Selasa, Januari 12, 2021

Informasi Pelaksanaan PPPK 2021

Hampir setiap tahun pemerintah Indonesia selalu membuka kesempatan bagi para pemuda pemudi Indonesia untuk berkarir sebagai pelayan masyarakat atau lebih akrab dikenal dengan istilah PNS, baik itu ASN ataupun PPPK. Tahun ini (2021), pemerintah telah membuka kesempatan bagi para guru honorer termasuk juga diantaranya adalah honorer kategori atau eks-THK-2 untuk bisa mendaftar atau mengikuti ujian seleksi untuk menjadi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja atau PPPK. Adapun rinciannya, seperti dikemukakan pada hasil rapat yang diadakan melalui RAPAT KOORDINASI PPPK. Berikut ini beberapa hal penting yang dapat disimpulkan berdasarkan hasil rapat tersebut. 



RESUME HASIL RAPAT KOORDINASI PPPK di Denpasar, Bali. Pada tanggal 10-12 Desember 2020

satu, Pendaftar PPPK formasi guru adalah terdiri dari Guru Honor K2 yang sudah terdaftar dalam database BKN, Guru Honor disekolah negeri ataupun swasta yang datanya telah masuk dalam dapodik sekolah, dan lulusan S1/D4 baru atau freshgraduate yang telah memiliki sertifikat pendidik dari program PPG Prajabatan.

dua, Kepemilikan NUPTK bukan menjadi syarat pendaftaran PPPK.

tiga, Yang wajib diperhatikan oleh calon pendaftar PPPK adalah kesesuaian data NIK (Nomor Induk Kependudukkan), mulai dari data tempat dan tanggal lahir yang tercantum di dukcapil terhadap data dapodik yang tersimpan. Jika ditemukan ketidakcocokkan data NIK dan data yang tersimpan pada dapodik, maka segera lakukan perubahan atau perbaikan data dengan cara mengecek langsung ke dukcapil daerah masing-masing. Jika data NIK telah berhasil diperbaiki, segera lakukan perbaikan data pada vervalptk melalui bantuan operator sekolah, dimana pada fitur perbaikan identitias, lakukan upload ulang berupa scan data KTP atau KK asli yang telah diperbaiki tersebut.

empat, Setelah dinas pendidikan menyetujui perbaikan data, selanjutnya operator dapodik segera melakukan sinkronisasi dapodik untuk mengirim data perbaikan dari dapodik sekolah ke pusat. Perbaikan data dilakukan paling lambat sebelum tanggal 31 Desember 2020.

lima, Pendaftaran PPPK dilihat dari kualifikasi IJAZAH yang linier dengan bidang formasi yang tersedia pada proses pendaftaran. Bagi para guru yang memiliki sertifikat pendidik atau serdik, maka serdik tersebut hanya bisa digunakan sesuai dengan linieritas rumpun ilmu yang ada pada formasi pendaftaran.

enam, Proses verifikasi data guru calon peserta PPPK yang datanya telah masuk ke dapodik dilakukan melalui sistem informasi infoGTK beserta proses verval ijazah. Perlu diperhatikan bahwa, proses Verval ijazah tidak digunakan untuk menentukan apakah seorang guru atau calon pendaftar tersebut layak atau tidak untuk mengikuti PPPK. Verval ijazah hanya digunakan untuk melalakukan verifikasi data yang dimiliki calon terhadap data yang dimiliki oleh pusat atau DIKTI. Adapaun data-data yang  perlu diperhatikan ketika melakukan Verval ijazah adalah nama lengkap pendaftar, nama perguruan tinggi, nama prodi perguruan tinggi, nomor ijazah, NIM  dan tahun lulus kuliah. Apabila calon memiliki ijazah S1/D4 lebih dari satu, maka diambil salah satu saja sesuai dengan bidang formasi yang tersedia. Apabila terdapat kesalahan data ketika melakukan verval ijazah, calon pendaftar harus segera menghubungi pihak universitas untuk melakukan perbaikan data. Apabila tidak ditemukan nama atau data dari perguruan tinggi calon pendaftar, maka dapat dilakukan upload ijazah asli yang selanjutnya akan dilakukan verifikasi oleh admin pusat.

tujuh, Proses verval ijazah untuk pendaftaran PPPK dilakukan paling lambat tanggal 31 Desember 2020.

