Artikel Terbaru

8 Pertimbangan yang Harus Dilakukan untuk Memilih Wallet Bitcoin

Wallet Bitcoin adalah program yang digunakan untuk mengirim dan menerima data transaksi Bitcoin, menyimpan catatan Bitcoin, dan memantau saldo Bitcoin. Sama seperti ketika seseorang memerlukan program email yang digunakan untuk mengelola data email -nya, pada Bitcoin juga terdapat program sejenis yang dapat digunakan untuk mengelola data Bitcoin tersebut, berupa wallet interface pada setiap node blockchain Bitcoin. Wallet digunakan untuk memantau alamat Bitcoin pada blockchain dan juga dapat digunakan untuk memperbarui saldo Bitcoin pada setiap transaksi.

6+ Jenis Token dan Cara Penggunaannya pada Bahasa C

Token adalah elemen terkecil dari sebuah program yang memiliki makna bagi kompilator. Token dapat dikelompokkan sebagai berikut:
  • satu, Keyword
  • dua, Identifier
  • tiga, Constant
  • empat, String
  • lima, Spesial simbol
  • enam, Operator

satu, Keyword: keyword adalah predefinisi atau reserved word pada sebuah bahasa pemrograman. Setiap keyword memiliki makna khusus untuk fungsi tertentu pada program. Ketika keyword mereferensikan nama untuk sebuah kompilator, maka keyword tersebut tidak bisa digunakan sebagai nama variabel, karena hal tersebut maka ditetapkan makna baru bagi keyword yang tidak diperbolehkan sebagai nama variabel. Keyword tidak bisa diredefinisikan. Namun, bisa menentukan yang mana yang akan disubstitusi untuk keyword sebelum kompilasi oleh direktif preprocessor C/C++. Bahasa C mendukung penggunaan 32 jenis keyword yang perlihatkan berikut ini:

auto, double, int, struct,
break, else, long, switch,
case, enum, register, typedef,
char, extern, return, union,
const, float, short, unsigned,
continue, for, signed, void,
default, goto, sizeof, volatile,
do, if, static, while,

Pada C++ terdapat 31 penambahan keyword, yaitu:
asm, bool, catch, class,
const_cast, delete, dynamic_cast, explicit,
export, false, friend, inline,
mutable, namespace, new, operator,
private, protected, public, reinterpret_cast,
static_cast, template, this, throw,
true, try, typeid, typename,
using, virtual, wchar_t

dua, Identifier: identifier digunakan sebagai terminologi umum untuk penamaan variabel, fungsi, dan arrayKeyword ini adalah nama yang ditentukan pengguna yang terdiri dari urutan panjang huruf dan digit dengan huruf atau garis bawah (_) sebagai karakter pertama. Penamaan identifier harus berbeda dalam pengejaannya dan case-nya dari keyword apapun. Tidak bisa menggunakan keyword sebagai identifier, karena identifier digunakan untuk kegunaan khusus. Sekali telah dideklarasikan, identifier tidak bisa digunakan pada statement program selanjutnya untuk mengacu pada nilai asosiasi. Identifier spesial disebut bersamaan dengan statement label, dan biasa digunakan pada statement goto.

Ada beberapa peraturan yang harus diikuti ketika melakukan penamaan identifier:
satu, Harus dimulai dengan huruf atau underscore (_).
dua, Harus terdiri dari hanya huruf, digit, atau underscore. Tidak ada karakter spesial yang dibolehkan.
tiga, Tidak boleh keyword.
empat, Tidak boleh mengandung spasi.
lima, Harus hanya sebanyak 31 karakter karena hanya 31 karakter pertama yang signifikan.

Beberapa contoh dari identifier bahasa c:

contoh benar : _A9
contoh salah : Temp.var, dan void.

