Senin, Februari 15, 2021

Jadwal Vaksinasi Covid untuk Guru atau Tenaga Pengajar

Berdasarkan Surat Edaran yang diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan, bahwa jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan dilakukan dalam beberapa tahapan yang akan mulai dilaksanakan pada Januari 2021 sampai dengan Maret 2022.

Untuk pelaksanaan vaksinasi tahap satu, akan dilaksanakan pada Januari hingga April 2021. Dimana sasaran dari vaksinasi tersebut adalah para tenaga kesehatan, para asisten tenaga kesehatan, dan para tenaga penunjang beserta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang ikut bekerja ada Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

 

Untuk pelaksanaan vaksinasi tahap dua, waktu pelaksanaannya juga akan dilaksanakan mulai Januari hingga April 2021. Sasaran dari vaksinasi tahap dua adalah para petugas pelayan publik dan kelompok usia lanjut atau lebih dari 60 tahun. 

Untuk pelaksanaan vaksinasi tahap tiga, waktu pelaksanannya akan dilaksanakan pada April 2021 hingga Maret 2022 dengan sasaran vaksinasi adalah golongan masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi, atau sederhananya adalah golongan masyarakat kurang mampu.

Sedangkan untuk tahap terakhir yaitu tahap empat, juga akan dilaksa mulai April 2021 hingga Maret 2022. Pada tahap empat, sasaran dari program vaksinasi adalah masyarakat dan para pelakuk ekonomi lainnya berdasarkan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin. 

Sedangkan untuk guru, merujuk pada SK Dirjen P3Kemenkes Juknis Vaksinasi COVID-19, maka pelaksanaannya akan dilaksanakan pada tahap dua. Sekilas, jika dibaca dari edaran tersebut tidak ditulis secara langsung, bahwa guru akan diberikan vaksinasi pada tahap dua, meelainkan lebih ke para petugas pelayanan publik. Dimana pada Edaran tersebut dipertegas bahwa yang dimaksud dengan para pelayan publik adalah Tentara Nasional Indonesa/Kepolisian Negara Republik Indonesia, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya yang meliputi petugas bandara, petugas pelabuhan, petugas stasiun, petugas perbankan, pegutas perusahaan listrik negara, petugas perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat langsung dalam kegiatan pelayanan publik. 

Namun berdasarkan sumber : https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20210215/4636978/vaksinasi-covid-19-bagi-pekerja-publik-akan-dimulai-17-februari-2021/

Diperjelas bahwa guru juga akan menerima vaksin pada tahap 2 tersebut. safe...!!

Surat Keputusan Direktorat Jenderal P3Kemenkes tentang Petunjuk Teknis Vaksinasi COVID-19

16 komentar:

  1. Balasan
    1. Vaksinasi merupakan proses yang ada didalam tubuh manusia, dimana setelah tubuh seseorang diberikan vaksin maka antibodi dari orang tersebut akan menjadi kebal terhadap jenis penyakit tertentu. Dimana jika orang tersebut pada suaut kondisi atau saat tertentu perpapar kembali dengan jenis penyakit tersebut maka sakit yang akan dialami oleh orang yang telah menerima vaksin hanya dalam bentuk yang lebih ringan karena antibodi telah dilatih untuk menghadapi kondisi penyakit tersebut.

      Hapus
  2. Apa yang dimaksud dengan vaksin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vaksin merupakan produk biologi yang didalamnya berisi semacam antigen tertentu yang berupa mikroorganisme atau bagian zat lain yang dihasilkan yang telah diolah sedemikian ruma sehingga aman bagi tubuh manusia, yang digunakan untuk melatih antibodi untuk mengenali zat atau bentuk dari kondisi pada vaksin. Atau secara sederhana dapat dikatakan bahwa vaksin merupakan mikroorganisme suatu zat atau penyakit yang telah dilemahkan, yang digunakan untuk melatih antibodi supaya bisa mengenali kondisi dari zat tersebut.

      Hapus
  3. Bagaimana cara vaksin bekerja untuk melawan penyakit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vaksin bekerja dengan cara meransang pembentukan sistem kekebalan atau sistem imun terhadap penyakit atau zat tertentu yang disisipkan dalam bentuk vaksin. Dimana vaksin yang telah masuk ke dalam tubuh tersebut kemudian akan dikenali oleh sistem pertahanan atau sistem antibodi manusia, dam kemudian membuat sistem antibodi dapat mengenali dan mengetahui cara untuk membasmi atau melawan zat tersebut.

      Hapus
  4. Pernah dengan ada istilah herd immunity, maksudnya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Herd Immunity merupakan suatu kondisi dimana masyarakat atau populasi suatu kelompok terlindungi dari serangan penyakit tertentu, dimana hal ini juga akan berdampak secara tidak langsung terhadap orang yang rentan terhadap penyakit tersebut. Kondisi ini dapat tercapai jika individu dari seluruh masyarakat atau populasi tersebut sebagian besar telah memiliki sistem kekebalan pada dirinya masing-masing, baik yang terjadi secara mutasi ataupun juga melalui program vaksinasi.

      Hapus
  5. Emang ada buktinya kalo seseorang divaksinasi trus covid bakal hilang, atau jenis penyakit lain selain covid yang sifatnya menular juga bisa hilang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat sulit jika hal ini dijelaskan langsung secara medis ataupun juga melalui data statistik, namun jika kita melihat sejarah, Indonesia sendiri dulu pernah mengalami beberapa kondisi wabah atau penyakit menular yang terjadi masyarakat, salah satunya adalah penyakit cacar. Dimana pada tahun 1956, pemerintah mulai melakukan kegiatan imunisasi (atau vaksinasi) cacar kepada seluruh warga Indonesia. Dampaknya pada tahun 1974 penyakit inipun mulai mengalami penurunan secara drastis, dan program imunisasi cacarpun dihentikan pada tahun 1980.

      Apakah penyakit cacar kemudian hilang? jawabannya tidak, penyakit cacar tetap ada di Indonesia, dan tetap ada masyakat yang terkena penyakit tersebut namun dengan jumlah pasien yang jauh lebih sedikit dan dalam kondisi yang lebih terkendali daripada awal tahun penyakit tersebut mulai menyebar di seluruh Indonesia.

      Hapus
  6. Kenapa para petugas medis yang divaksinasi duluan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena petugas medis yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, serta tenaga kesehatan lainnya merupakan garda terdepan dalam menjaga dan melindungi para pasien yang terkena virus covid 19. Mereka yang sering berinteraksi dengan para pasien tersebut, sudah pasti memiliki resiko yang jauh lebih besar untuk terpapar penyakit, meskipun sudah dilengkapi peralatan medis untuk melindungi mereka dalam kegiatan pelayanan kesehatan. Oleh karena itulah mereka harus menjadi prioritas utama untuk dilindungi dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi.

      Hapus
  7. Kapan kegiatan vaksinasi dilaksanakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kegiatan vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan jika vaksin telah mendapatkan ijin dari BPOM. Setiap calon penerima vaksin kemudian akan mendapatkan pesan singkat mengenai instruksi untuk melakukan registrasi ulang dan memilih tempat dan waktu pelaksanaan vaksinasi Covid 19.

      Hapus
  8. Siapa yang akan diserahi tanggungjawab untuk melaksanakan vaksinasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang akan memberikan vaksinasi adalaha para dokter, perawat, atau bidang yang memiliki kompetensi untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

      Hapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D