2 Cara Menggunakan Underscore Sebagai Nama Variabel pada Java

Java 9 membuat beberapa perubahasan pada fitur dari bahasa pemrograman Java. Bentuk perubahan tersebut salah satunya adalah dengan menghilangkan underscore dari aturan penamaan resmi pada bahasa pemrograman oleh perusahaan Oracle. Penggunaan underscore dalam nama variabel tidak lagi dianjurkan. Jika underscore dipergunakan sebagai identifier, maka kode program tidak dapat dikompilasi oleh kompilator atau akan memberikan pesan error pada program jika dijalankan.

2 Cara Menggunakan Underscore Sebagai Nama Variabel pada Java - elfanmauludi
Ilustrasi Underscore Java

Penggunaan underscore sebagai nama variabel pada Java 8
Meskipun underscore masih dapat berfungsi sebagai nama variabel pada Java 8, namun pada kompilator akan muncul pesan bahwa penggunaan underscore tidak lagi support pada versi Java terbaru seperti contoh program berikut.

// Program Java

// mengilustrasikan penggunaan

// underscore (_) sebagai nama

// variabel.

class UnderScore_works 

 

public static void main(String args[]

{int _ = 10;

System.out.println(_);}

 

}

Output:
10

Penggunaan underscore sebagai nama variabel pada Java 9
Penggunaan underscore sebagai nama variabel pada menyebabkan program tidak dapat dikompilasi seperti contoh program berikut ini.

// Program Java

// mengilustrasikan penggunaan

// underscore sebagai nama

// variabel pada Java 9

class UnderScore_dont_works 

 

public static void main(String args[]

{int _ = 10

System.out.println(_);}

 

}


Point penting:
  • Menggunakan underscore dalam variabel seperti first_name masih bernilai valid. tetapi hanya menggunakan underscore _ saja sebagai nama variabel tidak bernilai valid.
  • Meskipun menggunakan versi Java yang lama, menggunakan underscore sebagai nama variabel hanya akan menghasilkan kebiasan buruk untuk pembuatan program dan hal tersebut haruslah dihindari.

Komentar

  1. Apa fungsi penggunaan underscore "_" pada bahasa pemrograman Java?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada versi Java SE 7 dan beberapa seri terbaru, sejumlah karakter seperti underscore "_" dapat muncul dimana saja diantara digit dalam literal numerik. Fitur ini memungkinkan programmmer untuk memisahkan kelompok digit dalam suatu literal numerik, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan keterbacaan kode program.

      Hapus
  2. Underscores telah lama digunakan dalam bahasa pemrograman Java yang digunakan untuk membedakan bidang dan nama method.

    BalasHapus
  3. Underscore biasanya digunakan sebagai alternatif dari tombol spasi jika penggunaan spasi atau space tidak diperbolehkan. Contoh, dalam pemrograman komputer, variabel dapat diberi nama $my-variabel, dimana dengan menggunakan underscore, maka spasi dapat digantikan penggunaannya dalam pembuatan nama variabel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapapun yang menciptakan underscore, selamat anda telah berkontribusi dalam mempersulit pembuatan kode program.

      Hapus

Posting Komentar

*Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

*Jika terdapat typo, link bermasalah, dan lain sebagainya, pengunjung dapat melaporkan permasalahan tersebut melalui WA: +62-896-2514-6106




~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Referensi Tambahan:

Enkapsulasi pada Java

6 Contoh Program Method Overloading pada Java

2 Jenis Utama Kegiatan Penelitian Berdasarkan Waktunya, Crosssectional Salah Satunya

3 Jenis Utama Looping pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

3 Jenis Utama Teks Komentar pada Bahasa Pemrograman Java