delapan, Kegiatan seleksi PPPK akan dilaksanakan mulai dari tahun 2021 sampai dengan tahun 2024.

sembilan, Peserta PPPK yang tidak lolos dapat mengulang kembali proses sebanyak 3 kali.

sepuluh, Ujian atau seleksi PPPK materinya berbeda dengan ujian CPNS, karena tidak ada materi kompetensi dasar, melainkan hanya materi kompetensi teknis atau kompetensi bidang.

sebelas, Materi ujian terdiri dari bebera kompetensi, yaitu kompetensi teknis, tes bakat skolastik, manajerial, Sosio kultural, dan pertanyaan wawancara. Materi kompetensi teknik terdiri dari 50 butir soal dengan waktu pengerjaan adalah 60 menit. Materi tes bakat skolastik terdiri dari 40 butir soal dengan waktu pengerjaan adalah 60 menit. Materi manajerial terdiri dari 30 butir soal dan waktu pengerjaan adalah 25 menit. Materi sosio-kultural terdiri dari 20 soal dengan waktu pengerjaan adalah 15 menit. Dan terakhir adalah pertanyaan wawancara yang dijawab secara tertulis sebanyak 10 pertanyaan dengan alokasi waktu 10 menit. Kompetensi teknik dan Tes Bakat Skolastik memiliki bobot nilai sebesar 60% dan kompetensi manajerial, Sosio-Kultural, dan wawancara memiliki bobot nilai sebesar 40% dari total keseluruhan tes. Jadi, total keseluruhan soal adalah 150 butir soal dengan waktu total adalah 170 menit.

duaBelas, Peraturan pelaksanaan PPPK tercantum dalam: 
UU No.5 Tahun 2014, 
PP No.49 Tahun 2018 tentang manajemen PPPK, 
Perpres No.38 Tahun 2020 tentang jenis jabatan yang dapat diisi oleh PPPK,
Perpres No.98 Tahun 2020 tentang gaji dan tunjangan PPPK,
PERMENPANRB No.72 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Menteri PANRB No.2 Tahun 2019 tentang pengadaan PPPK untuk Guru, Dosen, Tenaga Kesehatan, dan Penyuluh Pertanian,

tigaBelas, Seluruh Guru PPPK diangkat menjadi Guru Ahli Pertama.

empatBelas, PPPK berhak menerima gaji dan tunjangan sesuai dengan golongan dan masa kerja, mendapatkan kenaikan gaji berkala atau kenaikan gaji istimewa, dan gaji dan tunjangan bagi PPPK di instansi pusat.



Dari hasil rapat tersebut kemudian pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan proses seleksi PPPK (Pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja) mulai dari tahun 2021 hingga tahun 2024 yang akan datang. Dincian jadwal persiapan seleksi PPPK adalah sebagai berikut:

satu, Bulan Desember 2021, dilakukan kualifikasi database InfoGTK dan Data Kebutuhan per Daerah.
dua, Bulan Januari 2021, dilakukan kualifikasi Pendidikan oleh Kemendikbud.
tiga, Bulan Februari 2021, Penyampaian Materi Pelajaran.
empat, Unknown, Pengumuman Seleksi.
lima, Unknown, Ujian Seleksi.



PPT Sosialisasi PPPK:


Download Formasi wilayah regional PPPK 2021


Tiga Materi Ujian PPPK yaitu Kompetensi Teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosio kultural

Kompetensi TekniS Seleksi PPPK
Pada materi ujian kompetensi teknik PPPK, materi yang akan diujikan terdiri dari materi pengetahuan, keterampilan, dan sikap prilaku yang sifatnya dapat diukur, diamati, dan dikembangkan secara spesifik sesuai dengan bidang teknis jabatan masing-masing peserta ujian. Contoh, guru Matematika, maka materi ujian kompetensi Teknisnya akan berisi soal-soal terkait matematika sekolah tingkat dasar dan menengah, pemahaman logika, dan instrumen-instrumen pembelajaran yang biasa digunakan selama kegiatan pembelajaran disekolah.

