Langsung ke konten utama

Iklan





Perbedaan Getc, Getchar, Getch, dan Getche pada Bahasa C

Semua fungsi membaca sebuah karakter dari input dan mengembalikan nilai integer. Integer dikembalikan nilainya untuk mengakomodasi sebuah nilai spesial yang digunakan untuk mengindikasi kesalahan. Nilai EOF umumnya digunakan untuk mengakhiri proses ini.

satu, getc(); membaca karakter tunggal dari input stream yang diberikan dan mengembalikan nilai koresponden integer (yang umumnnya membaca nilai karakter ASCII) ketika program telah sukses dijalankan. Kemudian mengembalikan EOF pada nilai kesalahan.

Sintak:
int getc(FILE *stream);

Contoh:

// Contoh penggunaan getc()

// pada bahasa C

#include <stdio.h>

 

int main()

{

printf("%c", getc(stdin));

return(0);

}

Output:
Input: g (masukkan sebuah karakter)
Output: g

dua, getchar(); perbedaan antara getc() dan getchar() adalah getc() dapat membaca dari input stream apapun, tetapi getchar() membaca dari input standar. Sehingga getchar() adalah sama dengan getc(stdin).

Sintak:
int getchar(void);

Contoh:

// Contoh penggunaan getchar()

// pada bahasa C

#include <stdio.h>

 

int main()

{

printf("%c", getchar());

return 0;

}

Output:
Input: g(masukkan sebuah karakter)
Output: g

tiga, getch(); adalah fungsi non-standar dan ditampilkan pada header file conio.h yang umumnya digunakan oleh kompilator MS-DOS seperti Turbo C. Fungsi ini bukanlah merupakan bagian dari library C standar ataupun ISO C, juga bukan merupakan bagian dari POSIX.

Seperti halnya pada fungsi sebelumnya, fungsi ini membaca karakter tunggal dari keyboard. Tetapi tidak menggunakan buffer, sehingga karakter yang masuk akan dikembalikan segera tanpa menunggu untuk enter key.

Sintak:
int getch();

Contoh:

// Contoh penggunaan getch()

// pada bahasa C

#include <stdio.h>

#include <conio.h>

 

int main()

{

printf("%c", getch());

return 0;

}

Input:  
g (tanpa menekan tombol enter)

Output:
Program langsung dieksekusi,
Namun ketikan digunakan DOS shell pada Turbo C,
maka akan menampilkan karakter tunggal 'g'

empat, getche(); seperti halnya getch(), fungsi ini juga merupakan fungsi non-standar yang ditampilakan pada conio.g. Fungsi ini membaca karakter tunggal dari keyboard dan menambilkannya segera setelah pada output screen tanpa menunggu enter key.

Sintak:
int getche(void);

Contoh:

// Contoh penggunaan getche()

// pada bahasa C

#include <stdio.h>

#include <conio.h>

 

int main()

{

printf("%c", getche());

return 0;

}

Output:
Input: g(tanpa mengetik karakter karena tidak buffer)
Output: Program akan dieksekusi secepatnya,
        Namun ketika menggunakan DOS shell pada Turbo C,
        double g, i.e., 'gg'


Iklan

Komentar

  1. "getc" merupakan salah satu fungsi input karakter. getc membaca karakter berikutnya dari sebuah file, dimana proses tersebut membutuhkan sebuah pointer dari file ke file. FUngsi ini adalah fungsi yang paling sederhana untuk membaca sebuah file dalam bahasa C.

    getch mengembalikan karakter berikutnya dari stream yang dirujuk oleh fp; dan mengembalikan EOF atau error.

    BalasHapus
  2. getchar adalah fungsi dalam bahasa pemrograman C yang membaca satu karakter dari stream input standar stdin, apapun bentuk inputnya, dan mengembalikannya ke program atau fungsi pemanggil sebelumnya. Fungsi ini ditentukan dalam ANSI-C dan merupakan fungsi input paling dasar dalam bahasa C. Fungsi getchar juga termasuk dalam file header stdio.h.

    BalasHapus
  3. Fungsi getch() menghentikan konsol output hingga sebuah tombol keyboard ditekan. Fungsi tersebut tidak menggunakan buffer apapun untuk menyimpan karakter input. Karakter yang dimasukkan segera dikembalikan tanpa menunggu tombol enter ditekan. Karakter yang dimasukkan dengan menggunakan fungsi getch() yang telah dimasukkan tidak akan muncul di konsol.

    BalasHapus
  4. Fungsi getche() adalah fungsi dalam bahasa pemrograman C yang menunggu inputan karakter dari keyboard dan juga akan menggemakan karakter input tersebut ke layar output.

    BalasHapus
  5. kenapa menggunakan fungsi getch() dalam bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digunakan fungsi getch() dalam bahasa pemrograman C atau C++ adalah untuk menahan layar keluaran untuk beberapa waktu sampai pengguna melewati tombol dari keyboard untuk keluar dari layar konsol. Dengan bantuan dari fungsi getch(), maka karakter input dapat disembunyikan dari pengguna seperti pada penerapan input pada sistem PIN ATM, kata sandi, dan lain sebagainya.

      Hapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D