Langsung ke konten utama

Iklan





Perintah Operand Untuk Operator Logika Bahasa C

Perintah operand dari operator logika &&, ||, merupakan bentuk perintah yang penting pada bahasa C dan C++.

Dalam ilmu matematika operasi logika AND, OR dan lain sebagainya sifatnya adalah komutatif. Hasil yang diberikan tidak akan berubah meskipun jika dilakukan penukaran RHS dan LHS dari operator.

Pada bahasa C dan C++ meskipun operator bersifat komutatif, namun perintahnya bersifat kritis. Perhatikan contoh program berikut ini:

// Lintasi setiap node alternatif
while( pTemp && pTemp->Next )
{

// Loncati perintah ke node selanjutnya
pTemp = pTemp->Next->Next;
}

Bagian pertama pTemp akan dievaluasi terhadap NULL dan diikuti dengan pTemp->Next. Jika pTemp-Next ditempatkan dibagian pertama, maka pointer pTemp akan ditangguhkan dan akan memberikan runtime error jika pTempt bernilai NULL. Upaya ini merupakan bentuk wajib dari urutan perintah program. Faktanya, hal ini membantu generate kode program secara lebih efisien. Ketika pointer pTemp bernilai NULL, maka bagian kedua tidak akan dievaluasi ketika nilai outcome dari ekspresi AND (&&) telah dipastikan bernilai 0.


Iklan

Komentar

  1. Apa yang dimaksud dengan RHS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. RHS adalah variabel referensi yang diteruskan ke fungsi tertentu dalam bahasa pemrograman. RHS artinya adalah 'Right To Side', yang merupakan nama umum untuk variabel yang sebenarnya tidak memiliki nama lian yang berarti.

      Hapus
  2. Apa yang dimaksud dengan LHS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. LHS => Left Hand Side, dengan penjelasan yang hampir sama dengan RHS.

      Hapus
  3. RHS dan LHS merupakan singkatan dari 'Right Hand Side' dan 'Left Hand Side' dalam konteks bahasa pemrograman.

    Keduanya digunakan sebagai inputan untuk operator melalui fungsi loader, dimana LHS akan dibandingkan dengan RHS.

    Fungsi operator overloader mengubah cara kerja dari operator simbol dalam bahasa pemrograman seperti diperlihatkan pada contoh berikut:

    Operator Point2D + (Point2D lhs, Point2D rhs);

    Kode program tersebut akan menambahkan LHS ke RHS. Karena nilai pada Point2D bukanlah tipe datai numerik primitf, maka C++ tidak dapat untuk menambahkan kedua nilainya secara bersamaan. User diminta untuk memberitahukan kompilator bagaimana cara operator '+' harus dapat dijalankan untuk tipe data Point2D tersebut.

    BalasHapus

Posting Komentar

Respon komentar 7 x 24 jam, so please be patient :D