Langsung ke konten utama

Iklan





Karakter Aritmatika pada Bahasa C dan C++

Seperti diketahui tipe karakter berada pada rentang antara -128 dan 127 atau 0 dan 255. Pemahaman ini perlu diingat ketika menggunakan karakter aritmatika pada pemrograman bahasa C. Untuk memahami lebih dalam perhatikan contoh program berikut ini:

// Program bahasa C untuk

// mendemonstrasikan karak-

// ter aritmatika

#include <stdio.h>

 

int main()

{

char ch1 = 125, ch2 = 10;

ch1 = ch1 + ch2;

printf("%d\n", ch1);

printf("%c\n", ch1 - ch2 - 4);

return 0;

}

Output:
-121
y

Specifier %d mengakibatkan nilai integer yang terdapat pada variabel akan dicetak pada monitor dan specifier %c mengakibatkan sebuah nilai karakter dicetak pada layar. Tetapi, perlu berhati-hati jika menggunakan specifier %c pada nilai integer, dimana nilainya tidak boleh melebihi 127.

Pada c++ hal yang terjadi sedikit berbeda. Perhatikan contoh program berikut ini:

// Program C++ untuk mendemon-

// strasikan karakter aritmatika

#include <bits/stdc++.h>

using namespace std;

 

int main()

{

char ch = 65;

cout << ch << endl;

cout << ch + 0 << endl;

cout << char(ch + 32) << endl;

return 0;

}

Output:
A
65
a

Tanpa menggunakan operator '+' sebuah karakter dapat dihasilkan pada layar monitor menggunakan bahasa C++. Tetapi jika digunakan bersamaan dengan operator '+' maka hasil yang ditampilkan berbeda. Penggunaan operator '+' secara implisit menjadikan tipe data tersebut menjadi int. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, pada karakter aritmatika, pengetikkan char untuk variabel char adalah eksplisit, dan untuk int adalah implisit.


Iklan

Komentar

  1. Semua operator Aritmatika pada bahasa C adalah operator biner, yang berarti operator tersebut hanya dapat beroperasi pada dua operan.

    BalasHapus
  2. Apa yang dimaksud dengan operator aritmatika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Operator aritmatika pada bahasa C digunakan untuk pengoperasian matematika seperti operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lain sebagainya pada nilai numerik.

      Hapus
  3. Apa yang dimaksud dengan aritmatika alamat pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Address aritmatika adalah suatu metode penghitungan nilai alamat memori suatu objek dengan bantuan operasi aritmatika pada pointer, serta penggunaan pointer tersebut dalam bentuk operasi perbandingan. Aritmatika alamat atau address aritmatika disebut juga sebagai aritmatika petunjuk.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D