Kompetensi Manajerial Seleksi PPPK
Terdapat delapan pokok materi bahasan yang akan diujikan pada bagian kompetensi manajerial, antara lain:

satu, Integritas, merupakan materi ujian yang berkaitan dengan konsistensi perilaku yang selaras dengan nilai-nilai, norma-norma, etika organisasi, dan sikap jujur dalam hubungan dengan dunia kerja baik dalam hal manajemen kerja, interaksi dengan rekan kerja dan lingkungan, budaya etika, dan budaya tanggungjawab beserta resiko-resiko atau dampak-dampak yang menyertainya.

dua, Kerjasama, merupakan materi ujian yang berkaitan dengan kemampuan menjalin, membina, dan mempertahankan hubungan kerja yang efektif dan harmonis, serta komitmen untuk saling membantu dalam proses penyelesaikan tugas dan permasalahan dalam lingkungan kerja, dan pengoptimalan segala macam sumberdaya yang ada pada lingkungan kerja untuk mencapai tujuan strategis dari organisasi.

tiga, Komunikasi, merupakan materi ujian yang berkaitan dengan kemampuan untuk menerangkan suatu pandangan atau suatu gagasan secara jelas dan efektif, sistematis, dan disertai argumentasi yang logis beserta cara-cara yang sesuai dan baik, baik secara lisan ataupun tertulis, yang berupa pemahaman baik itu melalui pendengaran ataupun penglihatan, yang disampaikan secara persuasi atau meyakinkan guna membujuk orang atau individu untuk dapat bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi.

empat, Orientasi Pada Hasil, merupakan materi ujian yang berkaitan dengan kemampuan mempertahankan komitmen dalam proses penyelesaian tugasnya masing masing, bisa diandalkan, memiliki sikap tanggungjawab, dan mampu secara sistematis mengidentifikasi segala bentuk peluang dan resiko yang akan terjadi pada proses kegiatan atau pekerjaan dalam suatu organisasi.

lima, Pelayanan Publik, merupakan materi ujian yang berkaitan dengan kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan aturan atau tupoksi masing-masing, baik itu berupa kegiatan pembangunan atau kegiatan pemenuhan pelayanan publik secara profesional, transparan, sesuai standar yang objektif, netral, tidak diskriminatif, dan tidak terpengaruh oleh kepentingan golongan ataupun organisasi tertentu yang sifatnya pribadi atau politik.

enam, Pengembangan diri, merupakan materi ujian yang berkaitan dengan kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan dan penyempurnaan kemampuan diri, serta dapat memberikan inspirasi bagi orang lain dalam proses pengembangan dan penyempurnaan pengetahuan dan keterampilan yang relevan terhadap bidang pekerjaan dan pengembangan karir untuk jangka panjang.

tujuh, Mengelola Perubahan, merupakan materi ujian yang berkaitan dengan kemampuan untuk menyesuaikan diri dalam suatu situasi yang baru atau dinamis dan tidak bergantung secara berlebihan pada suatu motode atau cara lama yang sudah tidak efisien dalam proses pengambilan keputusan untuk mendukung dan melaksanakan suatu inisiatif perubahan, dan mampu untuk memimpin usaha perubahan tersebut, serta berani mengambil tanggung jawab pribadi untuk memastikan proses perubahan tersebut berhasil diimplementasikan secara baik dan efektif.

delapan, Pengambilan Keputusan, merupakan materi ujian yang berkaitan dengan kemampuan membuat keputusan yang baik dan tepat waktu serta dapat memberikan keyakinan diri setelah melalui berbagai proses pertimbangan dengan prinsip yang hati-hati, dirumuskan secara sistematis dan seksama menggunakan bahan pertimbangan berbagai sumber informasi, mempersiapkan alternatif pemecahan masalah dan konsekuensi, dan bertanggung jawab terhadap keputusan yang telah diambil.

Kompetensi Sosio Kultural Seleksi PPPK
Kompetensi ini merupakan kompentensi dalam hal kemampuan untuk mempromosikan sikap toleransi, keterbukaan, kepekaan sosial terhadap individu dan kelompok, serta mampuan untuk menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah dalam mempersatukan masyarakat dan membangun lingkungan sosial psikologis masyarakat dalam suatu kemajemukan Indonesia, yang dapat menciptakan suatu hubungan erat antar ASN dan para pelaksana peraturan pemerintah. Kompetensi ini juga diharapkan dapat menjaga, mengembangkan, dan mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan dalam tubuh individu itu sendiri dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Kompetensi Sosio Kultural merupakan kompetensi dalam bidang pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku yang terukur, dan pengembangan yang berkaitan dengan proses pengelaman interaksi yang terjadi antar masyarakat majemuk dalam hal beragama, bersuku, berbudaya, berperilaku, berwawasan, beretika, bermoral, dan berprinsip untuk dapat memperoleh hasil kerja yang sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan dari individu masing-masing.

