Artikel Terbaru

4 Tahap Menciptakan Elemen Menggunakan Method createElement() DOM

Pada dokumen html, method document.createElement() adalah method yang digunakan untuk menciptakan elemen html. Elemen ini ditentukan menggunakan elementName yang diciptakan sebelumnya, atau dari elemen html yang tidak diketahui, yang diciptakan jika elementName tidak ditentukan atau tidak dikenali.

Penjumlahan Dua Angka Tanpa Menggunakan Operator Aritmatika Bahasa C

Buatlah program untuk menemukan hasil positif bilangan bulat tanpa menggunakan operator apapun. Hanya printf() saja yang diperbolehkan pada program tersebut. Tidak ada fungsi library apapun yang boleh dipergunakan.

Solusi
Pernyataan sebelumnya merupakan bentuk pernyataan tricky, dimana hanya dengan menggunakan printf() saja sudah dapat ditemukan hasil penjumlahan dari dua angka yang merupakan return tipe dari printf() yang dicetak dilayar monitor. Dengan printf(), dapat ditemukan hasil penjumlahan antara dua angka bilangan bulat. Gunakan simbol '*' untuk mengindikasikan lebar minimum dari ouput. Contoh pada statement "printf("%*d", width, num);", maka nilai spesifik dari 'width' akan disubtitusi dari '*', dan 'num' akan mencetak lebar minimum yang spesifik. Jika angka dari digit pada 'num' lebih kecil dari 'width', maka output akan menghilang dalam suatu ruang kosong. Namun jika angka lebih besar, maka output akan dicetak. Pada program berikut, add() akan mengembalikan jumlah dari x dan y yang akan mencetak 2 space dengan lebar spesifik menggunakan x dan y. Sehingga total karakter yang dicetak setara dengan jumlah dari x dan y. Hal inilah mengapa add() mengembalikan nilai x+y.

#include<stdio.h> 

 

int add(int x, int y) 

return printf("%*c%*c", x, ' ', y, ' '); 

 

// Driver code 

int main() 

printf("Sum = %d", add(3, 4)); 

 

return 0

}

Output:
Sum = 7

Output program adalah tujuh ruang yang diikuti oleh "Sum = 7". Leading space dapat dihindari dengan carriage return. Program berikut ini akan mencetak hasil tanpa spasi utama.

#include<stdio.h> 

 

int add(int x, int y) 

return printf("%*c%*c", x, '\r', y, '\r'); 

 

// Driver code 

int main() 

printf("Sum = %d", add(3, 4)); 

 

return 0

}

Output:
Sum = 7

Metode lain pada bahasa C

#include<stdio.h> 

 

int main() 

int a=10,b=5,sum; 

 

while(b>0){ 

a++; 

b--; 

 

printf("Sum=%d",a); 

 

return 0

}

Output:
sum = 15

Komentar

  1. Program penjumlahan adalah salah satu bentuk program yang paling sederhana yang dapat ditulis pada bahasa C.

    Yang perlu dilakukan hanyalah mendeklarasikan variabel, yang akan menyimpan nilai input yang akan diberikan. Kemudian setelah melakukan pendeklarasikan, lakukan pembuatan rumus penjumlahan pada program tersebut, yang kemudian digunakan untuk dijalankan pada kompilator pada saat proses kompilasi dan hasilnyapun akan langsung ditampilkan pada layar monitor.

    BalasHapus
  2. Menurut saya meteri ini tidak terlalu esensial untuk dipelajari pada bahasa pemrograman C, karena isi dari materi ini sebenarnya hanya bentuk dari variasi penulisan untuk program penjumlahan dalam bahasa C yang tidak terlalu memberikan dampak terhadap kompleksitas algoritma yang akan digunakan oleh seorang programmer pada saat membuat program.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, materi ini hanya sebatas tambahan untuk menambah kaidah ilmu dalam penulisan bahasa pemrograman C, dan juga untuk beberapa variasi bahasa pemrograman lainnya.

      Hapus
  3. Menurut saya semua ilmu pengetahuan adalah baik untuk dipelajari bahkan untuk hal yang sederhana sekalipun, jika hal tersebut bisa membantu menyelesaikan suatu permasalahan secara lebih efisien. Lantas, kenapa harus tidak dipelajari!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, lagi pula kemampuan koding pada dasarnya adalah kemampuan untuk memvisualisasikan permasalahan di dunia nyata menggunakan suatu kaidah atau paham baku tertentu sehingga komputer dapat memahami struktur dari ide yang kita buat atau realisasikan tersebut.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung. :D

Catatan: setiap iklan yang ditayangkan pada blog ini bersumber dari google adsense. Dengan jenis iklan yang dipilih adalah, sebagai berikut.

POIN 1, Iklan yang ditampilkan hanya boleh berbahasa indonesia atau berbahasa inggris. Tidak menerima jenis iklan dalam bahasa yang lain selain yang telah disebutkan karena blog ini dibuat untuk para pengunjung dari negara atau orang yang berbahasa Indonesia.

POIN 2, Setiap gambar yang ditampilkan pada iklan sifatnya tidak mengganggu para pengunjung yang melihat blog, atau tidak boleh menampilkan gambar yang bersifat menjijikkan atau merangsang rasa mual.

POIN 3, Jenis iklan yang dipasang bukan merupakan iklan spam, atau berisi dan mengarahkan pengunjung ke alamat yang berbahaya atau bersifat penipuan.

POIN 4, Segala bentuk iklan tunduk dan patuh pada ketentuan dari pihak Adsense google dan pemilik blog.

POIN 5, Segala jenis iklan yang tidak bertentangan dengan poin 1-4 yang dijelaskan sebelumnya, maka iklan tersebut dapat ditampilkan pada blog.

POIN 6, Jika ada pihak ketika yang ingin memasang iklan pada blog ini secara langsung, maka dapat menghubungi pemilik blog melalui kontak 0882 3218 8316.



~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~

Hot Artikel

Enkapsulasi pada Java

Perbedaan stdio.h dan stdlib.h pada Bahasa C

3 Jenis Utama Looping pada Java

Perbedaan Antara int main() dan int main(void) pada Bahasa C

Penjelasan Singkat tentang Konsep Asosiasi, Komposisi, dan Agregasi pada Java