhasil menginstal aplikasi dapodik versi terbaru, tetapi ketika melakukan sinkron, nama kepala sekolah malah tidak muncul, dan nama aplikasi dapodik versi terbaru juga tidak muncul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lakukan instal ulang kembali, setelah selesai, restart, dan nyalakan kembali komputer.

      Sebelum instal ulang donwload kembali data prefil terbaru atau urutan paling atas, data yang hilang biasanya bermasalah pada bagian prefil data. Jika telah selesai, coba lakukan instal.

      Setelah proses instal berhasil, lakukan registrasi secara OFFLINE, tidak dianjurkan untuk melakukan registrasi secara online, biasanya sering terjadi gagal karena server pusat yang sedang ramai.

      Hapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D

Footer Adsense