47 komentar:

  1. Mau tanya, klo kita mau ikut tes cpns apakah memang harus mundur dulu dari PPPK, atau bisa ditransfer saja dari PPPK ke CPNS, soalnya kan sama-sama bagian dari PNS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus pilih salah satu dulu, klo ga CPNS berarti PPPK, soalnya terkait penyerahan KS tugas. Dan memang belum ada informasi apakah PPPK bisa dialihfungsikan ke CPNS guru atau tidak.

      Hapus
  2. Assalamualaikum, mau tanya cara daftar PPPK gimana ya? ini saya dari TK swasta apabisa mengikuti program seleksi PPPK tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persyaratan umum pendaftaran seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan proses daftar adalah melalui link resmi https://sscasn.bkn.go.id

      Hapus
  3. Dari yang saya tau, guru honorer di sekolah swasta tidak bisa mendaftar PPPK, apakah benar? katanya harus mendaftar di sekolah negeri dulu baru bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata siapa? Guru Swasta bisa mendaftar PPPK, jika datanya telah tercatat di dapodik. Namun jika data guru tersebut baik guru honor swasta ataupun negeri belum terdaftar di dapodik maka guru tersebut memang belum bisa mendaftar.

      Hapus
  4. Guru guru yang baru lulus kuliah jurusan PGSD, namun tidak punya sertifikat PPG apakah tetap bisa mengikuti pendaftaran PPPK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa, kecuali melalui jalur penerimaan CPNS formasi guru.

      Hapus
  5. Kalau guru yang yang terdaftar di simpatika kemenag bagaimana? apakah guru tersebut juga bisa ikut PPPK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, sesuai dengan formasi dan quota yang telah diberikan oleh kemenag ke BKN.

      Hapus
  6. Apakah peluang guru swasta untuk daftar sedikit ya? katanya yang lebih diutamakan yang sudah lama mengajar disekolah tersebut? apakah hal tersebut benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika lolos seleksi pemberkasan, dan dapat mengikuti seleksi PPPK, artinya peluang guru tersebut adalah sama dengan peserta yang lain meskipun guru tersebut baru mengajar di sekolah swasta.

      Hapus
  7. Koq tidak ada lowongan untuk tenaga penjaga sekolah ya, padahal sudah mengabdi bertahun-tahun dan bahkan tugasnya juga sama-sama berat, apa tidak ada kebijakan dari pemerintah sama sekali.

    BalasHapus
  8. Kalo misal punya ijazah pendidikan tapi mapel yang diampu tidak linier, contoh jurusan bahasa indonesia tapi ngajarny adi SD sebagai guru apakah tetap bisa ikut PPPK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba saja diajukan untuk daftar, tapi kemungkinannya tetap tidak bisa karena tidak linier, apalagi SD jurusan yang diutamakan adalah dari jurusan PGSD.

      Hapus
  9. Jika kemenag tidak membuka lowongan PPPK untuk tahun ini, bagaimana ya nasib guru agama kedepan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan akan tetap ada, mengingat mata pelajaran agama juga tetap menjadi bagian dari mata pelajaran yang ada disekolah-sekolah

      Hapus
  10. Kemaren lulus tahun 2007, setelah itu ngajar dari tahun tersebut sampai tahun 2012 (5 tahun), setelah itu pindah ke instansi swasta sebagai marketing.

