Artikel Terbaru

8 Pertimbangan yang Harus Dilakukan untuk Memilih Wallet Bitcoin

Wallet Bitcoin adalah program yang digunakan untuk mengirim dan menerima data transaksi Bitcoin, menyimpan catatan Bitcoin, dan memantau saldo Bitcoin. Sama seperti ketika seseorang memerlukan program email yang digunakan untuk mengelola data email -nya, pada Bitcoin juga terdapat program sejenis yang dapat digunakan untuk mengelola data Bitcoin tersebut, berupa wallet interface pada setiap node blockchain Bitcoin. Wallet digunakan untuk memantau alamat Bitcoin pada blockchain dan juga dapat digunakan untuk memperbarui saldo Bitcoin pada setiap transaksi.

Perbedaan Karakter Kontrol dan Karakter Cetak pada Bahasa C

Diberikan sebuah karakter yang dibutuhkan pada program, untuk diketahui apakah karakter tersebut dapat dicetak atau tidak. Juga, perlu diketahui apakah karakter tersebut termasuk karakter kontrol atau tidak. Sebuah karakter diketahui sebagai karakter yang dapat dicetak jika karakter tersebut menempati 'ruang cetak'.

Untuk standar karakter ASCII, karakter kendali adalah karakter yang terletak antara ASCII kode 0x00 (NULL) dan 0x1f(US), dan 0x7f(DEL).

Contoh:
Input : a
Output :a is printable character
        a is not control character
       
Input :\r
Output : is not printable character
         is control character

Untuk mengetahui antara karakter yang dapat dicetak dan karakter kontrol digunakan beberapa fungsi predefinisi, yang dideklarasikan pada file header "ctype.h".

Fungsi isprint() digunakan untuk memeriksa apakah karakter yang diinputkan adalah karakter cetak atau tidak. Fungsi isprint() mengambil argumen tunggal pada form dari integer dan mengembalikan sebuah nilai dari tipe int. Dapat dilewatkan tipe argumen char secara internal yang akan dianggap sebagai int oleh nilai ASCII spesifik.

Fungsi iscntrl() digunakan untuk memeriksa apakah sebuah karakter termasuk karakter kontrol atau tidak. Fungsi iscntrl() juga mengambil argumen tunggal dan mengembalikan nilai integer.

// Program bahasa C untuk

// mengilustrasikan fungsi

// isprint() dan fungsi

// iscntrl().

#include <stdio.h>

#include <ctype.h>

 

int main(void)

{

char ch = 'a';

 

if (isprint(ch)) 

{

printf("%c adalah karakter"

" cetak\n", ch);

else 

{

printf("%c adalah bukan"

" karakter cetak\n", ch);

}

 

if (iscntrl(ch)) 

{

printf("%c adalah karakter"

" kontrol\n", ch);

else 

{

printf("%c adalah bukan"

" karakter kontrol", ch);

}

 

return (0);

}

Output:
a adalah karakter cetak
a adalah bukan karakter kontrol

Komentar

  1. terima kasih sekarang saya paham penggunaan dari fungsi isprint dan iscntrl,, semoga materinya bisa lebih dikembangkan lagi guna menambah khasanah pengetahuan di dunia pemrograman,

    BalasHapus
  2. Fungsi isprint() memeriksa apakah suatu karakter adalah karakter yang dapat dicetak atau tidak. Karakter yang menempati ruang pencetakan dikenal sebagai karakter yang dapat dicetak. Karakter yang dapat dicetak adalah kebalikan dari karakter kontrol yang dapat diperiksa menggunakan fungsi iscntrl() pada bahasa C.

    BalasHapus
  3. Fungsi iscntrl() adalah fungsi yang digunakan untuk memeriksa apakah suatu karakter adalah karakter kontrol atau bukan. Karakter yang tidak dapat dicetak pada layar monitor dikenal sebagai karakter kontrol. Contoh, karakter backspace, karakter escape, karakter newline, dan lain sebagainya. Fungsi iscntrl() memeriksa apakah sebuah karakter yang diterima dari input yang diteruskan ke fungsi adalah karakter kontrol ataukah bukan karakter kontrol.

    BalasHapus
  4. apakah manfaat yang didaptkan setelah mengetahui sebuah karakter masuk dalam kategori karakter cetak atau karakter kontrol?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Programmer bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan karakter yang akan dipakai pada program, apakah karakter tersebut masuk karakter kontrol atau karakter cetak, ataukah karakter yang diketik tersebut masuk dalam satu kategori keyword atau bukan, dan juga untuk kepentingan manipulasi program lainnya seperti prasyarat logika program dan lain sebagainya.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

6 Tahap Utama dalam Melakukan Kompilasi Program Hello World Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Enkapsulasi pada Java

3 Jenis Utama Looping pada Java