Program c:
void main ()
{
int a=10;
}

Pada program sebelumnya terdapat dua identifier:
main: nama method.
a: nama variabel.

tiga, Konstanta: konstanta juga seperti variabel normal seperti biasa. Tetapi, letak perbedaannya adalah nilainya tidak bisa dimodifikasi oleh program ketika telah didefinisikan. Konstanta mengacu pada nilai tetap. Konstanta juga disebut sebagai literal. Konstanta juga termasuk salah satu tipe data. Sintak: const data_type variable_name; atau const data_type *variable_name; Tipe dari konstanta:

satu, Konstanta integer-contoh: 0, 1, 1218, 12482
dua, Konstanta real atau float-contoh: 0.0, 1203.03, 30486.184
tiga, Konstanta hexadesimal dan octal-contoh: octal: (013)8 = (11)10, hexadesimal: (013)16 = (19)10.
empat, Konstanta char-contoh: 'a', 'A', 'z'.
lima, Konstanta string-contoh: "mangaku"

empat, String: string adalah kumpulan karakter array yang diakhiri dengan karakter null ('\0'). Karakter null mengindikasikan end of stringString selalu ditutup dengan tanda petik ganda. Dimana, untuk karakter tunggal hanya diakhiri dengan tanda petik tunggal pula baik itu pada bahasa C ataupun pada C++. Deklarasi untuk string:

satu, char string[7]= {'m','a','k','a','n','a','n'};
dua, char string[7]= "makanan";
tiga, char string[]="makanan";



Perbedaan antara ketiga deklarasi sebelumnya:
satu, Ketika char dideklarasikan sebagai string[7], 7 byte ruang memori dialokasikan untuk menampung nilai string.
dua, Ketika char dideklarasikan sebagai string[], ruang memori dialokasikan sesuai dengan kebutuhan eksekusi dari program.

lima, Spesial simbol: beberapa spesial simbol memiliki beberapa makna khusus yang tidak bisa digunakan untuk pembuatan variabel program. seperti: [] () {} , ; * = #

Brackets []: pembukaan dan penutup bracket digunakan untuk referensi element array. Simbol ini mengindikasikan single dan multidimensi subscript.
Parentheses (): simbol khusus ini digunakan untuk memanggil fungsi indikasi dan fungsi parameter.
Braces {}: tanda kurung 'keriting' mengandung lebih dari satu statement yang dapat dieksekusi.
Comma ( , ): digunakan untuk memisahkan lebih dari satu statement untuk pemisahan parameter pada pemanggilan fungsi.
Semi colon: adalah sebuah operator yang umumnya memanggil list inisialisasi.
Ssterick ( * ): digunakan untuk membuat variabel pointer.
Operator assignment: digunakan untuk assign value.
Preprocessor (#): preprocessor adalah macro processor yang digunakan otomatis oleh kompilator untuk mentransformasi program sebelum proses kompilasi sesungguhnya.

enam, Operator: operator adalah simbol yang memacu tindakan aksi ketika diterapkan pada variabel bahasa C dan object lainnya. Item data pada seperti operator akan beraksi ketika dipanggil operand. Bergantung pada nilai dari operand yang akan ditanggapi oleh operator, operator diklasifikasikan sebagai berikut:

Operator unary: operator ini hanya mensyaratkan operand tunggal untuk bertindak. Contoh; operator increment dan decrement.
Operator binary: operator ini mensyaratkan dua operand untuk bertindak. Binary operator dikelompokkan menjadi beberapa, yaitu: Operator aritmatik, operator relasi, operator logika, operator assignment, operator kondisional, dan operator bitwise.
Operator ternary: operator ini mensyaratkan tiga operand untuk bertindak. contoh; operator kondisional ( ? : ).

Komentar

  1. Apa yang dimaksud dengan token pada bahasa pemrograman secara umum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam bahasa pemrograman token merupakan salah satu elemen dari bahasa pemrograman itu sendiri. Terdapat beberapa kategori umum dari token yaitu konstanta, pengenal, operator, pemisah, dan lain sebagainya.

      Hapus
  2. Apakah token pada bahasa C bisa digunakan untuk membayar pulsa listrik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak, kita berbicara dua konteks token yang berbeda disini -___-

      Hapus
    2. Klo masa menyusui sebaiknya token harus selalu dijaga kesehatannya

      Hapus
    3. Itu token yang lain juga bambang -____-

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

6 Tahap Utama dalam Melakukan Kompilasi Program Hello World Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Enkapsulasi pada Java

3 Jenis Utama Looping pada Java