    Apakah saya tetap bisa mengikuti seleksi PPPK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah datanya masih tercatat didapodik tempat mengajar disekolah sebelumnya? atau sudah punya sertifikat PPG? jika salah satu syarat sudah ada kemungkinan bisa mengikuti seleksi tersebut,,, mudah2an,

      Hapus
  11. Assalamualaikum, saya sudah menjadi guru honor lebih dari 10 tahun di tk swasta, saya mulai mengajar setelah lulus dari D2 PGTK tahun 2008 dan sekarang sedang melanjutkan sekolah lagi di jenjang S1 PGPAUD, pertanyaannya apakah kira2 saya bisa mengikuti seleksi PPPK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika melihat batas persyaratan minimal yang ditentukan kemungkinan tetap tidak bisa, tapi dicoba saja siapa tau diberi kemudahan

      Hapus
  12. Sangat tidak adil rasanya jika seorang guru honorer yang bergelar A.ma dan mengajar pada bidang linier dengan ijazah yang dimilikinya, yang sudah mengabdi selama bertahun-tahun dan telah memiliki NUPTK, serta telah tercatat didapodik dan bahkan sudah pernah mengikuti UKG, namun tetap tidak bisa mengikuti seleksi PPPK hanya karena tidak memiliki gelar ijazah setara S1/D4.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa dikatakan bahwa langkah seleksi yang telah diambil pemerintah tersebut merupakan sebuah tindakan yang tidak adil, mengingat segala macam perubahan dan perbaikan yang telah dilakukan selama ini dari waktu ke waktu. Memang sistem yang telah dikembangkan dan dijalankan saat ini mungkin belum sempurna, namun setiap tindakan yang telah dijalankan tersebut sudah dilakukan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang matang.

      Lagi pula tujuan langka ini diambil, karena salah satu permasalahan utama yang ada didunia pendidikan di Indonesia kualifikasi para tenaga pendidikan yang ada diindonesia sebagian besar memang masih ada yang berada dibawa standar.

      Tidak mungkin sebuah negara bisa menghasilkan sumber daya yang maju, jika tenaga pengajarnya sendiri masih belum maju.

      Hapus
  13. Kalau memang negara ini sudah tidak butuh lagi tenaga administrasi, penjaga, dan pesuruh dilingkungan dinas pendidikan tolong segera diberikan kejelasan... jangan cuma bisa dikecewakan dan disakiti saja hatinya... mengabdikan diri berpuluh-puluh tahun bahkan ada yan sampai 30tahun lebih, dengan jam kerja 24jam untuk menjaga aset-aset negara, kami bertaruh nyawa, tolong pemerintah untuk memberikan pertimbangan kembali, jangan cuma guru saja yang terus2an diperhatikan, kami juga...

    BalasHapus
  14. Apakah guru yang tidak lolos program PPG tetap bisa mengikuti seleksi PPPK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, jika guru tersebut datanya telah terdaftar di dapodik.

      Hapus
  15. Bagaimana caranya untuk mengetahui jika data kita telah sesuai persyaratan untuk mengikuti seleksi PPPK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cek data kelengkapan tersebut pada infoGTK, dan dapodik, serta lakukan verval ijazah dan pencocokkan NIK melalui sistem tersebut. Atau coba berkoordinasi dengan teman sejawat yang juga sama2 akan mengikuti seleksi PPPK atau bisa bertanya dengan operator sekolah terkait validasi data dapodik.

      Hapus
    2. Sistem seleksi pegawai pemerintah sekarang sebagian besar memang sudah berbasis online, tapi koq tetap bikin pusing saja ya persyaratannya, apalagi sistem yang digunakan tidak terintegrasi ke dalam satu kesatuan.

      Hapus
  16. Selamat malam, saya adalah salah satu pengajar di tk swasta dengan masa kerja sudah lebih dari 10 tahun dan telah memiliki nuptk, tapi belum sertifikasi, apakah saya bisa mendaftar seleksi PPPK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. NUPTK tidak menjadi syarat untuk dapat mendaftar PPPK, baik guru yang telah memiliki NUPTK ataupun tidak memiliki NUPTK tetap bisa mengikuti seleksi PPPK, dengan ketentuan guru tersebut minimal memiliki ijazah setara S1/DA, memiliki sertifikat pendidik, atau telah tercatat didapodik.

      Hapus
  17. Apakah semua proses seleksi PPPK dari mulai pendaftaran sampai dengan tes dilakukan secara online semua? mohon infornya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa dipastikan apakah proses seleksi PPPK 100% dilaksanakan secara online, berkaca dari proses pelaksanaan tes CPNS tahun lalu, peserta seleksi tetap diwajibkan membawa beberapa berkas fisik untuk dibawa ketika tes dilaksanakan seperti nomor peserta, untuk berjaga-jaga selalu siapkan persyaratan fisik (atau hard copy) yang sebelumnya telah diupload untuk persyaratan, minimal fotocopy yang telah dilegalisasi oleh instansi terkait masing-masin.

