Langsung ke konten utama

Nilai Return Getchar dan Putchar pada Bahasa C

Pada bahasa C, tipe return atau nilai kembalian dari getchar() adalah int, bukan char. Sehingga sangat direkomendasikan untuk menentukan nilai return dari fungsi tersebut adalah bertipe variabel integer.

//dapat menyebabkan error

char ch; 

 

 

while((ch = getchar())!=EOF)

{putchar(ch);}


Berikut adalah versi yang menggunakan integer untuk membandingkan nilai dari getchar().

int in;

 

while((in = getchar())!=EOF)

{putchar(in);}


Komentar

  1. Apa yang dimaksud dengan getchar pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. getchar adalah fungsi yang terdapat dalam bahasa C yang digunakan untuk membaca satu karakter dari untaian input standar stdin, dan mengembalikannya kepada program yang memanggilnya. Fungsi ini ditentukan dalam ANSI-C dan merupakan fungsi input paling dasar pada bahasa C. Fungsi getchar juga termasuk dalam file header stdio.h.

      Hapus
  2. Apa fungsi getchar dan putchar pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. FUngsi gethchar() digunakan untuk mendapatkan atau membaca karakter dari inputan keyboard yang dimasukkan oleh user. Sedangkan fungsi putchar() adalah untuk menampilkan karakter pada output pada layar monitor.

      Hapus
  3. Apa perbedaan antara getch dan getchar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. getch membaca satu karakter secara langsung dari keyboard, tanpa ada echo pada monitor. getch tidak mampu untuk memberikan waktu respon atau respon tunggu terhadap user setelah membaca karakter dari konsol.

      Sedangkan getchar digunakan untuk mendapatkan atau membaca input berupaka satu karakter pada waktu proses dari program dijalankan.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D