Artikel Terbaru

8 Pertimbangan yang Harus Dilakukan untuk Memilih Wallet Bitcoin

Wallet Bitcoin adalah program yang digunakan untuk mengirim dan menerima data transaksi Bitcoin, menyimpan catatan Bitcoin, dan memantau saldo Bitcoin. Sama seperti ketika seseorang memerlukan program email yang digunakan untuk mengelola data email -nya, pada Bitcoin juga terdapat program sejenis yang dapat digunakan untuk mengelola data Bitcoin tersebut, berupa wallet interface pada setiap node blockchain Bitcoin. Wallet digunakan untuk memantau alamat Bitcoin pada blockchain dan juga dapat digunakan untuk memperbarui saldo Bitcoin pada setiap transaksi.

Menjalankan Program Tanpa Method Main pada Bahasa Pemrograman Java

Apakah main method wajib (atau sunnah muakad) pada program Java?

Jawaban dari pertanyaan ini tergantung pada versi Java yang dipergunakan. Jika masih menggunakan JDK 5, maka main method tidak wajib (berarti sunnah :D) terdapat dalam program Java.

  • satu, Programmer bisa menulis kode program secara penuh dalam static block dan proramnya dapat berjalan normal.
  • dua, Static block akan dieksekusi pertama, baru setelah itu class akan dieksekusi, sebelum main method dipanggil, dan karena hal ini, sebelum main() method dipanggil, yang dideklarasikan terlebih dahulu adalah method static. Hal inilah yang menyebabkan pemanggilan (call) main method tidak terlalu dibutuhkan pada proses menjalankan program dengan JDK 5.
  • tiga, Ketika program akan diberikan perintah run, maka kompilator menganggap Test adalah sebuah class di mana main () ada, dan sejak kompilator dijalankan (metode main ()), ketika itu pula maka blok statis sudah siap untuk dieksekusi. Jadi, program akan menjalankan blok statis terlebih dahulu dan kemudian melihat apakah method main () ada di sana. Dan karena itu, diberikan "exception", karena exception muncul saat eksekusi. Namun, jika tidak menginginkan exception, program dapat dihentikan dengan perintah System.exit (0);

Namun demikian, pada JDK 6 dan seterusnya, kemunculan main method adalah wajib. Jika program yang dijalankan tidak mengandung main() method maka runtime akan memberiken error atau "main method not found in the class". Program yang dibuat pada JDK 6 yang berhasil dikomilasi tidak akan bisa dijalankan jika tidak memiliki main() method seperti contoh program berikut ini;

/* Program berikut ini hanya bisa dijalankan pada JDK 5 */

public class Test

{

 

/* static block */

static{System.out.println("program berjalan tanpa method ()");}

 

}

Komentar

  1. Apa yang dimaksud dengan exceptiop atau exception handling pada bahasa pemrograman Java?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Java exception merupakan bentuk pengecualian pada masalah yang terjadi selama pelaksanaan program pada Java. Ketika exception terjadi, maka aliran normal dari program akan terputus atau aplikasi akan dihentikan pengoperasiannya secara tidak normal, dan sangat tidak disarankan, karena itulah penggunaan exception pada java harus dikontrol secara hati-hati.

      Hapus
  2. Exception handling pada Java merupakan salah satu mekanisme yang ampuh dalam menangani error runtime sehingga aliran normal aplikasi dapat dipertahankan.

    Pada Java, exception adalah peristiwa yang mengganggu aliran normal dari suatu program yang sedang dijalankan, yang merupakan sebuah object yang dilemparkan pada saat runtime program.

    Untuk dapat mengatasi kondisi exception tersebut, maka pada bahasa pemrograman Java digunakan exception handling. Exception handling merupakan mekanisme untuk menangani error runtime seperti ClassNotFound, IO, SQL, Remote, dan lain sebagainya.

    Keuntungan dri pengguaan exception handling pada program Java adalah dapat mempertahankon aliran normal pada aplikasi Java tersebut. Exception biasanya mengganggu aliran normal dari aplikasi yang sedang berjalan, oleh karena itu perlu dilakukan suatu penangan pada kondisi-kondisi exception yang terjadi pada saat program Java tersebut dijalankan.

    BalasHapus
  3. Mekana main method begitu penting pada bahasa pemrograman Java?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Method Main() pada Java adalah suatu mediator antara programmer Java dan JVM untuk menginformasikan suatu urutan eksekusi method yang telah dikembangkan sebelumnya.

      Method Main() Java merupakan titik awal dari eksekusi logika class. Inilah alasan mengapa method main() Java sangat penting kegunaannya. Dari versi Java 8 hingga versi terbaru sangat tidak mungkin untuk melakukan eksekusi program tanpa menyertakan method main().

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

6 Tahap Utama dalam Melakukan Kompilasi Program Hello World Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Enkapsulasi pada Java

3 Jenis Utama Looping pada Java