      Hapus
  18. Seandainya masa perjanjian maksimal 5 tahun telah dicapai, apakah untuk selanjutnya kan terus diperpanjang lagi 5 tahun hingga masa pensiun, ataukah tidak? Atau mungkinkah pegawai PPPK tersebut dapat diberhentikan atau diputus kontraknya sewaktu-waktu oleh pemerintah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa dijawab, karena belum ada regulasi lebih lanjut dari pemerintah.

      Hapus
  19. KEADILAN ITU TIDAK ADA
    SELALU SAJA YANG AKAN TERSAKITI, KESANNYA SELALU SAJA SETENGAH HATI. JIKA SUDAH JADI PNS SEMUA MASALAH PASTI SELESAI.

    HAL INI MUNGKIN MEMANG DIPANDANG SECARA SEBELAH MATA, PADAHAL JIKA DILIHAT KONTRIBUSINYA MUNGKIN DIMATA PARA BELIAU HAL INI TIDAK ADA HARGANYA SAMA SEKALI. TAPI BAGI BEBERAPA ORANG PENGABDIAN BUKANLAH SESUATU YANG SEDERHANA, MENGABDIKAN DIRI BERTAHUN-TAHUN, MULAI DARI PARA PENJAGA SEKOLAH, PENATA KEBUN, DAN PARA HONORER. SANGAT BEDA DENGAN SWASTA YANG GAJINYA DILINDUNGI OLEH PARA PERUSAHAAN BESAR DAN ORGANISASI PARA BURUH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada peraturan yang sempurna dimuka bumi ini, selama peraturan tersebut dibuat oleh manusia, apa yang dilakukan pemerintah adalah meminimalisasi ketidakefektifan dari proses pelaksanaan birokrasi yang telah dilakukan selama bertahun-tahun.

      Jika dikatakan tidak adil, sebagian kelompok pasti mengatakan iya dan sebagian lagi pasti mengatakan tidak.

      Apa yang dilakukan pemerintah bukanlah menghilangkan ketidakadilan tapi memperkecilnya sehingga sebagian besar masyarakat akan bisa merasakan keadilan tersebut secara merata.

      Hapus
  20. kalau belum punya dapodik gmana? apakah tetap bisa mengikuti seleksi PPPK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang belum punya dapodik disini cuma satu orang guru atau sekolahnya memang belum menggunakan dapodik?

      Hapus
  21. Kalau data dapodik saya berada di SMA Swasta dan ingin mendaftar di SD Negeri, apakah bisa? trus caranya gimana? kasih pencerahannya pls.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa karena ijazah pendidikan tidak linier denga formasi yang dituju, untuk SD yang boleh itu cuma dari PGSD.

      Hapus
  22. Mohon penejelasannya, saya adalah lulusan program bahasa Inggris dan sudah memiliki sertifikat pendidik. Apakah saya bisa mendaftar di PPPK sekolah SD atau SMP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jurusannya pendidikan bahasa inggris, berarti daftar ke SMP atau SMA, klo SD itu PGSD.

      Hapus
  23. Bagaimana dengan kasus guru SMA yang telah mengabdi selama 10 tahun di salah satu SMA Swasta, dan dengan kebijakan yang sewenang-wenang dari kepala sekolahnya guru tersebut diberhentikan pada tanggal 1 oktober, apakah guru tersebut masih bisa mengikuti program seleksi? mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika datanya masih tercatat didapodik sekolah, insyallah masih bisa. Prihal sudah diberhentikan dari sekolah, coba datang lagi kesekolah dengan membawa buah tangan, dan melakukan diskusi secara baik-baik atau meminta bantuan pihak lain untuk melakukan lobi supaya bisa tetap mengajar kembali disekolah tersebut. :D

      Hapus
  24. Saya telah mengajar disalah satu sekolah swasta selama kurang lebih 2 tahun, tetapi nama saya belum bisa masuk ke dalam dapodik. Apakah saya tetap bisa mendaftar PPPK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah memiliki sertifikat pendidik dengan gelar pendidikan setara S1/D4, atau data sudah tercatat diBKN pusat (K2), maka tetap bisa mengikuti proses seleksi meskipun datanya belum tercapat didapodik.

      Hapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D