Artikel Terbaru

8 Pertimbangan yang Harus Dilakukan untuk Memilih Wallet Bitcoin

Wallet Bitcoin adalah program yang digunakan untuk mengirim dan menerima data transaksi Bitcoin, menyimpan catatan Bitcoin, dan memantau saldo Bitcoin. Sama seperti ketika seseorang memerlukan program email yang digunakan untuk mengelola data email -nya, pada Bitcoin juga terdapat program sejenis yang dapat digunakan untuk mengelola data Bitcoin tersebut, berupa wallet interface pada setiap node blockchain Bitcoin. Wallet digunakan untuk memantau alamat Bitcoin pada blockchain dan juga dapat digunakan untuk memperbarui saldo Bitcoin pada setiap transaksi.

4 Fakta Menarik Tipe Data dan Modifier pada Bahasa C

Berikut beberapa logika dan fakta menarik tentang tipe data dan modifier yang berhubungan dengan tipe data:

satu, Jika tidak ada tipe data yang diberikan pada sebuah variabel, maka kompilator otomatis akan mengkonversinya menjadi tipe data int.

// fakta menarik tentang tipe

// data dan modifier pada

// bahasa C

#include <stdio.h>

 

int main()

{

signed a;

signed b;

 

// ukuran dari variabel a

// dan variabel b adalah

// sama untuk tipe data integer

printf("Ukuran nilai a adalah"

" %d\n", sizeof(a));

 

printf("Ukuran nilai b adalah"

" %d", sizeof(b));

return (0);

}

Output:
Ukuran nilai a adalah 4
Ukuran nilai b adalah 4

dua, Signed adalah modifier default untuk tipe data char dan int.

// fakta menarik tentang tipe

// data dan modifier

// pada bahasa C

#include <stdio.h>

 

int main()

{

int x;

char y;

x = -1;

y = -2;

printf("x adalah %d dan y"

" adalah %d", x, y);

}

Output:
x adalah -1 dan y adalah -2.

tiga, Dapat digunakan modifier apapun pada tipe data float. Jika programmer mencoba menggunakannya, maka kompilator otomatis akan memberikan compile time error.

// fakta menarik tentang

// tipe data dan modifier

// pada bahasa C

#include <stdio.h>

 

int main()

{

signed float a;

short float b;

return (0);

}

Output:
[Error] both 'signed' and 'float' in declaration specifiers
[Error] both 'short' and 'float' in declaration specifiers

empat, Hanya modifier long yang diijinkan pada tipe data double. Dapat digunakan specifier apapun dengan tipe data double. Jika dicoba menggunakan specifier yang lain, maka kompilator akan memberikan compile time error.

// fakta menarik tentang

// tipe data dan modifier

// pada bahasa C

#include <stdio.h>

 

int main()

{

long double a;

return (0);

}

Output:
[Error] both 'short' and 'double' in declaration specifiers
[Error] both 'signed' and 'double' in declaration specifiers

Komentar

  1. Apa yang dimaksud dengan modifier pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah ruang memori yang dialokasikan untuk variabel yang diturunkan oleh suatu pengubah atau disebut dengan modifier. Modifier diawali dengan suatu tipe data dasar untuk proses modifikasinya, baik itu untuk menambahi ataupun mengurangi jumlah ruang penyimpanan yang akan dialokasikan ke suatu variabel. Contoh, ruang penyimpanan untuk tipe data int adalah 4byte untuk prosesor dengan tipe 32bit.

      Hapus
  2. Apa perbedaan antara qualifier dan modifier pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qualifier adalah keyword yang diterapkan pada tipe datau atau modifier pada bahasa pemrograman C. Sebuah qualifier diterapkan pada tipe datda dasar untuk mengubah atau memodifikasi tanda dan nilainya. Sedangkan modifier adalah suatu pengubah dari jumlah ruang yang dialokasikan untuk suatu variabel.

      Hapus
  3. Oke terima kasih informasinya, sangat membantu untuk mendalami materi pemrograman c untuk beberapa materi yang jarang dibahas di bangku kuliah,,

    BalasHapus
  4. apa perbedaan dari tipe data dan modifier?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modifer adalah keyword spesial yang telah ditentukan secara khusus pada suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk memodifikasi properti default dari tipe data.

      Jika sebuah tipe data diberikan suatu modifer, maka tipe data tersebut dapat diubah nilai rentangnya, beserta ruang memori yang dialokasikan untuk tipe data atau variabel yang telah didefinisikan tersebut.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

6 Tahap Utama dalam Melakukan Kompilasi Program Hello World Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Enkapsulasi pada Java

3 Jenis Utama Looping pada Java