Langsung ke konten utama

Cara Mencetak Nama Variabel pada Bahasa C

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mencetak dan menyimpan nama variabel dalam nilai string variabel pada bahasa pemrograman C.

Pada bahasa C, terdapat direktif #, juga disebut operator 'stringingsizing', yang akan digunakan untuk menyelesaikan operasi kali ini. Pada dasarnya, direktif # akan mengkonversi argumennya dalam sebuah string.

#include <stdio.h> 

#define getName(var) #var 

 

int main() 

int myVar; 

printf("%s", getName(myVar)); 

 

return 0

}

Output:
myVar

Juga dapat dilakukan penyimpanan nama variabel dalam sebuah string menggunakan sprintf() pada bahasa C.

#include <stdio.h> 

#define getName(var, str) sprintf(str, "%s", #var) 

 

int main() 

int myVar; 

char str[20]; 

getName(myVar, str); 

printf("%s", str); 

 

return 0

}

Output:
myVar

Komentar

  1. Apa fungsi dari sprintf() pada bahasa pemrograman C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sprintf() pada dasarnya bekerja sama seperti printf() tetapi ketimbang mengirimkan output ke konsol, fungsi tersebut mengembalikan string yang telah diformat.

      Sintak: int sprintf(char* str, const char* controlstring, [arg1, arg2, arg3,...]);

      Argumen pertama pada sting tersebut, berfungsi sebagai penunjuk ke target string. Sedangkan argumen lainnya adalah sama dengan fungsi printf().

      Fungsi tersebut menulis data dalam string yang ditunjukkan oleh str dan mengembalikan jumlah karakter yang ditulis ke str dan tidak termasuk karakter null. Nilai pengembalian tersebut biasanya dibuang. Jika terjadi kesalahan selama operasi, maka fungsi tersebut akan mengembalikan nilai -1.

      Hapus
  2. sprintf adalah singkatan dari "string print". Ketimbang mencetak nilai pada konsol, fungsi tersebut menyimpan hasil keluaran atau output pada buffer karakter yang telah ditentukan pada sprintf tersebut.

    BalasHapus
  3. Apa yang dimaksud dengan direktif pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam bahasa pemrograman komputer, direktif atau pragma adalah sebuah konstruksi bahasa pemrograman yang digunakan untuk menentukan bagaimana kompilator harus memproses nilai inputannya. Direktif harus dapat diproses oleh preprosesor untuk menentukan perilakuk dari kompilator, atau berfungsi sebagai bentuk parameterisasi in-band.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D