[ HTML ] [ Java ] [ Bahasa C ]


Senin, Mei 03, 2021

Hasil Operator Koma Sebagai Nilai I pada Bahasa C

Menggunakan hasil dari operator koma sebagai nilai I adalah tidak valid pada bahasa C. Tetapi pada C++, hasil dari operator koma dapat digunakan sebagai nilai I jika operand pada bagian kiri dari operator koma adalah nilai I.

Contoh, jika dilakukan kompilasi program dalam bahasa C++, maka program tersebut dapat berjalan dengan baik dan dapat mencetak nilai b=30. Dan jika dilakukan kompilasi program dengan bahasa C, maka akan memberikan pesan error dalam proses kompilasi progrram.

#include<stdio.h>

 

int main()

{

int a = 10, b = 20;

(a, b) = 30

// Karena variabel b adalah

// l-value, maka statement

// tersebut adalah bernilai

// valid pada C++, namun tidak

// pada bahasa C.

 

printf("b = %d", b);

getchar();

 

return 0;

}

Output (C++):
b = 30

5 komentar:

  1. Masih kurang paham tentang maksud dari materi pada artikel ini..

    BalasHapus
  2. Apa yang dimaksud dengan l-value pada artikel ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. L-value: "l-value" adalah istilah yang mengacu pada lokasi memori yang mengidentifikasi suatu objek dalam bahasa pemrograman. l-value dapat muncul sebagai sisi kiri atau sisi kanan dari operator assignment (=). l-value selring direpresentasikan sebagai suatu identifier dalam bahasa pemrograman. l-value yang dapat dimodifikasi tidak boleh memiliki tipe nilai dalam bentuk array, tipe tidak lengkap, atapun tipe dengan atribut konstanta.

      Hapus
    2. l-value dan r-value mengacu pada sisi kiri dan siskanan dari operator assignment. Konsep l-value mengacu pada persyaratan bahwa nilai operan pada sisi kiri operator assignment dapat dimodifikasi, yang biasanya berupa nilai variabel.

      Hapus
  3. l-value itu maksudnya left value, tak kira apa -__-

    BalasHapus

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D